Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Bebek Kesturi Australia yang Mengeluarkan bau Musky dan dapat Meniru Suara.

Jika anda ke australia mungkin anda tidak akan melewatkan salah satu bebek kesturi Australia jika melihatnya. Nama ini berasal dari bau musky yang dihembuskan bebek selama musim kawin, dan jantan memiliki cuping hitam besar di bawah paruhnya.

Namun keunikannya tidak hanya sampai dapat mengeluarkan bau harum musky, tapi juga diketahui dapat meniru suara dari mahluk lain termasuk manusia. Membuatnya sangat menarik sehingga para ilmuan tertarik untuk meneliti salah satu jenis terakhir dari genus bebek ini.

"Memperoleh vokalisasi dengan mempelajarinya dari individu lain hanya diketahui dari sejumlah kelompok hewan yang terbatas," tulis etolog Carel ten Cate (Leiden University) dan Peter Fullagar dalam makalah baru mereka.

Di sini, kami memberikan bukti untuk pembelajaran vokal pada anggota clade basal dari filogeni unggas: bebek musk Australia (Biziura lobata). Tambah ilmuan.

Pada tahun 80an Seekor bebek "Ripper" dipelihara di Cagar Alam Tidbinbilla South West, ibu kota Australia, Canberra dan ia belajar cara meniru suara pintu yang dibanting rekaman suara dibawah serta frasa yang terdengar sangat mirip dengan sumpah " you bloody fool/dasar bodoh".

Bagaimana Ripper akhirnya mempelajari frasa khusus Australia ini tidak diketahui oleh para peneliti, meskipun mereka percaya itu mungkin sesuatu yang akan dan pernah dikatakan oleh pengasuhnya, dan burung itu telah belajar untuk mengulanginya.


"Ripper dibesarkan dari telur segar yang bersumber dari East Gippsland, Victoria, Australia pada September 1983 dan merupakan satu-satunya bebek kesturi yang ada pada saat pemeliharaan," tulis para peneliti dalam makalah mereka yang terbit di Philosophical Transactions of the Royal Society of London B.

"Sayangnya, semua dokumen dari Tidbinbilla hilang dalam kebakaran hutan yang melanda cagar alam pada Januari 2003 sehingga sulit untuk menetapkan semua rincian yang tepat."

Lima belas tahun kemudian, bebek kedua berjenis kelamin jantan juga tinggal di Tidbinbilla, yang di rawat oleh seekor betina di penangkaran. Dia direkam pada bulan Juni 2000 terdengar seperti bebek yang sama sekali berbeda – bebek hitam Pasifik (Anas superciliosa). Sayangnya, banyak informasi tentang bebek ini juga hilang dalam kebakaran yang sama.

Namun, kita tahu bahwa kedua bebek akan menggunakan suara tiruan ini selama pertunjukan kawin mereka. (Dapatkah Anda membayangkan campuran kebisingan dan bau musk?)

Peristiwa menarik ini terjadi beberapa waktu lalu, tetapi para peneliti kini telah mengajukan kasus ini sebagai bagian dari edisi khusus jurnal Philosophical Transactions of the Royal Society of London B yang berfokus pada 'pembelajaran vokal pada hewan dan manusia'.

"Suara-suara ini telah dijelaskan sebelumnya, tetapi tidak pernah dianalisis secara mendetail dan sejauh ini tidak diperhatikan oleh para peneliti pembelajaran vokal," tulis para peneliti.

Bersama dengan pengamatan sebelumnya tentang perbedaan vokal antara populasi dan vokalisasi menyimpang pada individu yang dipelihara, pengamatan ini menunjukkan adanya pembelajaran vokal tingkat lanjut pada tingkat yang sebanding dengan burung penyanyi dan burung beo."

Ahli etologi juga mencatat sejumlah bebek kesturi jantan lain yang tidak tercatat di Inggris yang meniru batuk manusia, kuda poni mendengus, dan derit pintu putar.

Alasan para peneliti tertarik sekarang adalah karena sangat sedikit hewan yang bisa meniru suara vokal seperti yang bisa dilakukan bebek kesturi ini. Bebek musk adalah satu-satunya anggota genus mereka yang masih hidup, dan sangat jauh kekerabatannya dengan burung lain yang dapat meniru suara seperti burung kicau dan burung beo.

Mengapa Burung, unggas dapat belajar vokal?
Telencephalon adalah bagian otak yang bertanggung jawab dalam pembelajaran vokal hewan seperti pada burung penyanyi dan beo, Alasan bebek kesturi bisa meniru adalah ia memiliki telencephalon relatif lebih besar sebagai unggas air daripada kelompok burung lainnya.

Meskipun tidak sepenuhnya yakin, para peneliti menduga bebek kesturi mengembangkan kemampuan menirunya secara terpisah ke spesies peniru lainnya karena burung-burung ini berada di dekat batang pohon evolusi burung.

"Pembelajaran vokal pada bebek kesturi akan mewakili kasus evolusi independen, menimbulkan banyak pertanyaan mulai dari mekanisme saraf dan perilaku yang terlibat hingga latar belakang evolusi dan adaptif pembelajaran vokal pada spesies ini," tulis para peneliti.

Masih banyak penelitian yang harus dilakukan. Seperti yang dijelaskan para peneliti, kami bahkan tidak tahu spesies hidup mana yang paling dekat dengan bebek kesturi, meskipun kami tahu bahwa tidak ada bebek atau unggas lain yang menunjukkan kemampuan seperti itu.

Jurnal Refrensi:
  • Carel ten Cate and Peter J. Fullagar. 2021. Vocal imitations and production learning by Australian musk ducks (Biziura lobata). Philosophical Transactions of the Royal Society of London B. Published: 06 September 2021https://doi.org/10.1098/rstb.2020.0243

Post a Comment for "Mengenal Bebek Kesturi Australia yang Mengeluarkan bau Musky dan dapat Meniru Suara."