OSILASI DAN GELOMBANG MEKANIK-PART2

Tetes air yang jatuh menyebabkan permukaan air berosilasi. Osilasi ini berhubungan dengan gelombang melingkar bergerak menjauh dari titik di mana tetes jatuh. Dalam Bagian 2 dari teks, kita akan membahas prinsip-prinsip yang berkaitan dengan osilasi dan gelombang. (Marga Buschbell Steeger / Photographer ‘s Choice / Getty Images)
 

OSILASI DAN GELOMBANG MEKANIK


              Kita mulai bagian baru ini teks dengan mempelajari khusus jenis gerak disebut gerak periodik, gerakan berulang dari suatu objek di mana ia terus kembali ke posisi tertentu setelah interval waktu yang tetap. Gerakan berulang seperti objek disebut osilasi. Kita akan memusatkan perhatian kita pada kasus khusus dari gerak periodik yang disebut gerak harmonik sederhana. Semua gerakan periodik dapat dimodelkan sebagai kombinasi gerakan harmonis sederhana.

            Gerak harmonik sederhana juga membentuk dasar bagi pemahaman kita tentang gelombang mekanik. Gelombang suara, gelombang seismik, gelombang pada senar membentang, dan gelombang air semua dihasilkan oleh beberapa sumber osilasi. Ketika gelombang suara berjalan melalui udara, unsur udara berosilasi bolak-balik, seperti gelombang air yang berjalan melintasi kolam, elemen air berosilasi naik dan turun dan mundur dan maju. Gerakan unsur-unsur media memiliki kemiripan yang kuat dengan gerakan periodik dari pendulum berosilasi atau benda yang melekat pada pegas.

           Untuk menjelaskan banyak fenomena lain di alam, kita harus memahami konsep osilasi dan gelombang. Misalnya, meskipun gedung pencakar langit dan jembatan tampak kaku, mereka benar-benar terombang-ambing, sesuatu yang para arsitek dan insinyur yang merancang dan membangun mereka harus diperhitungkan. Untuk memahami bagaimana radio dan televisi bekerja, kita harus memahami asal-usul dan sifat gelombang elektromagnetik dan bagaimana mereka merambat melalui ruang. Akhirnya, banyak dari apa yang para ilmuwan telah pelajari tentang struktur atom telah datang dari informasi yang dibawa oleh gelombang. Oleh karena itu, kita harus terlebih dahulu mempelajari osilasi dan gelombang jika kita memahami konsep dan teori fisika atom.

  CHAPTER 15

Gerak osilasi


15.1 Gerak Sebuah Objek Melekat pada Pegas
15.2 Analisis Model: Partikel dalam Gerak Harmonik Sederhana
15.3 Energi Oscillator Harmonik Sederhana
15.4 Membandingkan Gerak Harmonik Sederhana dengan Gerak Melingkar Seragam
15,5 Pendulum
15,6 Osilasi Teredam
15,7 Osilasi Paksa

            Gerak periodik adalah gerak suatu benda yang secara teratur kembali ke posisi tertentu setelah interval waktu yang tetap. Dengan sedikit pemikiran, kita dapat mengidentifikasi beberapa jenis gerak periodik dalam kehidupan sehari-hari. Mobil Anda kembali ke jalan masuk setiap sore. Anda kembali ke meja makan setiap malam untuk makan. Sebuah lampu gantung bertemu ayunan bolak-balik, kembali ke posisi yang sama pada tingkat biasa. Bumi kembali ke posisi yang sama dalam orbitnya mengelilingi Matahari setiap tahun, hasil dari variasi di antara empat musim.

           Selain contoh-contoh sehari-hari, banyak sistem lain yang menunjukkan gerak periodik. Molekul-molekul dalam padatan berosilasi di sekitar posisi ekuilibriumnya; gelombang elektromagnetik, seperti gelombang cahaya, radar, dan gelombang radio, yang ditandai dengan osilasi vektor medan listrik dan medan magnet, dan dalam arus listrik bolak-arus, tegangan, muatan arus, dan listrik bervariasi secara periodik dengan waktu.

           Khusus jenis gerak periodik terjadi dalam sistem mekanik bila gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan posisi objek relatif terhadap beberapa posisi kesetimbangan. Jika gaya ini selalu diarahkan menuju posisi setimbang, gerakan ini disebut gerak harmonik sederhana, yang merupakan fokus utama dari bab ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *