Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Komposisi Nutrisi Santan Kelapa dan Manfaatnya

Komposisi Nutrisi Santan Kelapa dan Manfaatnya. Tauakah saintis Indonesia adalah negara penghasil kelapa terbesar didunia. Bukan hal asing, kelapa merupakan buah multifungsi, selain air dari kelapa muda yang menyegarkan, kelapa tua juga berguna untuk banyak keperluan, seperti pembuatan CPO, santan untuk bahan memasak, membuat kue dan lain sebagainya.

Mungkin santan menjadi bahan makanan yang harus dihindari oleh orang yang menjaga tingkat kolestrolnya. Tapi disisi normal, santan juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaat Kesehatan yang baik.

Baca jugaKomposisi kopi robusta dan arabica

Kelapa terkenal karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Selama beberapa dekade, nutrisi ini telah dikaitkan dengan epidemi obesitas dan sejumlah penyakit kronis. Namun, beberapa tahun terakhir telah melihat peningkatan tajam dalam studi menantang temuan ini, dan bahkan bertentangan dengan mereka.

Jika Anda merasa bingung, jangan khawatir. Pada artikel ini, kita akan membahas nilai gizi dan potensi manfaat kesehatan dari santan untuk membantu Anda memutuskan apakah itu adalah alternatif nabati yang tepat untuk Anda.

 

Komposisi Nutrisi Santan  dalam Satu Cangkir  (g)


  • lemak  5g
  • Karbohidrat 2g
  • Protein 0g
  • Serat makanan 1.9g
  • gula 0g
  • Kalsium 360 mg
  • Fosfor 0 mg
  • Vitamin D 3,6 mcg
  • Kalium 0 mg
  • Riboflavin (vitamin B2) 0 mg
  • Cobalamin (vitamin B12) 2,16 g


Perbedaan Komposisi dan Kegunaan santan Kaleng dan Santan Kotak

Dipasaran umumnya ada dua jenis kemasan santan, yaitu: Santan kalengan dan karton. Meskipun terbuat dari bahan yang sama, mereka berbeda dalam hal konsistensi, nilai gizi, kemampuan penyimpanan, dan penggunaan kuliner. 

Santan kalengan adalah Santan cairan putih kental yang diekstrak dari 'daging' kelapa. Karena dikalengkan dan disegel dalam wadah steril, ini stabil di rak dan dilengkapi dengan tanggal kedaluwarsa yang lebih lama daripada santan dalam karton. Santan kemasan ini juga tidak perlu didinginkan. Santan kalengan jauh lebih tinggi lemaknya daripada jenis susu lainnya, dan dengan demikian, banyak digunakan sebagai bahan memasak. Ini adalah makanan pokok yang umum di banyak masakan Asia dan sering digunakan untuk membuat kari.

Bisa dikatakan, santan kalengan adalah santan murni tanpa bahan tambahan dan ditujukan sebagai bahan memasak.

 

Santan kemasan kotak/karton adalah cairan putih berair yang diekstrak dari 'daging' kelapa dan biasanya diperkaya dengan vitamin, mineral, dan gula tambahan. Ini digunakan terutama sebagai alternatif susu dalam kopi, smoothie, shake dan sereal. Berbeda dengan santan kalengan, versi karton mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak air secara signifikan, dan dalam banyak kasus, itu harus didinginkan sebelum dan sesudah pembukaan.

Sama seperti susu perah, santan dari karton dapat dibagi menjadi dua kategori: UHT (suhu ultra-tinggi)/stabil di rak dan segar/didinginkan. Minuman UHT mengalami pemrosesan panas yang ekstensif untuk meningkatkan umur simpannya, sedangkan yang didinginkan tidak. Akibatnya, mereka datang dengan tanggal penggunaan dan pedoman penyimpanan yang berbeda.

Santan yang stabil di rak biasanya memiliki umur simpan enam hingga 12 bulan. Yang didinginkan cenderung memiliki tanggal penggunaan yang jauh lebih pendek, biasanya beberapa minggu sejak mereka diproduksi dan tetap segar selama sekitar satu minggu setelah dibuka.

Manfaat santan bagi Kesehatan

Selama beberapa dekade, lemak jenuh telah dianggap sebagai salah satu kontributor terbesar untuk obesitas, penyakit kardiovaskular dan kondisi degeneratif. Namun, penelitian lebih lanjut  mulai bertentangan dengan ini, menunjuk pada fakta bahwa korelasi antara kondisi kardiometabolik dan konsumsi lemak jenuh tetap lemah.

Ada juga bukti yang berkembang yang menunjukkan bahwa asam lemak yang ditemukan dalam minyak kelapa asam laurat dan asam lemak rantai menengah pada khususnya sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan kita.

Berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan, yaitu:

1. Imunoprotektif

Menurut ulasan yang diterbitkan dalam Journal of the Science of Food and Agriculture, asam laurat telah terbukti menunjukkan sifat antibakteri dan antivirus yang signifikan, sementara asam lemak rantai menengah, yang menyerupai lemak yang ditemukan dalam ASI manusia, dapat memainkan peran penting dalam mengatur lipid darah, meningkatkan fungsi kognitif,  melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan, serta mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

2. Menurunkan kolestrol buruk dan meningkatkan kolestrol baik

Jika dibandingkan dengan lemak hewani, konsumsi minyak kelapa secara teratur dapat menyebabkan kadar kolesterol lipoprotein jahat densitas rendah yang lebih rendah dan kadar kolesterol lipoprotein densitas tinggi 'baik' yang lebih tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh hasil meta-analisis yang diterbitkan dalam Nutrition Reviews.

Deit nabati sehat

Terlebih lagi, menurut ulasan yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science. Santan mengandung beberapa senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan lipid, protein, dan untaian DNA. Minuman ini juga cenderung diperkaya dengan kalsium, vitamin B12 dan vitamin D, yang dapat membantu vegan untuk menambah asupan nutrisi ini tanpa menggunakan suplementasi tambahan. Santan tanpa pemanis sebagian besar juga tidak mengandung karbohidrat dan gula, menjadikannya pilihan yang baik untuk orang-orang yang  menjalani diet rendah karbohidrat.

 

Bahan masakan dan minuman sehat

Menurut Statista, Susu almond dan santan sering dikaitkan memiliki manfaat hampir sama, berkinerja baik dalam berbagai pembuatan makanan dan minuman. Namun, santan cenderung memiliki rasa yang lebih kuat dan aroma yang lebih luar biasa yang dapat mengalahkan bahan-bahan lain, sehingga mungkin perlu digunakan lebih hemat dalam memasak. Susu almond mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi orang-orang yang tujuan utamanya adalah penurunan berat badan, sedangkan santan akan cocok untuk individu yang mengejar minuman yang lebih substansial.

Demikian artikel tentang  Komposisi Nutrisi Santan Kelapa dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Komposisi Nutrisi Santan Kelapa dan Manfaatnya"