Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapan dan Bagaimana Galaksi Bima Sakti Terbentuk

Penelitian dari Ohio University memberikan bukti terbaik hingga saat ini tentang waktu bagaimana Bima Sakti awal kita bersatu, termasuk penggabungan dengan galaksi satelit kunci. Dengan menggunakan metode yang relatif baru dalam astronomi, para peneliti dapat mengidentifikasi usia paling tepat saat ini untuk sampel sekitar seratus bintang raksasa merah di galaksi.



Hasil penelitian ini dipublikasikan (17 Mei 2021) di jurnal Nature Astronomy. Penelitian ini merupakan hasil dari proyek Asterochronometry kolaboratif, yang didanai oleh European Research Council.

Dengan data ini dan data lainnya, para peneliti menunjukkan apa yang terjadi ketika Bima Sakti bergabung dengan galaksi satelit yang mengorbit, yang dikenal sebagai Gaia-Enceladus, sekitar 10 miliar tahun lalu.

"Bukti kami menunjukkan bahwa ketika penggabungan terjadi, Bima Sakti telah membentuk populasi besar dari bintangnya sendiri," kata Fiorenzo Vincenzo, salah satu penulis studi dan rekan di Pusat Kosmologi dan Fisika Astropartikel Universitas Negeri Ohio.

Banyak dari bintang "buatan sendiri" itu berakhir di cakram tebal di tengah galaksi, sementara sebagian besar yang ditangkap dari Gaia-Enceladus berada di lingkaran luar galaksi.

"Peristiwa penggabungan dengan Gaia-Enceladus dianggap salah satu yang paling penting dalam sejarah Bima Sakti, membentuk cara kita mengamatinya hari ini," kata Josefina Montalban, dari Sekolah Fisika dan Astronomi di Universitas Birmingham di Inggris. , yang memimpin proyek tersebut.

Dengan menghitung usia bintang, para peneliti dapat menentukan, untuk pertama kalinya, bahwa bintang yang ditangkap dari Gaia-Enceladus memiliki usia yang sama atau sedikit lebih muda dibandingkan dengan mayoritas bintang yang lahir di dalam Bima Sakti.

Penggabungan yang hebat antara dua galaksi tidak bisa membantu tetapi mengguncang segalanya, kata Vincenzo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggabungan mengubah orbit bintang-bintang yang sudah ada di galaksi, menjadikannya lebih eksentrik.

Vincenzo membandingkan gerakan bintang-bintang dengan sebuah tarian, di mana bintang-bintang dari bekas Gaia-Enceladus bergerak secara berbeda dari yang lahir di dalam Bima Sakti. Bintang-bintang bahkan "berpakaian" berbeda, kata Vincenzo, dengan bintang-bintang dari luar menunjukkan komposisi kimiawi yang berbeda dari yang lahir di dalam Bima Sakti.

Para peneliti menggunakan beberapa pendekatan dan sumber data yang berbeda untuk melakukan studi mereka.

Salah satu cara para peneliti untuk mendapatkan usia bintang yang tepat adalah melalui penggunaan asteroseismologi, bidang yang relatif baru yang menyelidiki struktur internal bintang.

Ahli asteroseismologi mempelajari osilasi dalam bintang, yang merupakan gelombang suara yang mengalir melalui interiornya, kata Mathieu Vrard, rekan penelitian postdoctoral di Departemen Astronomi Negara Bagian Ohio.

"Itu memungkinkan kami untuk mendapatkan usia yang sangat tepat untuk bintang-bintang, yang penting dalam menentukan kronologi kapan peristiwa terjadi di awal Bima Sakti," kata Vrard.

Studi ini juga menggunakan survei spektroskopi, yang disebut APOGEE, yang memberikan komposisi kimiawi bintang - bantuan lain dalam menentukan usia mereka.


"Kami sekarang bermaksud untuk menerapkan pendekatan ini pada sampel bintang yang lebih besar, dan memasukkan fitur yang lebih halus dari spektrum frekuensi," kata Vincenzo.

"Ini pada akhirnya akan mengarah pada pandangan yang lebih tajam tentang sejarah perakitan dan evolusi Bima Sakti, menciptakan garis waktu bagaimana galaksi kita berkembang."


Jurnal Referensi:
  • Josefina Montalbán, J. Ted Mackereth, Andrea Miglio, Cristina Chiappini, Gael Buldgen, Fiorenzo Vincenzo,Benoît Mosser, Richard Scuflaire, Mathieu Arlette Noels, Vrard, Emma Willett, Guy R. Davies, Martin Bo Nielsen, Saniya Khan, Ben M. Rendle, Oliver J. Hall, Walter E. van Rossem, Jason W. Ferguson, William J. Chaplin. 2021. Chronologically dating the early assembly of the Milky Way. Nature Astronomy, 2021; DOI: 10.1038/s41550-021-01347-7

Post a Comment for "Kapan dan Bagaimana Galaksi Bima Sakti Terbentuk"