Cara Lebah (apis cerena) Membangun Pertahanan

Mahsun saleh S.Si

0 Comment

Link
Pertahanan lebah apis cerana

Suara getaran lebah cerana adalah pertahanan

Menurut penelitian saat ini, yang mengumpulkan hampir 30.000 rekaman sinyal lebah madu. Ketika lebah pembunuh muncul, desisan dan yang biasa meningkat tujuh kali lipat, lebah pekerja mulai membuat pipa antipredator, yang frekuensinya lebih keras dan tidak teratur.

Rekaman video menunjukkan lebah membuat sinyal antipredator ini dengan mengangkat perut mereka, mendengungkan sayapnya, dan berlari “dengan panik”.

Selain itu, dalam beberapa kasus, sinyal tersebut tampaknya menyebabkan lebah pekerja di pintu masuk sarang beralih ke mode pertahanan. Menyebarkan kotoran hewan di sarang untuk mengusir pemangsa, atau mencoba membentuk bola lebah di sekitar lebah pengintai predator, dan memanaskannya sampai mati.

Sulit untuk mengatakan apakah pipa antipredator membawa pesan merupakan tindakan defensif spesifik. Tetapi secara keseluruhan, basis data rekaman baru yang kuat menunjukkan bahwa pipa lebah adalah “seruan untuk pertahanan kolektif”. Pertahanan canggih ini membutuhkan deteksi predator tepat waktu dan aktivasi cepat dari tenaga kerja pertahanan,” tulis para penulis.

Sinyal vibroakustik kemungkinan memainkan peran penting dalam mengatur respons cepat antara pengirim dan penerima di dalam sarang. Dibandingkan dengan segerombolan lebah pembunuh raksasa, para peneliti menemukan bahwa serangan oleh spesies lebah yang lebih kecil yang berburu sendiri tidak menyebabkan banyak kekacauan di koloni lebah madu. Oleh karena itu mungkin panggilan pipa anti-predtor ini secara khusus untuk pertahanan melawan lebah pembunuh.

“Penelitian ini menunjukkan betapa luar biasanya sinyal kompleks lebah Asia ini,” kata ahli ekologi perilaku Gard Otis dari University of Guelph di Kanada.

Demikian artikel tentang Cara Lebah (apis cerena) Membangun Pertahanan. Semoga bermanfaat!

Jurnal Refrensi:

  • Heather R. Mattila, Hannah G. Kernen, Gard W. Otis, Lien T. P. Nguyen, Hanh D. Pham, Olivia M. Knight† and  Ngoc T. Phan‡. 2021. Giant hornet (Vespa soror) attacks trigger frenetic antipredator signalling in honeybee (Apis cerana) colonies. Royal Society Open Science: Published:10 November 2021https://doi.org/10.1098/rsos.211215

Tags:

Share:

Related Post

Tinggalkan komentar