Cara Membuat Anak Berhenti Bermain Handpone

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link
Agar anak berhenti main handpone

Cara Membuat Anak Berhenti Bermain Handpone. Kita semua tahu betapa buruknya menghabiskan waktu di depan layar. Namun sepertinya itu satu-satunya cara untuk menenangkan anak kita ketika mereka menolak mainan, makanan, atau tidur siang.

Baca juga: Manfaat teman Bermain bagi anak Anak

Mengapa anak-anak harus dibiasakan dengan teknologi sedini mungkin?

Meskipun penggunaan istilah “literasi digital” tersebar luas saat ini dan tidak mungkin untuk tidak menggunakan beberapa perangkat pintar, psikolog dan ahli saraf menyarankan agar anak-anak dalam tahap perkembangan awal mengurangi waktu menggunakan perangkat ini.

Alasan di balik ini adalah bahwa banyak penelitian telah menunjukkan bahwa screenism, yang merupakan istilah psikoterapis untuk menunjukkan pengaruh negatif layar pada otak, berdampak pada perkembangan emosional, komunikasi, perkembangan bicara, serta rentang perhatian anak-anak.

Bahaya layar untuk anak

Dokter anak dan peneliti, Jenny Radesky, menekankan bahwa terlalu banyak screen time berdampak pada perkembangan keterampilan sosial, empati, dan keterampilan memecahkan masalah. Kkarena keterampilan ini dapat mereka capai melalui eksplorasi, bermain, serta interaksi dengan teman. Banyak psikolog menunjukkan bahwa menenangkan anak dengan memberi mereka smartphone berbahaya karena dengan cara ini mereka tidak dapat belajar mengatur diri sendiri.


Ahli saraf Prancis, Michel Desmurget memperingatkan efek teknologi pada tahap perkembangan awal dan mengklaim bahwa sangat penting bagi anak-anak untuk menghabiskan waktu bersama keluarga mereka untuk perkembangan bahasa dan kecerdasan emosional.

Anak-anak yang tumbuh dengan teknologi mendedikasikan lebih sedikit waktu untuk kegiatan lain, seperti pekerjaan rumah, mendengarkan musik, dan membaca. Ini juga memperburuk kualitas tidur mereka, menyebabkan stimulasi perhatian yang berlebihan, dan semua itu menyebabkan kesulitan berkonsentrasi dan membuat otak tidak dapat mencapai potensi penuhnya.


Apakah Anak Hanya Tertarik pada Layar Elektonik?

Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang lebih unggul dari perangkat pintar dan hiburan yang mereka inginkan, sebenarnya tidak demikian. Profesor psikologi di Cornell University, Dr. Tomas Gilovi, pernah bertanya kepada anak-anaknya apa momen paling bahagia yang mereka ingat. Mereka tidak menyebut mainan dan materi, tetapi kenangan dan momen yang mereka habiskan bersama keluarga. Pada kesempatan ini, ia membuktikan bahwa momen lebih penting bagi anak-anak daripada benda.


Anak-anak mengingat dan menghargai saat-saat yang mereka habiskan bersama keluarga dan teman, bermain, berjalan dan tertawa, lebih dari saat-saat yang mereka habiskan dengan ponsel, tablet, dan televisi. Pergi ke taman, jalan-jalan, field trip, dan menghabiskan waktu di alam adalah hal yang tak ternilai dan tak tergantikan.

Hal ini ditunjukkan oleh Dr. Ranko Rajovic, pendiri MENSA Yugoslavia (sekarang, Serbia) dan penulis program NTC. Dia mengklaim bahwa otak berkembang melalui gerakan dan perlu bagi anak-anak untuk menghabiskan waktu di alam bermain, seperti yang kita lakukan ketika kita masih anak-anak. Permainan klasik seperti lompat, rotasi, bermain kelereng, dan lompat tali berkontribusi pada perkembangan sinapsis.


Batas Normal Anak-anak Menggunakan layer

Waktu yang dihabiskan anak-anak di perangkat pintar harus dibatasi. Menurutnya, anak-anak hingga usia tujuh tahun harus menghabiskan satu jam, paling banyak dua menonton televisi dan tiga puluh menit hingga satu jam di depan komputer.


Agar waktu menggunakan hp menjadi kurang, mereka perlu menghabiskan dua kali lebih banyak waktu di alam. Setelah serangkaian berbagai kegiatan dan sehari penuh, anak-anak akan memiliki nafsu makan yang lebih baik, dan Anda akan kesulitan menidurkannya.


Cara Membuat Anak Berhenti Bermain Handpone

Beberapa aktivitas untuk mengalihkan perhatian anak, yaitu:

1. Permainan

Mengingat ada masa-masa di mana anak-anak tidak bisa bermain di alam, ada cara untuk menghibur anak-anak di rumah. Dengan kegiatan ini, Anda akan mengalihkan pandangan anak-anak dari perangkat elektronik, mereka akan senang karena anggota keluarga lain bermain dengan mereka, dan Anda akan kembali ke masa kecil Anda sebentar.

2. Handmade

Selain permainan-permainan tersebut, ada kegiatan lain yang mungkin menarik minat si kecil, antara lain buku mewarnai menggunakan pensil atau spidol kayu, playdoh, merakit kubus, perangko, tempera dan cat air, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Ajak aktivitas

Selain permainan, yang membuat anak senang adalah ketika orang dewasa mengikutsertakan mereka dalam aktivitasnya. Ajaklah anak-anak untuk membantu Anda menyiapkan makanan, mengatur meja, dan membersihkan setelah makan. Dengan begitu, Anda akan menempati mereka, dan mereka akan senang bisa membantu Anda.


Putuskan mainan mana yang akan disisihkan, dan mana yang akan Anda serahkan kepada anak untuk dimainkan. Setelah beberapa saat, begitu Anda melihat anak bosan dengan mainan itu, putar saja. Anak-anak melupakan mainan lama begitu yang baru dan lebih canggih muncul, ponsel berhenti berfungsi begitu saja ketika versi baru muncul.


Waktu yang mereka habiskan bersama keluarga dan teman lebih berharga daripada mainan apa pun. Mereka mungkin tidak menyadarinya sekarang, tetapi untungnya, mereka memiliki Anda yang sudah mengetahuinya. Sama seperti sebelumnya, lakukan yang terbaik untuk anak Anda dan mereka akan berterima kasih kepada Anda di masa depan, dan Anda akan bahagia dan banggaDemikian artikel tentang Cara Membuat Anak Berhenti Bermain Handpone. semoga bermanfaat!

Refrensi: Novacdjokovicfoundation

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar