Ad Widget

Lebah Tidak Menyukai Bunga yang dipupuk

Ad Widget
Lebah tidak menyukai bunga yang dipupuk

Lebah adalah salah satu kelompok besar serangga yang berkoloni dengan lebih dari 20.000 spesies di seluruh dunia. Lebah Tidak Menyukai Bunga yang dipupuk

Peran penting Lebah adalah membantu membangun keanekaragaman hayati modern pasca historikal punahnya keankeragaman hayati karena ledakan asteroid. Hingga di kehidupan sekarang peran lebah semakin mendapat pengakuan menjaga keankaragaman tetap utuh serta mengurangi beban biaya industri pertanian dalam perkawinan tanaman.

Baca juga: Lebah pemakan daging

Masalah lebah yang mungkn paling populer adalah penggunaan pestisda pada tanaman yang membunuh banyak spesies lebah. Dan belum pernah ada studi sebelumnya bahwa pemberian pupuk pada tanaman juga dapat mengusir lebah.

Lebah tidak menyukai tanaman yang dipupuk

Pupuk dapat mengubah cara bunga ‘terlihat’ dan mencegah mereka melakukan penyerbukan, sebuah penelitian menunjukkan.

Bunga menarik lebah menggunakan medan listrik kecil yang dapat dipelajari lebah untuk dikenali. Studi yang terbit dalam jurnal peer-review PNAS Nexus pada hari Rabu, menemukan bahwa pupuk mengubah medan listrik ini dan lebah tampaknya menganggap perubahan ini sangat aneh.

Bunga memikat lebah dengan muatan listrik

Apa yang membuta lebah selalu dapat menemukan bunga adalah medan listrik. 

Dan dalam studi tersebut, para ilmuwan menyelidiki bagaimana pupuk mempengaruhi warna, bau, atau muatan listrik bunga untuk lebah. Para ilmuan menggunakan spesies lebah jinak yang mudah digunakan dalam percobaan.

Ada sejumlah isyarat yang digunakan lebah untuk memutuskan bunga mana yang akan mendarat. Seperti kita, mereka tertarik oleh bau dan warna tertentu, tetapi lebah mengandalkan fitur tambahan: medan listrik bunga.

Saat lebah terbang di udara, tubuh mereka menjadi bermuatan positif. Ketika mereka menemukan bunga bermuatan negatif, tubuh kecil mereka merasakan medan listrik bunga seperti magnet.

Ketika mereka menyerbuki, lebah mengubah medan listrik bunga tersebut. Lebah berikutnya yang datang akan dapat mengetahui dari medan listrik bahwa bunga-bunga ini kemungkinan telah di hisap dan akan melewatkannya.

Bagaimana Pupuk mengubah medan listrik

Studi ini menemukan bahwa menyemprotkan pupuk sintetis ke ladang tidak mengubah warna atau bau bunga.

Tapi itu mempengaruhi “besar dan dinamika” medan listrik – pada dasarnya medan listrik bunga akan terlihat pada prilaku lebah, Ellard Hunting, seorang penulis studi dan ahli biofisika dari University of Bristol. Ia mencontohkan seperti Anda membayangkan bahwa dalam hal itu seperti cahaya yang terlalu terang dan membutakan mereka.

Lebah tidak hanya tertarik pada muatan negatif bunga – mereka juga dapat belajar membaca karakteristik spesifik medan listrik, sebuah studi tahun 2013 dari kelompok yang sama menunjukkan. Studi itu menemukan bahwa lebah dapat dilatih untuk mengenali medan listrik buatan dengan sifat berbeda untuk menemukan makanan manis.

Related Posts

Ad Widget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *