Apa itu Sistem Reproduksi Manusia dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link

Apa itu Sistem Reproduksi Manusia dan Bagaimana Cara Kerjanya? Sistem reproduksi manusia adalah sistem biologis yang bertanggung jawab untuk reproduksi dan perkembangan manusia. Sistem ini terdiri dari organ reproduksi internal dan eksternal yang berbeda pada pria dan wanita.

Baca juga: Sistem Pencernaan: Fungsi dan Cara Kerjanya pada Tubuh Manusia

Pada pria, organ reproduksi meliputi testis, epididimis, vas deferens, vesikula seminalis, prostat, dan penis. Sedangkan pada wanita, organ reproduksi meliputi ovarium, saluran tuba, uterus, serviks, dan vagina.

Sistem reproduksi manusia pada pria dan wanita memiliki peran yang berbeda dalam proses reproduksi. Pada pria, testis menghasilkan sperma yang menyimpan sel telur untuk membuahi. Sperma tersebut keluar melalui penis saat pria mengalami ejakulasi selama aktivitas seksual. Sedangkan pada wanita, ovarium menghasilkan sel telur yang terlepas setiap bulan selama masa subur. Sel telur kemudian masuk ke dalam tuba falopi dan bertemu dengan sperma yang masuk melalui vagina selama aktivitas seksual. Jika sperma berhasil membuahi sel telur, maka terjadilah pembuahan dan kehamilan.

Tahap Sistem Reproduksi Manusia

Proses sistem reproduksi pada manusia melibatkan beberapa tahapan penting yang melibatkan organ reproduksi pria dan wanita. Berikut adalah tahapan proses sistem reproduksi man asusia:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar