Misteri unik Tubuh Manusia dan Alasan Ilmiahnya

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link
Kita membutuhkan alasan ilmiah,  mengapa hal hal alamiah yang terjadi pada tubuh terlihat  aneh,  atau memiliki kecenderungan yang membuat kita bertanya-tanya  , “Oya kenapa bisa begini ” Beberapa diantaranya yang sainspedia rangkum

1. Payudara Kiri lebih besar daripada kanan 

           Banyak spekulasi tentang masalah payudara yang terlihat lebih besar dari yang lainnya , mulai dari pengaruh aktivitas sehari- hari seperti mengangkat beban sampai posisi tidur . hal- hal demikian juga tidak bisa ditepis mentah , faktanya beberapa bagian otot tubuh dapat dilatih dan menjadi lebih besar karena faktor olahraga dan lainnya . sehingga kita juga akan mendengarkan ada wanita yang ukuran payudara sebelah kanan lebih besar karena aktivitas dengan tubuh bagian kanan lebih besar  , seperti mengankat barang , menggoreng dan mencuci

Bisa juga dipengaruhi oleh aktivitas tubuh , mengetahui bahwa letak jantung dengan banyak pembuluh darah, nadi dan lapisan lemak pelindung jantung disebelah kiri tubuh tepat dibagian payudara .

Beberapa ahli memiliki pendapat lain , seperti:

  • Bradly Bengston, seorang ahli bedah plastic dari Michigan, kota grand Rapids . menurutnya Payudara memang tidaklah simentris (sama ) , mereka bersaudara tapi tidaklah kembar . 
  • Dr Jessica A, Shepherd . seorang direktur minimally invasive Gynocology univesritas llinois , Chicago . mengatakan bahwa perbedaan ukuran atau tidak simetrisnya ukuran payudara karena faktor Hormonal . menurutnya hal tersebut dimulai dari fase pubertas , dimana ada kemungkinan payudara sebelah kira tumbuh lebih cepat dan merespon tingkat estrogen lebih tinggi dibanding yang lain. 
  • Peneltian lain menyebutkan juga bahwa , tubuh bagian kiri memang tingkat  sensitivitas dan imunitasnya lebih tinggi . Sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hormone estrogen yang mempengaruhi ukuran payudara .

2. Kecendrungan seseorang selfie dengan sisi kiri wajah 

          Benrakah itu terjadi? Cobalah ambil handpone dan buka akun instagram anda , dan carilah kata kunci “#selfie”  hastag selfie. Anda akan menemukan kecendrungan orang – orang lebih banyak memperlihatkan sisi kiri dari wajahnya dibanding sisi kanan dan depan .  hal tersebut dilakukan oleh seorang ahli Neuropsikologi . Annuka Lindell, seorang dosen senior neuropsikologi eksperimental di La Trobe University , Melbourne

Dari 2000 foto selfi yang diamati , yang terdiri dari 100 orang laki – laki dan 100 orang wanita terdapat 779 menampilkan sisi kiri wajahnya , 686 sisi kanan wajahnya dan 535 sisi bagian depn wajahnya .  ia mengatakan , kecendrungan berulang melakukan pose yang sama adalah bentuk kesadaran mana sisi terbaik ,  Yang ditulis dalam jurnal Frontiers in Psycology .

Lalu , benarkah sisi kiri lebih menarik ?

            Ternyata tidaklah demikian , adanya penelitian ini bisa menjadi penguat teori- teori sebelumnya tentang adanya system kerja otak kanan dan kiri . dimana otak kiri berkaitan dengan kesadaran , perhitungan dan logika sedangkan otak kanan berkaitan dengan emosi , perasaan .

Ini berkaitan tentang penelitian sebelumnya , Ahli dari wake Forest University ,AS.  Meminta seseorang menilai sebuah foto dan mengukur ketertarikan orang tersebut dari dilatasi pupil  dan hasilnya sama seperti penelitian lindell , partisipan lebih menyukai gambar yang menunjukan pipi kiri kerena memiliki kemampuan menunjukan emosionalnya .

Point :

Bahwa selfie menggunakan sisi kiri mennujukan sesorang memiliki kemampuan emosional yang dipengaruhi fungsi otak kanan .

3. Mengapa Mayoritas Manusia Menggunakan Tangan Kanan? 

             Sekitar 85-90 % orang didunia menggunakan tangan kanan , sementara bagian kiri hanya digunakan sebagai pembantu . tidak hanya tangan kanan bahkan sebagian dari anggota tubuh menggunakan tubuh bagian tangan , beberapa spekulatif teori mengatakan bahwa hal tersebut telah dilakukan oleh spesies Homo heidelbergensis , manusia purba. Namun hal tersebut hanya sebatas anggapa yang tidak dapat dijadikan alasan , karena menurut  Natalie Uomini seorang arkaelog universitas Liverpool bahwa tidak ada bukti arkaelogi  mayoritas manusia menggunakan tangan kiri . Artinya  bahwa menggunakan tangan kanan adalah bagian dari manusiawi .  

Sains pedia team , berpendapat bahwa banyak hal yang mempengaruhi manusia lebih banyak menggunakan tangan kanan dibanding tangan kiri . misanya seseorang meyakini agama tertentu , yang memberikan penjelasan bahwa tangan kanan lebih utama . atau seseorang berada pada suatu wilayah tertentu yang memiliki adat dan nilai adab yang tinggi , bahwa menggunakan tangan kanan menjadi symbol rasa hormat , sehingaa hal semacam ini menjadi kebiasaan , aturan yang diwariskan dari generasi ke generasi .

Atau hal lain yang dipercayai sehingga menjadi ketetapan yang tumbuh menjadi dasar sifat manusiawi , mungkin dimulai ketika sesorang menganggap bahwa tangan kanan lebih mulia atau ketika seseorang  yang  harus menentukan tugas dan fungsi masing masng dari anggota tubuh , dimana tangan kanan untuk hal yang dianggap baik dan bersih seperti makan (kita ketahui dimasa lampau manusia menggunakan tangan langsng tanpa lapis atau sendok) , minum , berjabat tangan dan tangan bagian kiri untk sesuatu yang dianggap kotor misal seperti , cebok dll.

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar