Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekanan Darah yang Optimal Membantu Otak 6 Bulan Lebih Muda

Tekanan darah normal didefinisikan sebagai tekanan di bawah 120/80, sedangkan tekanan darah yang optimal dan sehat mendekati 110/7

Orang dengan tekanan darah tinggi meskipun dalam kisaran normal berisiko mengalami percepatan penuaan otak, menurut penelitian baru. Penelitian ini juga menemukan tekanan darah yang optimal membantu otak kita tetap setidaknya enam bulan lebih muda dari usia kita yang sebenarnya.

Studi Australian National University (ANU), yang diterbitkan di Frontiers in Aging Neuroscience, menemukan peserta dengan tekanan darah tinggi memiliki otak yang lebih tua dan karenanya kurang sehat, meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan demensia. Termasuk Peserta dengan tekanan darah tinggi, meskipun dalam kisaran normal, juga memiliki otak yang tampak lebih tua dan berisiko mengalami masalah kesehatan.

Penelitian baru muncul setelah sebuah studi internasional besar menemukan jumlah orang di atas 30 tahun dengan tekanan darah tinggi meningkat dua kali lipat secara global.


Ahli jantung dan rekan penulis studi, Profesor Walter Abhayaratna, mengatakan jika kita mempertahankan tekanan darah yang optimal, otak kita akan tetap lebih muda dan lebih sehat seiring bertambahnya usia.

"Penting bagi kita untuk memperkenalkan perubahan gaya hidup dan pola makan sejak dini untuk mencegah tekanan darah kita naik terlalu tinggi, daripada menunggu sampai menjadi masalah," katanya.

"Dibandingkan dengan orang dengan tekanan darah tinggi 135/85, seseorang dengan pembacaan optimal 110/70 ditemukan memiliki usia otak yang tampak lebih dari enam bulan lebih muda pada saat mereka mencapai usia paruh baya."

Tim ANU, bekerja sama dengan rekan-rekan di Australia, Selandia Baru dan Jerman, memeriksa lebih dari 2.000 pemindaian otak dari 686 orang sehat berusia 44 hingga 76 tahun.

Tekanan darah para peserta diukur hingga empat kali selama periode 12 tahun. Pemindaian otak dan data tekanan darah digunakan untuk menentukan usia otak seseorang, yang merupakan ukuran kesehatan otak.

Penulis utama, Profesor Cherbuin, mengatakan temuan itu menyoroti perhatian khusus bagi kaum muda berusia 20-an dan 30-an untuk menjaga tekanan darah sebelum peningkatan tekanan darah berdampak pada otak.

"Dengan mendeteksi dampak peningkatan tekanan darah pada kesehatan otak orang berusia 40-an dan lebih tua, kita asumsikan bahwa kerentanan otak sebagai efek dari peningkatan tekanan darah mulai meningkat selama bertahun-tahun dan dapat dimulai pada usia 20-an.

Profesor Abhayaratna mengatakan temuan penelitian menunjukkan perlunya setiap orang, termasuk kaum muda, untuk memeriksa tekanan darah mereka secara teratur.

"Orang dewasa harus mengambil kesempatan untuk memeriksa tekanan darah mereka setidaknya setahun sekali ketika mereka menemui dokter umum mereka, dengan tujuan untuk memastikan bahwa tekanan darah target mereka mendekati 110/70, terutama pada kelompok usia muda dan menengah," katanya.

"Jika tingkat tekanan darah Anda meningkat, Anda harus mengambil kesempatan untuk berbicara dengan dokter umum Anda tentang cara-cara untuk mengurangi tekanan darah Anda, termasuk modifikasi faktor gaya hidup seperti diet dan aktivitas fisik."

Para peneliti sekarang menyerukan pedoman kesehatan nasional diperbarui untuk mencerminkan temuan penting mereka.

Jurnal Referensi:
  • Nicolas Cherbuin, Erin I. Walsh, Marnie Shaw, Eileen Luders, Kaarin J. Anstey, Perminder S. Sachdev, Walter P. Abhayaratna, Christian Gaser. Optimal Blood Pressure Keeps Our Brains Younger. Frontiers in Aging Neuroscience, 2021; 13 DOI: 10.3389/fnagi.2021.694982

Post a Comment for "Tekanan Darah yang Optimal Membantu Otak 6 Bulan Lebih Muda"