Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Karyawisata bagi Siswa, dapat Meningkatkan Prestasi

Kurikulum dengan jadwal kelas yang padat hanya memberi satu kepentingan yaitu menyelesaikan materi pembelajaran, namun dari berbagai penelitian, hal semacam itu tidak efektif meningkatkan nilai pemahaman siswa terhadap materi.


Disisi lain, memperbanyak pembelajaran langsung di luar kelas, memberi ruang gerak lebih luas pada siswa dapat memberi nilai positif pada tingkat pemahaman siswa.

Baru-baru ini penelitian dari BYU, Universitas Johns Hopkins, dan Heritage Foundation, menambah bukti empiris dimana nilai kunjungan lapangan dapat dipahami dan diukur. Studi yang dipublikasikan di The Journal of Human Resources menemukan bahwa siswa yang berpartisipasi dalam beberapa kunjungan lapangan selama tahun ajaran memiliki nilai ujian yang lebih tinggi, kinerja yang lebih baik di kelas, dan kesadaran budaya yang meningkat dari waktu ke waktu.

"Berlawanan dengan praktik di mana sekolah, menghadapi tekanan akuntabilitas, menukar ekstrakurikuler untuk menambah waktu duduk, kami menemukan bahwa tidak ada salahnya bagi akademisi dengan mengambil waktu di luar kelas," kata Heidi Holmes Erickson, asisten profesor kepemimpinan pendidikan di BYU dan penulis utama dari studi. "Ada kemungkinan untuk mengekspos siswa ke dunia yang lebih luas dan memiliki kurikulum yang memperkaya budaya tanpa mengorbankan hasil akademik, dan itu sebenarnya dapat meningkatkan hasil akademik."

Studi ini menggunakan desain eksperimental dan secara acak menugaskan siswa kelas empat dan lima dari 15 sekolah dasar di Atlanta, Georgia, untuk berpartisipasi dalam tiga perjalanan lapangan yang memperkaya budaya selama satu tahun ajaran. Kunjungan lapangan termasuk perjalanan ke museum seni, pertunjukan teater langsung dan konser simfoni.

Siswa yang menghadiri tiga karyawisata yang berbeda di kelas empat atau lima mendapat nilai lebih tinggi pada ujian akhir kelas, menerima nilai kursus yang lebih tinggi, lebih jarang absen dan memiliki lebih sedikit pelanggaran perilaku. Manfaat ini paling kuat ketika siswa memasuki sekolah menengah.

"Kami mengantisipasi bahwa karyawisata tidak akan merusak nilai ujian. Namun, kami mulai melihat peningkatan akademik dan menyadari bahwa siswa yang berpartisipasi dalam karyawisata ini berprestasi lebih baik di kelas," kata Erickson. "Salah satu alasan potensial untuk ini adalah bahwa karyawisata memperluas konsep dunia siswa dan memaparkan mereka pada ide-ide baru. Demikian pula, siswa mungkin lebih terlibat di sekolah berkat karyawisata. Siswa menemukan sekolah lebih menarik dan ingin berusaha lebih keras di kelas."

Selain peningkatan akademik, siswa yang mengikuti beberapa karyawisata memiliki 12% standar deviasi lebih mungkin untuk mengungkapkan keinginan untuk mengkonsumsi seni di masa depan dan hampir 14% dari standar deviasi lebih mungkin untuk setuju dengan pernyataan, " Saya percaya orang dapat memiliki pendapat berbeda tentang hal yang sama."

Para peneliti mengatakan ini adalah lebih banyak bukti bahwa kunjungan lapangan bermanfaat tidak hanya untuk keberhasilan akademis tetapi juga untuk pengembangan karakter individu.

"Orang tua sangat tertarik dengan kualitas akademik sekolah anak mereka, tetapi mereka juga tertarik pada keterampilan sosial dan kebiasaan keterlibatan sosial yang mereka kembangkan. Kunjungan lapangan budaya adalah cara mudah untuk membantu memfasilitasi keduanya."

Erickson mengatakan dia berharap penelitian ini akan menjadi sumber daya bagi pembuat kebijakan dan kepala sekolah yang tertarik untuk meningkatkan pertumbuhan anak-anak selama pengalaman sekolah anak-anak. Ketika dipertimbangkan dalam konteks pandemi, dia mengatakan penelitian ini harus menjadi peringatan bagi administrator yang mempertimbangkan untuk menghilangkan peluang di luar kelas.

Studi ini perlu jadi refrensi para pemberi kebijakan, pembuat kurikulum pembelajaran full time, mentri pendidikan, kepala sekolah dan terkait.

Jurnal Referensi:
  • Heidi H. Erickson, Angela R. Watson, Jay P. Greene. 2022. An Experimental Evaluation of Culturally Enriching Field Trips. Journal of Human Resources, 2022; 1020-11242R1 DOI: 10.3368/jhr.1020-11242R1



Post a Comment for "Manfaat Karyawisata bagi Siswa, dapat Meningkatkan Prestasi "