Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Suara Lingkungan Planet Mars

Inilah Suara Lingkungan Planet Mars.  Selama 50 tahun operasi di Mars, probe antarplanet telah mengembalikan ribuan gambar permukaan Mars yang mencolok, tetapi belum ada satu suara pun yang mencoba merekam suara Maras. Sekarang, misi oleh NASA secara khusus untuk pertama kali merekam suara di Mars. Tim ilmiah dengan instrumen SuperCam2 Prancis-AS yang dipasang di Perseverance yakin bahwa studi tentang soundscape Mars dapat memajukan pemahaman kita tentang planet ini. Tantangan ilmiah ini membuat mereka merancang mikrofon yang didedikasikan untuk penjelajahan Mars, di ISAE-SUPAERO di Toulouse, Prancis.


Proses Penelitian


Instrumen ini pertama kali merekam suara dari Planet Merah pada 19 Februari 2021, sehari setelah kedatangannya. Suara-suara ini termasuk dalam spektrum yang dapat didengar manusia, antara 20 Hz dan 20 kHz. Pertama-tama, mereka mengungkapkan bahwa Mars sunyi, bahkan sangat sunyi sehingga pada beberapa kesempatan para ilmuwan mengira mikrofon tidak lagi berfungsi. Jelas bahwa, selain angin, sumber suara alami jarang ditemukan.

Selain suara alam, para ilmuwan juga berfokus pada suara yang dihasilkan oleh rover itu sendiri, termasuk gelombang kejut yang dihasilkan oleh dampak laser SuperCam pada bebatuan, dan penerbangan oleh helikopter Ingenuity. Dengan mempelajari propagasi suara-suara ini di Mars, yang perilakunya dipahami dengan sangat baik di Bumi, mereka mampu secara akurat mengkarakterisasi sifat akustik atmosfer Mars.

Hasil Penemuan

Para peneliti menunjukkan bahwa kecepatan suara di Mars lebih rendah yaitu sekitar: 240 m/s, dibandingkan dengan di bumi 340 m/s. Namun, hal yang paling mengejutkan adalah ternyata sebenarnya ada dua kecepatan suara di Mars, satu untuk suara bernada tinggi dan satu untuk frekuensi rendah.

Redaman suara lebih besar di Mars daripada di Bumi, terutama untuk frekuensi tinggi, yang, tidak seperti frekuensi rendah, dilemahkan dengan sangat cepat, bahkan pada jarak pendek. Semua faktor yang berbeda ini akan mempersulit dua orang yang berdiri hanya berjarak lima meter untuk melakukan percakapan. Mereka disebabkan oleh komposisi atmosfer Mars (96% CO2, dibandingkan dengan 0,04% di Bumi) dan tekanan permukaan atmosfer yang sangat rendah (170 kali lebih rendah daripada di Bumi).

Setelah satu tahun misi, total lima jam rekaman lingkungan akustik telah diperoleh. Analisis mendalam dari suara-suara ini telah membuat suara yang dihasilkan oleh turbulensi atmosfer Mars terlihat. Studi tentang turbulensi ini, pada skala 1000 kali lebih kecil dari apa pun yang diketahui sebelumnya, seharusnya meningkatkan pengetahuan kita tentang interaksi atmosfer dengan permukaan Mars. Di masa depan, penggunaan robot lain yang dilengkapi dengan mikrofon dapat membantu kita untuk lebih memahami atmosfer planet.

SuperCam dikembangkan oleh LANL (Los Alamos National Laboratory, USA) dan konsorsium laboratorium yang berafiliasi dengan CNRS dan universitas serta lembaga penelitian Prancis. CNES bertanggung jawab kepada NASA atas kontribusi Prancis untuk SuperCam.

Mikrofon juga berfungsi sebagai stetoskop untuk rover karena memberikan diagnosis akustik tentang kesehatannya.Kira-kira 240 m/s untuk frekuensi di bawah 240 Hz, dan 250 m/s di atas

Demikian Review penelitian terbaru  Inilah Suara Lingkungan Planet Mars. Semoga menjadi tambahan pengetahuan bagi saintis!

Jurnal Referensi:

  • S. Maurice, B. Chide, N. Murdoch, etc. In situ recording of Mars soundscape. Nature, 2022; DOI: 10.1038/s41586-022-04679-0
  • https://mars.nasa.gov/resources/25713/first-audio-recording-of-sounds-on-mars/

Post a Comment for " Inilah Suara Lingkungan Planet Mars "