Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Tren teknologi Bersih 2022-2023 (Green Teknologi)

Tren teknologi bersih 2022-2023 (Green Teknologi). Secara sederhana, teknologi hijau mengacu pada tindakan apa pun yang dilakukan untuk mengurangi, atau idealnya menghilangkan konsekuensi lingkungan yang negatif sambil mempromosikan kemajuan ekonomi dan sosial.

Teknologi hijau adalah teknologi terbaru yang ramah lingkungan yang dapat menjadi solusi bagi teknologi sebelumnya, atau menyembuhkan efek dari kerusakan lingkungan.

Sumber daya alam harus dilestarikan atau dihindari sedapat mungkin, dan teknologi hijau selalu tentang mengatasi kebutuhan untuk mempertahankan sumber daya yang tidak terbarukan ini.

Teknologi hijau berupaya menghilangkan atau mengurangi polusi dan limbah secara signifikan sekaligus meningkatkan produksi dan efisiensi. Modifikasi ini harus dilakukan pada setiap tahap siklus hidup produk atau proses.

Seringkali, frasa "teknologi hijau" digunakan secara sinonim dengan "teknologi bersih" atau "teknologi berkelanjutan". Ini adalah ungkapan luas yang mencakup berbagai perilaku yang bermanfaat secara ekologis.


Tren Teknologi Ramah Lingkungan

Beberapa contoh Green teknologi dan alkan terus menjadi tren di 2022-2023, yaitu: makeanapplike

1. Hidroponik

Hidroponik adalah salah satu metode untuk menemukan solusi praktik pertanian cerdas yang dapat mengurangi efek pemanasan global. Inovasi lingkungan semacam ini menghasilkan tanaman tanpa memanfaatkan tanah dan sebaliknya mengandalkan air yang kaya nutrisi. Hidroponik membutuhkan lebih sedikit area daripada pertanian konvensional, tanaman dapat diproduksi di mana saja tanpa membuka lahan baru, lebih sedikit air yang digunakan, dan tidak ada kendala musiman. 


2. Energi matahari



Penggunaan energi juga berkontribusi signifikan terhadap perubahan iklim, menjadikan pengganti bahan bakar fosil dan bahan tak terbarukan sebagai potensi yang luar biasa. Energi surya menghasilkan listrik dengan menyerap sinar matahari melalui panel surya.


3. Transportasi listrik 

Transportasi berkontribusi signifikan terhadap emisi rumah kaca, yang pada akhirnya berkontribusi pada pemanasan global. Pada 2019, transportasi menyumbang 29% emisi gas rumah kaca di Amerika Serikat. Untuk sesuatu yang kita gunakan setiap hari, menakutkan untuk mempertimbangkan pengaruh transportasi terhadap ekosistem kita. Untungnya, moda transportasi yang lebih berkelanjutan dapat diakses; solusi seperti mobil listrik sekarang tersedia secara luas dan digunakan secara luas di seluruh dunia.


4. Daur Ulang Bahan

Meskipun ini mungkin tampak seperti strategi sederhana, daur ulang adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan upaya keberlanjutan. Daur ulang memiliki banyak bentuk apakah itu konsumen menggunakan kembali botol untuk mengurangi sampah plastik atau bisnis yang menggunakan kembali barang-barang yang ditinggalkan, daur ulang adalah pengubah permainan untuk keberlanjutan.

Beberapa teknologi berkelanjutan dan ramah lingkungan lainnya, yaitu: ennomotive 


5. Tangki Air Hujan Langsung ke Pipa

Masukkan air hujan yang dipanen, hujan diarahkan ke tangki air hujan melalui daerah tangkapan air dan sejumlah pipa. Karena hujan itu sendiri adalah bersih, tidak perlu banyak waktu untuk memurnikannya sekali lagi dari partikel kotoran, bakteri, dan virus. 


6. Teknologi Daur Ulang Air bekas 


Teknologi ini, yang paling baik dipasang bersama dengan sistem pemanenan air hujan, memungkinkan seseorang untuk menggunakan kembali air yang baru saja digunakan untuk pekerjaan lain.


