Ad Widget

4 Manfaat Bayi Berenang Bagi tumbuh-kembang

Ad Widget
manfaat bayi berenang

4 Manfaat Bayi Berenang Bagi tumbuh-kembang. Hi mama! Mungkin gak asing ya melihat orangtua mengajak bayi kecilnya untuk berenang, bagi anda yang belum tau mungkin akan menganggap itu sebagai sesuatu yang keliru, namun menurut Novakdjokovic Foundation, hal itu baik untuk umbuh kembang bayi.

Sederhananya, tujuan bayi berenenng bukan untuk mengajari mereka berenang, atau sebuah pelatihan. Namun Berenang, Lebih baik di klasifikasikan sebagai salah satu cara di mana seorang anak dapat berkembang.

Baca juga: Peneyebab Autis pada Anak-anak 

Manfaat berenag untuk bayi

Beberapa manfaat berenang untuk bayi, yaitu:

1. Meningkatkan Fungsi kognitif

Kulit adalah organ sensorik. Tidak ada organ lain dalam tubuh kita yang menerima informasi sebanyak kulit. Saat berenang di kolam, seseorang menerima sejumlah besar informasi, hanya dari fakta bahwa mereka berhubungan dengan lingkungan. Mekanisme, yaitu ketika seorang anak menyelam, ia merasakan sedikit gerakan, gelembung, kebisingan di kamar mandi, dll. Itu adalah pembentukan jaringan saraf dan merupakan faktor yang sangat diperlukan dalam perkembangan otak. Dengan cara ini, seorang anak mendapatkan pengalaman murni melalui sinyal ke otak.

Berenang meningkatkan kapasitas paru-paru, yang meningkatkan aliran darah ke otak. Berenang memperkaya otak dengan oksigen dan membantunya mengumpulkan lebih banyak kekuatan.

2. Meningkatkan kualitas Tidur dan nafsu makan

Kualitas Tidur dan nafsu makan merupakan faktor penting dalam pertumbuhan dan kesehatan anak. Air dapat membuat tubuh rileks dan menghilangkan stres, tidur menjadi lebih tenang dan kuat. Sistem saraf diperkuat jika kita sering berenang. Dasarnya kolam renang atau pemandian harusnya menjadi lingkungan main bagi anak-anak, sehingga mereka bekerja lebih keras untuk tetap hangat. Dengan cara ini mereka menghabiskan banyak energi dan membakar banyak kalori, sehingga tidur dan nafsu makan mereka menjadi lebih kuat.

3. Meningkatkan Kepercayaan diri

Psikolog mengatakan bahwa menyelam atau berenang pada kedalaman tertentu dengan mengatasi hambatan air. Hal itu dapat mengembangkan sifat-sifat dasar anak seperti; tujuan, ketekunan, pengendalian diri, tekad, disiplin, dan kemampuan untuk menunjukkan kemandirian. Anak-anak yang berenang sejak lahir lebih percaya diri, mudah bergaul, dan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang lebih kuat.

4. Meningkatkan Koordinasi dan keseimbangan

Mekanismenya yaitu dengan mengurangi beban dari tulang belakang, menghilangkan gerakan non-alami dan non-fisiologis.

Bayi bergerak bebas dan aktif di dalam air. Mengatasi resistensi air berkontribusi pada penguatan semua kelompok otot dan perkembangan persendian. Oleh karena itu, anak yang berenang sejak lahir belajar lebih cepat cara duduk, berdiri, merangkak, dan berjalan.

Demikian artikel tentang 4 Manfaat Bayi Berenang Bagi tumbuh-kembang. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *