Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Batas Konsumsi Kafien harian

Batas Konsumsi Kafien harian. Jika Anda mengandalkan kafein untuk membuat Anda tetap terjaga, Anda tidak sendirian. Jutaan orang mengandalkan kafein setiap hari untuk tetap terjaga, waspada dan meningkatkan konsentrasi.

Batas konsumsi kafien

Pixabay

Meskipun kita membutuhkannya, kita tetap saja harus mengikuti aturan kesehatan yang tepat.

Batas ideal konsumsi kafien yaitu Hingga 400 miligram (mg) kafein sehari, untuk orang dewasa yang paling sehat. 400 mg kafien atau sekitar 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman cola atau dua minuman berenergi. Perlu diingat bahwa kandungan kafein yang sebenarnya dalam minuman sangat bervariasi, terutama di antara minuman berenergi.

Kafein dalam bentuk bubuk atau cair dapat memberikan tingkat kafein yang beracun, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah memperingatkan. Hanya satu sendok teh kafein bubuk setara dengan sekitar 28 cangkir kopi. Kadar kafein yang tinggi tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan mungkin kematian.

Meskipun penggunaan kafein mungkin aman untuk orang dewasa, itu bukan ide yang baik untuk anak-anak. Remaja dan dewasa muda perlu diperingatkan tentang asupan kafein yang berlebihan dan mencampur kafein dengan alkohol dan obat-obatan lainnya.

Batas Konsumsi Kafien untuk Wanita

Wanita yang sedang hamil atau yang mencoba untuk menjadi hamil dan mereka yang menyusui harus berbicara dengan dokter mereka tentang membatasi penggunaan kafein untuk kurang dari 200 mg sehari.

Konsumsi kafein berat bagi diantara orang dewasa dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan. Kafein mungkin bukan pilihan yang baik untuk orang yang sangat sensitif terhadap efeknya atau yang minum obat-obatan tertentu. 

Akibat konsumsi kafien berlebihan

Anda mungkin ingin mengurangi jika Anda minum lebih dari 4 cangkir kopi berkafein sehari (atau yang setara) dan Anda memiliki efek samping seperti:
  1. Sakit kepala
  2. Insomnia
  3. Gugup
  4. Iritabilitas
  5. Sering buang air kecil atau ketidakmampuan untuk mengontrol buang air kecil
  6. Detak jantung cepat
  7. Tremor otot
  8. Bahkan sedikit membuat Anda gelisah

Setiap orang memiliki daya sensitif sendiri terhadap kafien. Jika Anda rentan terhadap efek kafein, bahkan dalam jumlah kecil dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti kegelisahan dan masalah tidur.

Bagaimana Anda bereaksi terhadap kafein dapat ditentukan sebagian oleh berapa banyak kafein yang biasa Anda minum. Orang yang tidak secara teratur minum kafein cenderung lebih sensitif terhadap efeknya.

Bagaimana Kafien mempengaruhi tidur?

Kafein, bahkan di sore hari, dapat mengganggu tidur Anda. Bahkan sejumlah kecil kehilangan tidur dapat menambah dan mengganggu kewaspadaan dan kinerja siang hari Anda.

Menggunakan kafein untuk menutupi kurang tidur dapat menciptakan siklus yang tidak diinginkan. Misalnya, Anda mungkin minum minuman berkafein karena Anda kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari. Tetapi kafein membuat Anda tidak tertidur di malam hari, mempersingkat lamanya waktu Anda tidur.

Catat Larangan minum kafien

Jangan konsumsi kafien ketika hendak mengambil obat atau suplemen tertentu

Beberapa obat dokter, obat herbal atau suplemen dapat berinteraksi dengan kafein. Contohnya meliputi:
  • Efedrin. Mencampur kafein dengan obat ini dalam dekongestan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke atau kejang.
  • Teofilin. Obat ini, yang digunakan untuk membuka saluran udara bronkial, cenderung memiliki beberapa efek seperti kafein. Jadi mengambil dengan kafein dapat meningkatkan efek samping kafein, seperti mual dan jantung berdebar-debar.
  • Echinacea. Suplemen herbal ini, yang kadang-kadang digunakan untuk mencegah pilek atau infeksi lain, dapat meningkatkan konsentrasi kafein dalam darah Anda dan dapat meningkatkan efek kafein yang tidak menyenangkan.

Berbicara dengan dokter atau apoteker tentang apakah kafein mungkin mempengaruhi obat-obatan Anda.

Akibat mengurangi kebiasaan konsumsi kafein

Baik itu karena salah satu alasan di atas atau karena Anda ingin memangkas pengeluaran Anda untuk minuman kopi, mengurangi kafein bisa jadi menantang. Penurunan kafein yang tiba-tiba dapat menyebabkan gejala penarikan, seperti sakit kepala, kelelahan, lekas marah dan kesulitan berfokus pada tugas. Untungnya, gejala-gejala ini biasanya ringan dan menjadi lebih baik setelah beberapa hari.

Cara mengubah kebiasaan konsumsi kafein

Beberapa tips ini dapat anda coba, yaitu:
  • Mulailah memperhatikan berapa banyak kafein yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman, termasuk minuman berenergi. Baca label dengan cermat. Tetapi ingat bahwa perkiraan Anda mungkin sedikit rendah karena beberapa makanan atau minuman yang mengandung kafein tidak mencantumkannya.
  • Kurangi secara bertahap. Misalnya, minum satu kaleng soda lebih sedikit atau minum secangkir kopi yang lebih kecil setiap hari. Atau hindari minum minuman berkafein di penghujung hari. Ini akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan tingkat kafein yang lebih rendah dan mengurangi potensi efek penarikan.
  • Pergi tanpa kafein. Jika anda selalu membawa minuman kafien anda, cobalah untuk membawa monuman non kafien.
  • Saat membuat teh, seduh lebih lama. Ini mengurangi kandungan kafeinnya. Atau pilihlah teh herbal yang tidak mengandung kafein.
  • Periksa botolnya. Beberapa minuman pereda nyeri yang dijual secara bebas mengandung kafein. Cari pereda nyeri bebas kafein sebagai gantinya.

Catatan penting dari kafien

Jika Anda seperti kebanyakan orang dewasa, kafein adalah bagian dari rutinitas harian Anda. Biasanya, itu tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Tetapi kemungkinan efek samping kafein pasti asa dan cobalah untuk mengurangi jika perlu.



Post a Comment for "Batas Konsumsi Kafien harian"