7. Teknologi Pemanenan Tenaga Angin


Saat ini sejumlah perusahaan multinasional dewasa ini telah membuat, atau sedang bertransisi, ke teknologi pemanenan tenaga surya dan angin. Bagaimanapun, tenaga surya dan angin adalah sumber energi bersih yang terbarukan.


8. Pencahayaan LED dan CFL


Bohlam LED dan CFL lebih baik daripada bohlam lama dalam tiga cara: Mereka lebih cerah, Membutuhkan lebih sedikit energi untuk berfungsi, Bertahan lebih lama

9. Plastik biodegradable


Plastic biodegredible jauh lebih aman bagi lingkungan karena dapat terurai pada waktunya.


10. Peralatan Latihan Non-listrik atau Daya Rendah

Tantanganpenggunaan energi dalam peralatan kebugaran sekarang dapat diselesaikan dengan menggunakan versi non-listrik dari peralatan olahraga tertentu. Dengan peralatan ini, gym dapat menghemat uang untuk energi, dan pada saat yang sama, membantu menyelamatkan lingkungan.


Beberapa teknologi ramah lingkungan green teknologi lainnya, yaitu: tecamgroup


11. Penghapusan emisi industry

Masalah terbesar dalam teknologi ramah lingkungan bagi industry besar adalah polusi, engan pengelolaan polutan udara di industri dapat secara signifikan mengurangi efek rumah kaca. 

12. Bangunan mandiri

Bangunan mandiri adalah bangunan yang mampu menghasilkan energi sendiri tanpa memerlukan kontribusi dari luar. Salah satu caranya adalah melapisi permukaan dengan panel fotovoltaik yang sama dengan menggabungkan sistem pelacakan surya yang cerdas. 

13. Konversi Limbah menjadi Energi

Pembangkitan energi dari sampah, disebut juga Waste-to-Energy, adalah teknologi yang menghasilkan energi dari sampah.

14. Pembangkitan energi dari gelombang

Pabrik pengelolaan energi gelombang pertama dibangun di Aguçadoura, Portugal, 8 kilometer dari pantai. Pembangkit ini memiliki kapasitas 2,25 MW dan mampu memasok listrik hingga 1500 rumah.


15. Kendaraan bebas Gas

Kendaraan yang tidak mengeluarkan gas\ Dikenal sebagai kendaraan ekologis, mereka disebut demikian karena penggunaannya tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan berkontribusi dalam mengurangi keberadaan gas pencemar di atmosfer,


16. Kebun dan pertanian vertical

Taman vertikal tidak memerlukan rutinitas penyiraman yang melibatkan penggunaan air yang tidak perlu, dan karena dipasang di sepanjang dinding, taman ini mengurangi polusi pendengaran yang datang dari luar dan bahkan yang dapat Anda hasilkan.


17. Ketel gas alam

Gas alam, meskipun juga merupakan bahan bakar fosil, memiliki kekhasan yang hampir tidak memancarkan gas beracun seperti nitrogen oksida, partikel, karbon monoksida atau Sulfur.

Beberapa cara teknologi berkelanjutan dapat mempengaruhi perubahan adalah sebagai berikut:

Energi berkelanjutan – sejumlah teknologi teknologi bersih berkontribusi pada pengembangan dan penggunaan energi berkelanjutan. Listrik ada di mana-mana di seluruh dunia, dan penemuan termasuk generator angin, panel surya, bahkan energi panas bumi memiliki potensi untuk membuat dampak yang signifikan.

Minimisasi sampah — di dunia yang kehabisan ruang dengan cepat, sangat penting untuk meminimalkan sampah yang diangkut ke tempat pembuangan sampah. Teknologi bersih dapat dikaitkan dengan segala upaya untuk mengurangi timbulan sampah, termasuk daur ulang.

Kualitas air – Meskipun sering diabaikan, kualitas air merupakan masalah lingkungan yang utama. Banyak bisnis berusaha menghemat air dan memasok air minum yang aman ke daerah-daerah tertinggal. Cleantech dapat diterapkan pada air dalam berbagai cara, termasuk pengolahan air termasuk pengolahan air limbah.

Demikian artikel tentang 17 Tren teknologi Bersih 2022-2023 (Green Teknologi). Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "17 Tren teknologi Bersih 2022-2023 (Green Teknologi)"