9 Manfaat Bermain untuk Anak-anak

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link

9 Manfaat Bermain untuk Anak-anak. Ini penting untuk diketahui oleh para mama pintar, bahwa bermain tidak hanya menghasilkan pakaian kotor, kulit terbakar sinar matahari, anak sakit. Tapi anda harus paham dunia anak adalah dunia bermain dan itu bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Baca juga: Cara Membuat Anak Berhenti Bermain Handpone

Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak termotivasi dan berdedikasi melalui bermain. Memori mereka lebih baik dan mereka memiliki lebih banyak stamina, mereka memecahkan masalah, menemukan cara untuk bekerja sama. Dan secara tidak sadar itu dapat memperkuat tubuh dan jiwa mereka serta dapat mengembangkan jaringan saraf. Bahkan Pendidikan yang baik bagi anak, adalah yang bisa proses belajar dengan pola permainan, seperti; merangkai huruf, menebak gambar, dan lain-lain.

Bermain sering kita jadikan sebagai kambing hitam, saat kita menemukan hasil akademis anak-anak kita buruk setelah ujian. Apakah ini benar karena terlalu banyak bermain?  Atau di sekolah tidak belajar dengan baik karena bermain?

Jika Anda bertanya kepada anak-anak, saya tidak yakin mereka akan setuju dengan itu. Sebagian besar anak akan dengan jelas mengenali dan membuat daftar apa yang mereka pelajari di taman kanak-kanak dan sekolah. Sedangkan tidak banyak dari mereka yang akan menyadari bahwa segala jenis permainan diinginkan atau bahkan diperbolehkan. Puluhan tahun mengakui permainan anak-anak sebagai hal yang besar, berharga, dan penting ada di belakang kita. Tetapi apakah kita dan anak-anak bahkan berpartisipasi dalam “permainan” yang sama selama ini?

Bermain untuk Motivasi

Jujur bagaimana dulu kita bermain? Kita membuat rumah-rumahan di atas tanah halaman, membuat handpone dan kendaraan dari tanah liat, origami dari kertas buku, membuat sandiwara keluarga masak-masakan, berakting perang-perangan, mainan robot berantem ada yang jadi jahat dan pehlawan. Secara tak sadar permainan yang mereka mainkan menjadi seorang hero, pahlawan, tau baik dan jahat memberi mereka gambaran akan hidup untuk lebih baik.

Bukankah kita membuat otak anak menjadi terbuka dengan kebebasan berekpresi. Melatih otak anak untuk berimajinasi dengan segala sesuatu didalamnya, ini menakjubkan.

Eksplorasi

Bermain bagi anak-anak adalah sebuah pertualangan yang baik bagi mereka. Anak-anak tidak hanya harus tau tentang beragam jenis permainan, tetapi juga harus mengalami mereka semua. Mengalami tidak sama dengan mengetahui tentang sesuatu, ilmu saraf memberi tahu kita. Kita tidak belajar dari informasi dan isi, tetapi dari apa yang kita alami dengan seluruh keberadaan kita. Belajar bukan berarti mengetahui atau tidak mengetahui sesuatu, tetapi hidup mencari, menjangkau, menjawab, mengubah, dan menyadari bahwa Anda mengubah dunia dengan setiap tindakan. Nilai tidak menunjukkan apa yang telah kita pelajari, jawaban atas pertanyaan tentang bagaimana kita mendiami bagian ruang dan waktu yang kita sebut milik kita ini.

Manfaat khusus dari bermain adalah kesempatan untuk mengalami hal-hal berbeda yang tidak akan atau tidak dapat anak alami. Anak dengan rasa penasarannya akan memasuki wilayah baru, tidak pasti, bahkan berbahaya, yang ingin mereka jelajahi tanpa rasa takut. Dari permainan anak-anak dapat melakukan hal-hal yang biasanya tidak dapat anak lakukan.

Manfaat bermain bagi anak

Dari uraian di atas, dapat kita simpulkan manfaat bermain bagi anak, yaitu:

  1. Meningkatkan motivasi anak menjadi karakter dalam permainan mereka
  2. Menanamkan dedikasi baik bagi anak
  3. Menambah rasa ingin tahu pada anak untuk mencoba hal baru
  4. Belajar untuk berani dan eskplorasi lingkungan
  5. Meningkatkan daya imajinasi anak-anak
  6. Melatih keterampilam motoric
  7. Pengendalian mesoi dari permaian sandiwara
  8. Mengetahui dan dpatr mengalami ap aitu baik dan jahat
  9. Belajar bersosialisasi, bagaimana mereka menghubungkan peran dan Kerjasama

Demikian artikel tentang 9 Manfaat Bermain untuk Anak-anak. Semga bermanfaat!

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar