Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sumber Kalsium, Manfaat, Risiko dan Suplemen

Sumber Kalsium, Manfaat, Risiko dan Suplemen. Kalsium penting bagi pria untuk kesehatan tulang yang optimal, tetapi secara umum yang terbaik adalah mendapatkan kalsium dari makanan. Produk susu mengandung kalsium dan begitu juga sayuran berdaun hijau tua. Makanan dan minuman olahan tertentu, seperti jus jeruk, diperkaya dengan kalsium.

Baca juga: Sumber makanan kaya Magnesium

Sumber kalsium

Tubuh tidak memproduksi kalsium, jadi kita harus mendapatkannya melalui sumber lain. Kalsium dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan berikut:
  1. Produk susu, seperti keju, susu, dan yogurt
  2. Sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli dan kangkung
  3. Ikan dengan tulang lunak yang dapat dimakan, seperti sarden dan salmon kaleng
  4. Makanan dan minuman yang diperkaya kalsium, seperti produk kedelai, sereal dan jus buah, dan pengganti susu

Suplemen Kalsium
Cek di sini Shopee
Cek di sini Tokopedia

Hubungan Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D memiliki peran dalam penyediaan kalsium bagi tubuh, ia membantu tubuh Anda menyerap kalsium. Sehingga, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D juga berarti membantu meningkatkan kalsium dalam tubuh. Beberapa Makanan yang kaya vitamin D, yaitu: ikan berlemak, seperti salmon, trout, dan tuna. Sumber makanan lainnya adalah jamur dan telur. Susu, beberapa sereal, jus jeruk, serta makanan dan minuman lain yang diperkaya dengan vitamin D. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari.

Manfaat dan Fungsi Kalsium bagi Tubuh

Beberapa manfaat dan fungsi kalsium, yaitu:
  • Kalsium untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat.
  • Menjaga Jantung, otot, dan saraf agar berfungsi dengan baik.
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium, bersama dengan vitamin D, memiliki manfaat di luar kesehatan tulang, yaitu: melindungi terhadap kanker, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Risiko terlalu sedikit kalsium

Beberapa masalah akibat kekurangan kalsium, yaitu:
  • Anak-anak mungkin tidak dapat mencapai potensi tinggi dewasa secara penuh.
  • Orang dewasa memiliki massa tulang yang rendah, yang merupakan faktor risiko osteoporosis.

Asupan ideal kalsium harian

Berikut Recommended Dietary Allowance (RDA) harian untuk kalsium untuk pria dewasa yang sehat. Perhatikan bahwa batas atas mewakili jumlah tertinggi yang dapat Anda ambil dengan aman tetapi bukan berapa banyak yang harus Anda tuju. Mengambil lebih dari batas atas meningkatkan risiko efek samping.

Untuk pria

  • Usia 19-50 1,000 - 2,500 (mg)
  • Usia51-70 1,000 - 2,000 (mg)
  • Usia 71 dst 1,200 - 2,000 (mg)

Untuk wanita

  • Usia 19-50 1,000 mg
  • Usia 51 dst 1,200 mg
(Sources: 2015-2020 Dietary Guidelines for Americans)

Pedoman takaran tersebut untuk pria/wanita dewasa yang sehat pada umumnya.

Suplemen Kalsium

Meskipun diet adalah cara terbaik untuk mendapatkan kalsium, suplemen kalsium dapat menjadi pilihan jika diet Anda gagal.

Sebelum Anda mempertimbangkan suplemen kalsium, pastikan Anda memahami takaran di atas, berapa banyak kalsium yang Anda butuhkan, dan jenis suplemen yang harus dipilih.

Orang yang berhak konsumsi suplemen kalsium

Beberapa orang yang mungkin cocok menggunakan kalsium yaitu:
Para vegetarian yang tidak dapat mengkonsumsi sumber kalsium
Orang yang intoleransi laktosa dan membatasi produk susu
Mengkonsumsi protein atau natrium dalam jumlah besar, yang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak kalsium
Sedang menerima pengobatan jangka panjang dengan kortikosteroid
Memiliki penyakit usus atau pencernaan tertentu yang menurunkan kemampuan Anda untuk menyerap kalsium, seperti penyakit radang usus, dll.

Jenis Suplemen Kalsium

Suplemen kalsoium biasanya dalam bentuk persenyawaan. Setiap senyawa mengandung jumlah kalsium yang bervariasi. Suplemen kalsium umum dapat diberi label sebagai:
  1. Kalsium karbonat (40% unsur kalsium)
  2. Kalsium sitrat (21% unsur kalsium)
  3. Kalsium glukonat (9% unsur kalsium)
  4. Kalsium laktat (13% unsur kalsium)

Dua bentuk utama suplemen kalsium adalah karbonat dan sitrat. Kalsium karbonat paling murah dan karena itu sering menjadi pilihan pertama yang baik. Bentuk lain dari kalsium dalam suplemen termasuk glukonat dan laktat.

Selain itu, beberapa suplemen kalsium dikombinasikan dengan vitamin dan mineral lainnya. Misalnya, beberapa suplemen kalsium mungkin juga mengandung vitamin D atau magnesium.

Dosis konsumsi suplement kalsium

Pastikan anda tetap mengikuti batasas asupan harian ideal di atas. Cara menghitung berapa suplemen harian yang harus anda konsumsi.

Misal:
Kalsium karbonat mengandung 40% unsur kalsium, jadi 1.250 miligram (mg) kalsium karbonat mengandung 500 mg kalsium unsur. Pastikan untuk mencatat ukuran porsi (jumlah tablet) saat menentukan berapa banyak kalsium dalam satu porsi.

Harap tidak konsumi bersama obat resep dokter lainnya.

Efek samping dan risiko suplemen kalsium

Efek samping paling umum adalah sembelit, buang gas berlebih.
Suplemen kalsium bukanlah asupan biasa yang semua orang bisa konsumsi sembarangan
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang menyebabkan kelebihan kalsium dalam aliran darah Anda (hiperkalsemia), Anda harus menghindari suplemen kalsium.


Sumber: Mayo Clynic


Post a Comment for "Sumber Kalsium, Manfaat, Risiko dan Suplemen"