Sistem Pencernaan: Fungsi dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia

Sistem Pencernaan: Fungsi dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia. Sistem pencernaan adalah bagian penting dari tubuh manusia yang berfungsi untuk memecah makanan menjadi nutrisi yang mudah terserap tubuh. Adapun Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ yang terlibat dalam proses pencernaan, yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang sistem pencernaan dan cara kerjanya pada tubuh manusia.

Baca juga: Sistem Pernapasan dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia

Organ-organ Sistem Pencernaan

Berikut beberapa organ penting beberapa Sistem pencernaan dan fungsinya, antara lain:

1. Mulut

Mulut adalah organ pencernaan pertama untuk mengunyah dan memecah makanan menjadi bagian yang lebih kecil. Gigi dan lidah berperan penting dalam proses pengunyahan, sedangkan kelenjar ludah menghasilkan air liur yang membantu melunakkan makanan.

2. Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Ketika makanan dikunyah dan ditelan, makanan akan bergerak melalui kerongkongan dan menuju lambung.

3. Lambung

Lambung adalah kantong otot yang berfungsi untuk mencerna makanan. Di dalam lambung, makanan dicerna oleh asam lambung dan enzim pencernaan. Lambung juga menghasilkan lendir yang melindungi dinding lambung dari kerusakan oleh asam lambung.

4. Usus Halus

Usus halus adalah saluran yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan yang tercerna. Terdapat tiga bagian dari Usus halus, yaitu duodenum, jejunum, dan ileum. Di dalam usus halus, nutrisi dari makanan diserap ke dalam darah dan dibawa ke seluruh tubuh.

5. Usus Besar

Usus besar adalah saluran yang berfungsi untuk memproses sisa makanan yang tidak dapat dicerna. Di dalam usus besar, air dan garam terserap kembali ke dalam tubuh, sehingga feses menjadi lebih padat. Feses kemudian keluar dari tubuh melalui anus.

Cara Kerja Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan bekerja dengan cara yang kompleks dan terintegrasi dengan baik.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *