Ikan Dapat Mengenali Foto Wajah Mereka Sendiri

Ikan menganl foto mereka sendiri

Ikan Dapat Mengenali Foto Wajah Mereka Sendiri . Manusia bukan satu-satunya yang manampilkan prilaku sosial yang unik, beberapa spesies mahluk hidup juga memiliki prilaku unik yang mengagumkan. Tidak banyak diulas, ikan salah satu mahluk air yang juga memiliki prilaku unik yang baru diketahui. 

Para ilmuwan telah mendemonstrasikan bahwa ikan berpikir ‘ini aku’ ketika mereka melihat diri mereka sendiri dalam sebuah gambar. Para peneliti menemukan bahwa faktor penentu bukanlah ikan melihat tubuhnya sendiri, tetapi melihat wajahnya.

Baca juga: Ikan Naga, Mahluk Mitos di Laut Dalam

Sebuah tim peneliti oleh Profesor Masanori Kohda dari Universitas Metropolitan Osaka telah menunjukkan bahwa ikan berpikir “ini aku” ketika mereka melihat diri mereka dalam sebuah gambar. Para peneliti menemukan bahwa faktor penentu bukanlah melihat tubuh mereka sendiri tetapi melihat wajah mereka. Temuan ini telah terbit dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences (PNAS). 

Dalam studi ini, percobaan yang relevan dilakukan dengan Labroides dimidiatus, umumnya dikenal sebagai ikan pembersih, yang dikenal mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin. Prilaku ikan ini juga secara teratur menyerang ikan pembersih asing lainnya yang mengganggu wilayah mereka. Setiap ikan disajikan empat foto: foto diri mereka sendiri; foto pembersih yang tidak dikenal; foto wajah mereka sendiri di tubuh pembersih yang tidak dikenal; dan foto wajah pembersih asing di tubuh mereka sendiri. 

Ikan Mengenal Wajh Mereka Sendiri

Menariknya, ikan pembersih tidak menyerang foto dengan wajah mereka sendiri tetapi menyerang foto dengan wajah ikan pembersih yang mereka tidak kenal. Bersama-sama hasil ini menunjukkan bahwa ikan menentukan siapa yang ada di foto berdasarkan wajah di foto tetapi bukan tubuh dengan cara yang sama seperti manusia.

Untuk meniadakan kemungkinan bahwa ikan menganggap foto dirinya sebagai teman yang sangat dekat, dilakukan uji tanda foto. Ikan disajikan dengan foto di mana tanda mirip parasit ditempatkan di tenggorokannya. Sebagai pembanding, enam dari delapan orang yang melihat foto diri mereka dengan tanda parasit menggosok tenggorokan mereka untuk membersihkannya. 

Sementara ikan yang di tunjukkan gambar diri mereka sendiri tanpa tanda parasit atau ikan pembersih yang akrab dengan tanda parasit tidak menyebabkan mereka menggosok tenggorokannya.

“Penelitian ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa ikan memiliki rasa diri internal. Karena hewan targetnya adalah ikan, temuan ini menunjukkan bahwa hampir semua vertebrata sosial juga memiliki rasa diri yang lebih tinggi,” kata Profesor Kohda.

Demikian artikel tentang Ikan Dapat Mengenali Foto Wajah Mereka Sendiri . Semoga dapat menambah wawasan.

Jurnal Referensi:

  • Masanori Kohda, Redouan Bshary, Naoki Kubo, Will Sowersby, Kento Kawasaka, Satoshi Awata, Taiga Kobayashi, Shumpei Sogawa. 2023. Cleaner fish recognize self in a mirror via self-face recognition like humans. Proceedings of the National Academy of Sciences, 2023; 120 (7) DOI: 10.1073/pnas.2208420120

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *