Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Diet Dash? Diet untuk orang Hipertensi

Apa itu Diet Dash? Diet untuk orang Hipertensi. Diet Dash pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Diet Dash adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau diet untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi hampir setengah dari semua orang Amerika, dan didefinisikan sebagai tekanan darah sistolik lebih besar dari 130 mmHg atau tekanan darah diastolik lebih besar dari 80 mmHg, menurut CDC. Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai organ di seluruh tubuh dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satunya yaitu dengan diet DASH yang menawarkan cara berbasis nutrisi yang bagus untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi tanpa perlu membuat perubahan dramatis pada makanan yang Anda konsumsi.

Baca juga: Puasa menurunkan tekanan darah 

Diet DASH berfokus pada pengurangan konsumsi daging merah dan makanan olahan yang tinggi garam dan gula, serta meningkatkan jumlah kalium, magnesium, dan kalsium. Kalium, magnesium, dan kalsium yang merupakan mineral penting dalam pengaturan tekanan darah dengan berperan dalam relaksasi dan kontraksi pembuluh darah. Selain itu, kalium memiliki efek membersihkan natrium dalam tubuh, jadi semakin banyak kalium yang Anda makan, semakin banyak natrium yang hilang melalui urin, menurut American Heart Association.

Mekanisme kerja Diet Dash 


Sebuah tinjauan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa menurunkan natrium mungkin bermanfaat bagi mereka yang mengalami hipertensi pra dan stadium 1 (tekanan darah tinggi). Studi tersebut menunjukkan bahwa diet DASH dapat digunakan sebagai metode intervensi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan membantu mencegah mereka yang memiliki tekanan darah tinggi mengembangkan kondisi kesehatan sekunder.

Ahli diet terdaftar, terapis makanan dan konsultan nutrisi, Laura Clark, menjelaskan karakteristik utama dari diet DASH. "Ini adalah diet yang kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, unggas, kacang-kacangan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu rendah lemak," katanya. “Penekanan dengan diet DASH adalah pengurangan daging merah dan makanan olahan yang lebih tinggi garam dan gula. Tidak ada larangan mutlak dalam diet ini - ini tentang mendapatkan keseimbangan yang lebih baik terhadap makanan yang telah terbukti membantu dan mengurangi asupan garam hingga di bawah 6 gram per hari.”

Cara lain bagaimana diet dash menurunkan tekanan darah

Meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, seperti yang direkomendasikan oleh diet DASH, akan membantu meningkatkan asupan serat makanan, yang pada gilirannya memberi Anda rasa kenyang dan kenyang saat Anda makan. Seringkali rasa lapar dan kurangnya kepuasan menyebabkan pelaku diet berhenti, jadi penting untuk membantu menjaga rasa lapar dan motivasi tetap tinggi.

Penyelidikan Journal of Nutrition tentang peran serat dalam penurunan berat badan menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mereka yang obesitas untuk mematuhi diet pembatasan kalori. Karena obesitas sering merupakan kondisi yang ditemukan bersamaan dengan tekanan darah tinggi, penurunan berat badan secara keseluruhan dapat bermanfaat dalam membantu mengobati gejala keduanya, dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

 Demikian artikel tentang Apa itu Diet Dash? Diet untuk orang Hipertensi. Semoge bermanfaat

Post a Comment for "Apa itu Diet Dash? Diet untuk orang Hipertensi"