Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Kurkumin? Manfaat dan Sumber Utamanya.

Apa Itu Kurkumin? Manfaat dan Sumber Utamanya. Kurkumin adalah zat berwarna kuning yang ditemukan dalam akar kunyit. Anda mungkin lebih akrab dengan kunyit sebagai rempah-rempah yang memberi banyak kari warna kuning cerah mereka. Kurkumin telah terbukti mengurangi pembengkakan (peradangan) dan meredakan rasa sakit sesekali.

Apakah kita harus sedia curcumin?

Curcumin tampaknya menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Penelitian mendukung penggunaannya sebagai antioksidan. Curcumin suplemen diet sering digunakan untuk membantu meringankan rasa sakit dan nyeri sesekali.

Menyadari bahwa tidak semua kurkumin diserap dengan baik. Penelitian menunjukkan bahwa kurkumin yang terikat untuk fosfolipid, disebut fitosom, telah meningkatkan penyerapan dan mengakibatkan peningkatan kadar kurkumin dalam darah. Ini berarti Anda dapat mengambil lebih sedikit untuk menerima manfaat yang sama.

Baca juga: Curcumin sebagai obat kanker

Apa saja sumber kurkumin?

Kunyit tanaman, yang digunakan sebagai bumbu dalam memasak dan merupakan konstituen dari bubuk kari, adalah sumber utama kurkumin. Kunyit bubuk adalah tentang tiga persen kurkumin, jadi jika Anda secara teratur mengkonsumsi kari, Anda menerima beberapa curcumin's yang bermanfaat bagi kesehatan. Jumlah yang lebih tinggi tersedia dalam suplemen makanan.

Produk curcumin yang di kelola oleh sainspedia bekerjasama dengan idnfarmers.com 👉  Pesan

Persentase kurkumin pada beberapa sumber: (Chattopadhyay et al., 2004). 

  • Kunyit (Curcuma longa) adalah 3-8%
  • Kunyit putih (Curcuma zedoaria) 0,1%
  • Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) 1,2% 

Bagaimana kurkumin dapat mempengaruhi kesehatan?

Curcumin tambahan dapat menguntungkan Anda dalam beberapa cara:

  • Membantu menjaga respons inflamasi yang sehat di berbagai bagian tubuh
  • Memberikan dukungan antioksidan
  • Memberikan dukungan untuk kesehatan sendi, mata, saluran cerna, hati, prostat, dan saraf
  • Memberikan kelegaan dari rasa sakit sesekali

Berapa banyak kurkumin harus kita ambil?

Jika Anda mengambil kurkumin yang tidak dimodifikasi, jumlah umum yang dianjurkan adalah 3,000 untuk 12,000 mg sehari (3-12 gram).

Jika Anda mengambil kurkumin terikat untuk phytosome seperti Meriva, jumlah yang dianjurkan dapat 500 untuk 2,000 mg sehari karena bentuk ini lebih mudah diserap.


Apa Efek samping dari curcumin?

Studi kurkumin umumnya telah menunjukkan itu untuk ditoleransi dengan baik, bahkan pada dosis tinggi (hingga 8,000 mg sehari). Namun, dosis lebih dari 6,000 miligram sehari dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan sekala ringan, seperti gas dan tinja longgar atau kuning. Jika Anda mengalami gejala reaksi alergi, berhenti mengambil kurkumin dan mencari perhatian medis.


Apakah aman mencampur kurkumin dengan obat lain?

Curcumin dapat berinteraksi dengan berbagai obat, yang dapat:

  • Meningkatkan risiko gula darah rendah (hipoglikemia) untuk individu yang menggunakan obat anti diabetes
  • Meningkatkan risiko perdarahan jika digunakan dengan obat pengencer darah (antikoagulan), seperti aspirin, clopidogrel (Plavix), ibuprofen (Advil, Motrin IB), heparin, warfarin (Coumadin, Jantoven) dan lain-lain
  • Berinteraksi dengan obat talinolol dan sulfasalzine (Azulfidine EN-tabs)
  • Berinteraksi dengan obat kemoterapi tertentu

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil curcumin suplemen diet, pertama periksalah dengan profesional perawatan kesehatan Anda pertama, terutama jika Anda sedang hamil atau memiliki kondisi kesehatan.


Post a Comment for "Apa Itu Kurkumin? Manfaat dan Sumber Utamanya. "