Sistem Pernapasan dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link

Sistem pernapasan adalah bagian penting dari tubuh manusia yang berfungsi untuk memasok oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida. Sistem Pernapasan dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia.

Diketahui Sistem pernapasan terdiri dari organ-organ yang terlibat dalam proses pernapasan, yaitu paru-paru, trakea, bronkus, dan diafragma. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai sistem pernapasan dan cara kerjanya pada tubuh manusia.

Baca juga: Sistem Saraf dan Fungsinya dalam Tubuh Manusia

Organ-organ Sistem Pernapasan

Berikut organ penting Sistem pernapasan, antara lain:

1. Trakea

Trakea adalah tabung yang menghubungkan tenggorokan dengan bronkus. Organ Trakea terdiri dari cincin tulang rawan yang berfungsi untuk menjaga kekuatan dan membantu menjaga bentuk trakea.

2. Bronkus

Bronkus adalah cabang dari trakea yang membawa udara ke dalam paru-paru. Organ Bronkus juga terdiri dari cincin tulang rawan yang membantu menjaga kekuatan dan membantu menjaga bentuk bronkus.

3. Paru-Paru

Paru-paru adalah organ yang terletak di dalam dada. Organ Paru-paru juga terdiri dari banyak gelembung udara kecil yang disebut alveoli. Alveoli berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara yang masuk ke dalam paru-paru dan mengeluarkan karbon dioksida.

4. Diafragma

Diafragma adalah otot yang terletak di bawah paru-paru dan berfungsi untuk membantu mengatur pernapasan. Cara kerjanya, ketika kita menghirup udara, diafragma berkontraksi dan menarik udara ke dalam paru-paru. Ketika kita menghembuskan udara, diafragma berelaksasi dan membebaskan udara yang telah terpakai.

Cara Kerja Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan bekerja dengan cara yang kompleks dan terintegrasi dengan baik.

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar