Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

64.100 Spesies Pohon di Bumi dan 14% Belum Ditemukan

Hi saintis! Mungkin ini menjadi pertanyaan juga bagi anda, berapa banyak spesies pohon dibumi saat ini berdasarkan hasil penelitian. Studi terbaru yang melibatkan lebih dari 100 ilmuwan dari seluruh dunia dengan database hutan besar memperkiraan ada sekitar 73.000 spesies pohon di Bumi, termasuk sekitar 9.200 spesies yang belum ditemukan.


Perkiraan global sekitar 14% lebih tinggi dari jumlah spesies pohon yang diketahui saat ini belum ditemukan. Sebagian besar spesies yang belum ditemukan cenderung langka, dengan populasi yang sangat rendah dan distribusi spasial yang terbatas, menurut studi.

Itu membuat spesies yang belum ditemukan sangat rentan terhadap gangguan yang disebabkan manusia seperti deforestasi dan perubahan iklim, menurut penulis penelitian, yang mengatakan temuan baru akan membantu memprioritaskan upaya konservasi hutan.

"Hasil ini menyoroti kerentanan keanekaragaman hayati hutan global terhadap perubahan antropogenik, terutama penggunaan lahan dan iklim, karena kelangsungan hidup taksa langka secara tidak proporsional terancam oleh tekanan ini," kata ahli ekologi hutan Universitas Michigan Peter Reich, salah satu dari dua penulis senior sebuah makalah yang diterbitkan pada 31 Januari di Proceedings of the National Academy of Sciences.

"Dengan menetapkan tolak ukur kuantitatif, penelitian ini dapat berkontribusi pada upaya konservasi pohon dan hutan serta penemuan pohon baru di masa depan, spesies terkait di bagian dunia tertentu," kata Reich, direktur Institute for Global Change Biology di UM's Sekolah Lingkungan dan Keberlanjutan.

Untuk penelitian ini, para peneliti menggabungkan data kelimpahan dan kemunculan pohon dari dua kumpulan data global, satu dari Inisiatif Keanekaragaman Hayati Hutan Global dan yang lainnya dari TREECHANGE -- yang menggunakan data petak hutan yang bersumber dari tanah. Basis data gabungan menghasilkan total 64.100 spesies pohon yang terdokumentasi di seluruh dunia, jumlah yang mirip dengan penelitian sebelumnya yang menemukan sekitar 60.000 spesies pohon di planet ini.

"Kami menggabungkan kumpulan data individu menjadi satu kumpulan data global yang sangat besar dari data tingkat pohon," kata penulis senior studi lainnya, Jingjing Liang dari Universitas Purdue, koordinator Inisiatif Keanekaragaman Hayati Hutan Global.

"Setiap set berasal dari seseorang yang pergi ke tegakan hutan dan mengukur setiap pohon, mengumpulkan informasi tentang spesies pohon, ukuran dan karakteristik lainnya. Menghitung jumlah spesies pohon di seluruh dunia seperti teka-teki dengan potongan-potongan yang tersebar di seluruh dunia. "

Setelah menggabungkan kumpulan data, para peneliti menggunakan metode statistik baru untuk memperkirakan jumlah total spesies pohon unik pada skala bioma, benua, dan global termasuk spesies yang belum ditemukan dan dijelaskan oleh para ilmuwan. Bioma adalah jenis komunitas ekologi utama, seperti hutan hujan tropis, hutan boreal atau sabana.

Perkiraan konservatif mereka tentang jumlah total spesies pohon di Bumi adalah 73.274, yang berarti kemungkinan ada sekitar 9.200 spesies pohon yang belum ditemukan, menurut para peneliti, yang mengatakan studi baru mereka menggunakan kumpulan data yang jauh lebih luas dan metode statistik yang lebih maju. daripada upaya sebelumnya untuk memperkirakan keanekaragaman pohon di planet ini. Para peneliti menggunakan perkembangan teknik modern yang pertama kali dirancang oleh matematikawan Alan Turing selama Perang Dunia II untuk memecahkan kode Nazi, kata Reich.

Kira-kira 40% spesies pohon yang belum ditemukan lebih banyak daripada di benua lain mana pun kemungkinan besar berada di Amerika Selatan, yang disebutkan berulang kali dalam penelitian ini sebagai signifikansi khusus untuk keanekaragaman pohon global.

Amerika Selatan juga merupakan benua dengan perkiraan jumlah spesies pohon langka tertinggi (sekitar 8.200) dan persentase perkiraan tertinggi (49%) spesies pohon endemik benua artinya spesies hanya ditemukan di benua itu.

Titik panas spesies pohon Amerika Selatan yang belum ditemukan kemungkinan termasuk hutan lembab tropis dan subtropis di lembah Amazon, serta hutan Andes pada ketinggian antara 1.000 meter (sekitar 3.300 kaki) dan 3.500 meter (sekitar 11.480 kaki).

“Di luar 27.000 spesies pohon yang diketahui di Amerika Selatan, mungkin ada sebanyak 4.000 spesies lain yang belum ditemukan di sana. Sebagian besar dari mereka mungkin endemik dan terletak di titik-titik panas keanekaragaman di lembah Amazon dan antarmuka Andes-Amazon,” kata Reich, yang direkrut oleh Inisiatif Biosains UM dan bergabung dengan fakultas pada musim gugur yang lalu dari University of Minnesota, di mana ia memiliki dua janji.

“Ini menjadikan konservasi hutan sebagai prioritas utama di Amerika Selatan, terutama mengingat krisis hutan tropis saat ini dari dampak antropogenik seperti deforestasi, kebakaran, dan perubahan iklim,” katanya.

Di seluruh dunia, kira-kira setengah hingga dua pertiga dari semua spesies pohon yang telah diketahui terdapat di hutan lembab tropis dan subtropis, yang kaya akan spesies dan kurang dipelajari oleh para ilmuwan. Hutan kering tropis dan subtropis kemungkinan juga menyimpan sejumlah besar spesies pohon yang belum ditemukan.

"Pengetahuan yang luas tentang kekayaan dan keanekaragaman pohon adalah kunci untuk menjaga stabilitas dan fungsi ekosistem," kata penulis utama studi Roberto Cazzolla Gatti dari University of Bologna di Italia.

Hutan menyediakan banyak "jasa ekosistem" bagi umat manusia secara gratis. Selain memasok kayu, kayu bakar, serat dan produk lainnya, hutan membersihkan udara, menyaring air, dan membantu mengendalikan erosi dan banjir. Mereka membantu melestarikan keanekaragaman hayati, menyimpan karbon pemanasan iklim, dan mempromosikan pembentukan tanah dan siklus nutrisi sambil menawarkan kesempatan rekreasi seperti hiking, berkemah, memancing, dan berburu.

Jurnal Referensi:
  • Roberto Cazzolla Gatti et al. 2022. The number of tree species on Earth. PNAS, 2022 DOI: 10.1073/pnas.2115329119



Post a Comment for "64.100 Spesies Pohon di Bumi dan 14% Belum Ditemukan "