7 Cara Screenshot di Windows tanpa Aplikasi

Microsoft

7 Cara Screenshot di Windows tanpa Aplikasi. Aktivitas menangkap layar bukanlah hal baru yang digunakan oleh semua pengguna gadget, baik di smartphone ataupun di Pc. Nah mungkin ada yang masih belum mengetahui bagaimana cara menangkap layar di windows 10 atau 11.

Cara screenshot di windows 10 dan 11

Windows 10 dan 11 menawarkan alat bawaan yang sama (Snip & Sketch dan Snipping Tool), dan beberapa pintasan keyboard memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dalam sekejap.

Di sini, kami akan memandu anda cara menggunakan alat tangkapan layar Windows bawaan dan pintasan lainnya untuk mengambil tangkapan layar di Windows 10 dan Windows 11, sehingga Anda dapat memutuskan mana yang paling Anda sukai.

Baca juga: Cara mengunakan Google Docs Resume

1. Potongan & Sketsa

Alat Snip & Sketsa lebih mudah untuk mengakses, membagikan, dan memberi anotasi pada tangkapan layar daripada Alat Snipping yang lama. Dan sekarang dapat menangkap tangkapan layar dari jendela di desktop Anda.

Cara termudah untuk memanggil Snip & Sketch adalah dengan pintasan keyboard tombol Windows + Shift + S. Anda juga dapat menemukan alat Snip & Sketch yang tercantum dalam daftar alfabet aplikasi yang diakses dari tombol Start serta di panel notifikasi di mana itu terdaftar sebagai Screen snip. Atau Anda bisa mencarinya jika Anda tidak memasukkan pintasan keyboard ke memori. (Jika Anda sering mengambil tangkapan layar, sebaiknya sematkan aplikasi ke bilah tugas.)

Pintasan keyboard atau tombol notifikasi akan meredupkan layar dan membuka menu kecil di bagian atas layar yang memungkinkan Anda memilih jenis tangkapan layar yang ingin diambil — persegi panjang, bentuk bebas, jendela, atau layar penuh. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, itu akan tersimpan ke clipboard Anda dan muncul sebentar sebagai pemberitahuan di sudut kanan bawah layar Anda. Klik notifikasi untuk membuka tangkapan layar di aplikasi Snip & Sketch untuk memberi anotasi, menyimpan, atau membagikannya. (Jika Anda melewatkan notifikasi, buka panel notifikasi dan Anda akan melihatnya duduk di sana.

2. Alat pemotong

Alat Snipping telah ada sejak Windows Vista. Windows telah memperingatkan selama beberapa tahun bahwa Snipping Tool akan dipindahkan, tetapi masih digunakan, termasuk di Windows 11. Snipping Tool telah dihapus dari daftar aplikasi dari menu Start, tetapi mudah diakses melalui bilah pencarian .

Klik tombol New untuk memulai proses screenshot. Jenis snip default adalah snip persegi panjang, tetapi Anda juga dapat mengambil snip dalam bentuk bebas, layar penuh, dan jendela.

Snipping Tool tidak secara otomatis menyimpan tangkapan layar Anda Anda harus menyimpannya secara manual di alat sebelum Anda keluar dan itu secara otomatis menyalin tangkapan Anda ke clipboard.

3. Layar Cetak

Untuk menangkap seluruh layar Anda, ketuk tombol Print Screen (terkadang berlabel PrtScn). Tangkapan layar Anda tidak akan tersimpan sebagai file, tetapi ke papan klip. Anda harus membuka alat pengeditan gambar (seperti Microsoft Paint), menempelkan tangkapan layar di editor dan menyimpan file dari sana.

Anda juga dapat mengatur tombol PrtScn untuk membuka alat Snip & Sketsa dengan masuk ke Pengaturan > Kemudahan Akses > Papan Ketik dan beralih ke Gunakan tombol PrtScn untuk membuka potongan layar di bawah Pintasan Layar Cetak.

4. Tombol Windows + Layar Cetak

Untuk menangkap seluruh layar Anda dan secara otomatis menyimpan tangkapan layar, ketuk tombol Windows + tombol Print Screen. Layar Anda akan redup sebentar untuk menunjukkan bahwa Anda baru saja mengambil tangkapan layar, dan tangkapan layar akan tersimpan ke folder Gambar > Tangkapan Layar.

5. Alt + Layar Cetak

Untuk mengambil tangkapan layar cepat dari jendela aktif, gunakan pintasan keyboard Alt + PrtScn. Ini akan mengambil jendela Anda yang sedang aktif dan menyalin tangkapan layar ke papan klip. Anda harus membuka bidikan di editor gambar untuk menyimpannya.

6. Bilah permainan

Anda dapat menggunakan bilah Game untuk mengambil tangkapan layar, baik Anda sedang bermain game atau tidak. Tekan tombol Windows + tombol G untuk memanggil bilah Game. Dari sini, Anda dapat mengklik tombol tangkapan layar di bilah Game atau menggunakan pintasan keyboard default tombol Windows + Alt + PrtScn untuk mengambil tangkapan layar layar penuh. Untuk mengatur pintasan keyboard tangkapan layar bilah Game Anda sendiri, ke Pengaturan > Permainan > Bilah permainan. Mencadangkan sedikit, Anda juga harus mengaktifkan Bilah permainan dari halaman pengaturan ini dengan memastikan Anda telah mengaktifkan Rekam klip permainan, tangkapan layar, dan siaran menggunakan Bilah permainan.

7. Logo Windows + Volume Turun

Jika Anda menggunakan perangkat Microsoft Surface, Anda dapat menggunakan tombol fisik (yah, semacam fisik) untuk mengambil tangkapan layar dari seluruh layar Anda mirip dengan cara Anda mengambil tangkapan layar di ponsel atau tablet lainnya. Untuk melakukan ini, tahan tombol sentuh Logo Windows di bagian bawah layar Surface Anda dan tekan tombol volume-turun fisik di samping tablet. Layar akan meredup sebentar dan screenshot akan otomatis tersimpan ke folder Pictures > Screenshots.

Demikian artikel tentang 7 Cara Screenshot di Windows tanpa Aplikasi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *