Peran dan Manfaat Tawon untuk Tanaman Lebih Baik dari Lebah

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link

Kita mungkin hanya mengetahui lebah sebagai serangga satu-satunya yang membantu penyerbukan tanaman, tapi sebenarnya tawon adalah serangga yang mungkin lebih berpengaruh besar daripada lebah. Peran dan Manfaat Tawon untuk Tanaman Lebih Baik dari Lebah

Studi dari University College London Ringkasan menegaskan bahwa Tawon layak dihargai setinggi serangga lain, seperti lebah, karena peran mereka sebagai predator, penyerbuk, dan banyak lagi, menurut sebuah artikel baru.

Baca juga: Melatih lebah meningkatkan hasil pertanian

Studi yang dipublikasikan di Biological Reviews ini mengumpulkan bukti dari lebih dari 500 makalah akademis, bagaimana kira-kira 33.000 spesies tawon penyengat (aculeate) berkontribusi pada ekosistem mereka, dan bagaimana hal ini dapat bermanfaat bagi ekonomi, kesehatan manusia, dan masyarakat.

Peran dn Manfaat Tawon

Penulis utama Profesor Seirian Sumner (UCL Center for Biodiversity & Environment Research, UCL Biosciences) berkata: “Tawon adalah salah satu serangga yang di benci namun lebah meskipun juga menyengat, dihargai karena menyerbuki tanaman dan membuat madu. Dalam studi sebelumnya, kami menemukan bahwa kebencian terhadap tawon sebagian besar disebabkan oleh ketidaktahuan yang meluas tentang peran tawon dalam ekosistem, dan bagaimana mereka dapat bermanfaat bagi manusia.

“Tawon kurang dipelajari dibandingkan serangga lain seperti lebah, jadi kami baru sekarang mulai memahami dengan benar nilai dan pentingnya jasa ekosistem mereka. Di sini, kami telah meninjau bukti terbaik yang ada, dan menemukan bahwa tawon bisa sama berharganya dengan serangga kesayangan lainnya seperti lebah, andai saja kita memberi mereka lebih banyak kesempatan. “

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar