Apa Hubungan 5G dengan IoT?

Apa Hubungan 5G dengan IoT?. 5G adalah sebuah istilah untuk generasi kelima dari standar telekomunikasi yang merupakan fase lanjutan dari 4G. Di Indonesia 5G mulai hadir tahun 2021, Telkomsel menjadi perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang pertama menggunakannya. Namun, samapai awal tahun 2022 5G masih belum diperkenalkan secara terbuka kepada Masyarakat.

Kehadiran Jaringan 5G akan menandai era baru dunia teknologi, dengan pengolahan data yang lebih cepat; koneksi lebih cepat, 10 kali lebih responsive, 10 kali lebih besar dari generasi sebalumnya akan menghadirkan banyak hal baru. Salah satu hal baru yang akan meramaikan 5G adalah Pasar IoT.

System IoT adalah jalan yang menghubungkan benda fisik untuk di Integrasikan dengan jaringan informasi secara berkesinambungan melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Dalam praktiknya IOT membutuhkan koneksi data yang cepat, sehingga  IoT adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus.

Hubungan 5G dengan IoT

Dengan penjelasan diatas, maka kita sudah yakin bisa menemukan keterhubungannya dengan generasi 5G.

Pasar Internet of Things (IoT) akan meningkat karena jumlah perangkat yang terhubung akan meningkat dari 700 juta menjadi 3,2 miliar pada tahun 2023. Meskipun ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap kenaikan ini, salah satu yang paling penting adalah pengembangan jaringan 5G.

Peluncuran mendatang dari generasi kelima komunikasi seluler seluler atau 5G adalah berita bagus untuk pasar IoT. Ini terutama karena fakta bahwa jaringan 5G akan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja dan keandalan perangkat yang terhubung ini. Inilah alasannya.

Kecepatan Transfer Data

Keberhasilan komersial IoT mana pun pada akhirnya terkait dengan kinerjanya, yang bergantung pada seberapa cepat IoT dapat berkomunikasi dengan perangkat IoT lain, ponsel cerdas dan tablet, perangkat lunak dalam bentuk aplikasi atau situs webnya, dan banyak lagi. Dengan 5G, kecepatan transfer data akan meningkat secara signifikan.

Menurut laporan, 5G akan 10 kali lebih cepat dari jaringan LTE saat ini. Peningkatan kecepatan ini akan memungkinkan perangkat IoT untuk berkomunikasi dan berbagi data lebih cepat dari sebelumnya.

Jaringan Lebih Besar

Selain peningkatan kecepatan, jaringan 5G akan beroperasi lebih andal menciptakan koneksi yang lebih stabil. Memiliki kondisi jaringan yang andal dan stabil sangat penting untuk IoT apa pun, tetapi terutama untuk perangkat yang terhubung seperti kunci, kamera keamanan, dan sistem pemantauan lain yang bergantung pada pembaruan waktu nyata.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *