Efek Poistif dan Negatif Perkembangan Big data

Mahsun

0 Comment

Link

Efek Poistif dan Negatif Perkembangan Big data . Big data adalah himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tidak struktur. Big data telah menjadi istilah cabang ilmu pengetahuan baru dalam teknologi, yang memiliki fungsi dan tujuan dalam Analisa, evaluasi serta prediksi sebagai hasil sementaran yang lebih akurat dari sekumpulan data kejadian, pergerakan dan pola.

Saat ini Big data mulai menjadi bagian penting dari perekonomian seperti tenaga kerja dan modal. Big data akan membawa kita keluar dari era di mana modal dan tenaga kerja menentukan nilai ekonomi, menuju di mana nilai adalah kombinasi dari modal, tenaga kerja, dan informasi.

Baca Juga: Efek positif dan Negatif IoT

Munculnya Big Data akan Memfasilitasi hal-hal seperti siaran berita (peramalan peristiwa secara real-time), pengembangan perangkat lunak inferensial yang menilai hasil proyek hingga pola saat ini, dan pembuatan algoritma canggih untuk korelasi yang memungkinkan pemahaman baru tentang Dunia. Secara keseluruhan, kebangkitan Big Data sangat positif bagi masyarakat di semua aspek.

Apa dampak positif dan Negatif dari Big Data?

Dampak positif yang dapat kita lihat dari big data, identifikasi lautan pola koneksi dan interdependensi data  yang tidak dapat di amati saat menggunakan sampel yang jauh lebih kecil, oleh Google.

Berdasarkan sejumlah besar data yang masuk setiap menit di mesin pencari dan itu terkait dengan kebutuhan orang-orang. Google mengembangkan proyek di mana tren melampaui pencarian dan berhasil mengidentifikasi tren sebelum angka resmi diterbitkan secara resmi. Jenis prediksi ini juga dapat berguna untuk inflasi, pengangguran, dll.

Di sisi ilmu pengetahuan, hampir setiap cabang pengetahuan manusia akan menjadi “padat data”. Bayangkan ilmu politik, misalnya. Dengan analisis ratusan juta data dari posting blog, pencarian topik tertentu, tweet, dan komentar di Facebook, juga melalui informasi resmi seperti siaran pers dan artikel media, big data dapat menganalisis tren penyebaran arus politik, bahkan sebelum jajak pendapat oleh lembaga penelitian. Dengan penggunaan alat otomatis dan volume terukur dalam petabyte, mungkin tidak perlu melakukan penelitian lapangan seperti metode saat ini.

Bebrapa manfaat positif dari Big data, yaitu:

  • Big Data dapat membantu pengambilan keputusan yang lebih baik
  • Hasil analisis Big Data dapat membuat sistem lebih efisien
  • Big Data dapat membuat eksplorasi lebih mudah dan efisien
  • Banyak proyek interaktif yang dapat membantu Anda membangun profil dan resume GitHub Anda.
  • Peta pengetahuan yang menunjukkan kesenjangan dalam keterampilan Anda dan menawarkan cara untuk mengisinya.
  • Integrasi dengan IDE JetBrains sehingga Anda dapat terbiasa dengan alat pengembangan profesional sambil belajar memprogram.

Efek negative dari Big Data, yaitu:

  1. Di sisi negative Keberadaan kumpulan data besar untuk analisis akan menimbulkan kepercayaan palsu pada kekuatan prediksi kita. Ini akan menyebabkan kesalahan yang tinggi, sederhananya adalah pemalsuan data yang dapat mempengaruhi public. Terlebih lagi, analisis big data akan disalah gunakan oleh orang-orang kuat dan institusi dengan agenda egois yang memanipulasi temuan untuk memperjuangkan apa yang mereka inginkan. Secara keseluruhan, munculnya Big Data akan berdampak negatif bagi masyarakat hampir dalam segala hal.
  2. Peringkat Sosial. Peringkat sosial seperti pengaruh anda akan semakin diperhitungkan,  anda akan diukur daria seberapa banyak anda memiliki pengikut di jejaring sosial.
  3. Pencatatan kehidupan. Kemampuan pengolahan data yang lebih besar, akan sulit menguburkan jejak masalalu anda baik untuk psikologis peribadi dan karier anda.
  4. Realitas alternatif. Anda akan melihat pengalaman yang disesuaikan sepenuhnya di mana anda tidak akan dapat membedakan apa yang nyata atau tidak.
  5. Pasangan yang sempurna.  Sistem  akan mencocokkan Anda dengan orang yang tepat berdasarkan seberapa baik Anda melakukan interaksi kencan Anda. Sebaliknya, berlaku bagi anda, seberapa sempurna anda untuk di kencani.

Big adalah adalah topik yang luas, positif dan negatifnya tidak pasti dapat kita simpulkan sampai kita benar-benar berada didalamnya. Namun, untuk penilaian dini Sisi positif dan negative Big data mungkin berada pada perbandingan, 53% : 39%.

Demikian artikel tentang Efek Poistif dan Negatif Perkembangan Big data. semoga bermanfaat!

Refrensi: Esds, Quora

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar