Cara Menggunakan Windows Security untuk Menjaga PC

Mahsun

0 Comment

Link
Microsoft

Cara Menggunakan Windows Security untuk Menjaga PC. Komputer Microsoft Anda dilengkapi dengan perangkat lunak keamanan bawaan yang melindungi Anda dari ancaman terburuk. Berikut cara menavigasi toolkit Anda.

Selama bertahun-tahun, pengguna Windows harus bergantung pada alat keamanan pihak ketiga untuk mencegah virus dan malware. Tetapi sekarang sistem operasi Microsoft hadir dengan paketnya sendiri, dalam bentuk Windows Security.

Baca juga: 9 Masalah Keamanan Cyber tahun 2022-2025

Windows scurity dirancang untuk berjalan dengan tenang dan efisien di latar belakang. Anda mungkin bahkan tidak menyadarinya proteksi ini aktif dan memberi perlindungan.

Meskipun Anda dapat menambahkan perangkat lunak keamanan ekstra ke Windows. Menggunakan Windows Security mungkin jadi lebih baik untuk mengurangi penggunaan ruang, serta lebih mudah efisien bekerja dalam sistem sendiri.  

Buka dasbor Windows security utama dan Anda akan melihat kisi-kisi ikon. Pc yang sehat akan memberi tanda centang hijau dan untuk sesuatu yang sedang bermasalah atau membutuhkan perbaikan akan ada tanda seru kuning.

Kelebihan Security Windows

Selain merupakan fitur bawaan windows tanpa perlu menginstal aplikasi antivirus tambahan dan dapat berjalan secara offline. Security windows juga dapat aktif secara real time sehingga tetap bekerja di belakang layer tanpa kita sadari, kemudian menyelesikan masalah.

Navigasi Windows Security

Panel navigasi di sebelah kiri memberi Anda cara lain untuk melompat di antara berbagai bagian Keamanan Windows:

1. Opsi Home

Opsi Home adalah yang harus kembali jika Anda perlu kembali ke dasbor utama.

2. Perlindungan akun (Threat protection)

Virus & Threat protection yaitu opsi yang berkaitan dengan akun Microsoft Anda dan cara Anda masuk ke Windows di komputer Anda (termasuk pengenalan wajah dan sidik jari, jika tersedia).

Pemindaian Virus dan Malware secara aktif menjaga komputer Anda aman dan terlindungi dari ancaman. Bagian Perlindungan Virus & Ancaman keamanan Windows adalah tempat untuk dikunjungi. Seperti halnya perangkat lunak lainnya, sebagian besar fitur di sini akan berjalan di latar belakang, tetapi ada baiknya untuk mengetahui apa yang tersedia dan apa yang dapat Anda lakukan jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan.

3. Firewall & Network protection

Tempat Anda memantau firewall yang dipasang di sekitar Windows, untuk perangkat di jaringan lokal Anda dan dalam hal internet yang lebih luas. Jika Anda memutuskan untuk menginstal paket keamanan pihak ketiga, Windows Security juga dapat memantau ini dan memastikan semuanya berfungsi dengan benar jika tidak ada firewall yang aktif, Anda akan melihat peringatan di layar.

4. Apps

Pilih Pengaturan navigasi sebelah kiri untuk menyesuaikan berbagai aspek Keamanan Windows seputar pemberitahuan program, dan perangkat lunak pihak ketiga apa pun yang telah Anda instal.

Jika Anda memilih kontrol Aplikasi & browser di sebelah kiri Windows Security, Anda dapat meminta perangkat lunak memindai aplikasi apa pun yang Anda unduh dan instal. Windows Security mempertimbangkan berbagai faktor saat menilai apakah suatu program diizinkan atau tidak untuk berjalan di komputer Anda.

5. Protection History

Anda juga dapat mengklik riwayat Perlindungan. Berguna untuk melihat kinerja apa yang telah dilakukan baru-baru ini, apakah itu pemindaian virus atau peringatan tentang masalah keamanan.

6. Device Security

Pilih Keamanan perangkat untuk mendapatkan beberapa pengaturan keamanan yang lebih canggih untuk sistem Anda. Jika komputer Anda mendukung teknologi seperti boot aman (memeriksa ancaman saat sistem Anda dimulai) dan modul platform tepercaya (membuat komputer sangat sulit untuk di rusak oleh virus atau lainnya).

7. Device performance & Health

Lalu ada halaman Kinerja perangkat & kesehatan, yang menunjukkan bagaimana Keamanan Windows bener benar telah bekerja dengan laporan kesehatan. Di sini Anda dapat melihat laporan tentang penyimpanan internal dan baterai perangkat tempat Anda menjalankan.

8. Family Option

Layar opsi Keluarga akan berguna jika Anda memiliki anak-anak yang menggunakan Windows. Anda dapat mengatur kontrol orang tua yang mencakup semuanya mulai dari saat perangkat digunakan hingga jenis konten apa yang dapat diakses.

Demikian artikel tentang Cara Menggunakan Windows Security untuk Menjaga PC. Semoga bermanfaat!

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar