Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Cara Orang Kota Bisa Mendapatkan kesehatan dari Alam

Di kota-kota, alam memberikan keteduhan yang menyejukkan ke jalan-jalan lingkungan, pelabuhan yang aman bagi penyerbuk dan penyerapan air hujan untuk mengurangi banjir. Sudah dipahami secara luas bahwa aktivitas fisik meningkatkan kesehatan manusia, tetapi bagaimana taman, danau, pepohonan, dan ruang hijau perkotaan lainnya meningkatkan aktivitas fisik dan kesejahteraan secara keseluruhan adalah bagian teka-teki yang belum terpecahkan.



Menurut Penelitian terbaru menunjukkan bagaimana akses ke kawasan alami di kota dapat meningkatkan kesehatan manusia dengan mendukung aktivitas fisik.

"kami telah belajar betapa berharganya dan pemenuhannya menghabiskan waktu di luar ruangan di alam, terutama bagi penduduk kota, "kata penulis utama studi Roy Remme, seorang peneliti pascadoktoral di Stanford. "Kami ingin membantu para perencana kota memahami di mana ruang hijau dapat mendukung kesehatan masyarakat dengan sebaik-baiknya, sehingga setiap orang dapat menerima manfaat alam."


Meningkatkan kesehatan melalui aktivitas alam

Tim tersebut menggabungkan penelitian kesehatan masyarakat selama puluhan tahun dengan informasi tentang manfaat alam bagi orang-orang di kota. Mereka mempertimbangkan bagaimana aktivitas seperti berjalan-jalan bersama anjing, jogging, bersepeda, dan berkebun komunitas didukung oleh ruang alam kota. Mereka juga memperhitungkan hal-hal seperti jarak ke penghijauan perkotaan, perasaan aman dan aksesibilitas untuk memahami bagaimana elemen tersebut dapat mengubah manfaat alam bagi orang yang berbeda. Dari trotoar dengan deretan pepohonan hingga taman kota dan tepi laut, tim membuat kerangka model untuk memetakan manfaat kesehatan fisik alam perkotaan.

Kerangka peneliti mengeksplorasi bagaimana orang mungkin memilih berjalan beberapa blok ekstra untuk menikmati taman yang mekar atau bersepeda untuk bekerja di sepanjang jalur sungai, menuai manfaat kesehatan dari aktivitas fisik yang mungkin mereka lewatkan jika tidak termotivasi oleh ruang alami.

Di Amsterdam, perencana kota saat ini sedang menerapkan rencana infrastruktur hijau yang baru. Menggunakan kota sebagai studi kasus hipotetis, para peneliti menerapkan kerangka kerja mereka untuk memahami bagaimana rencana Amsterdam untuk membangun atau meningkatkan taman baru dapat memengaruhi aktivitas fisik bagi semua orang di kota. Mereka juga melihat efek pada sub-populasi yang berbeda, seperti kelompok muda, tua dan berpenghasilan rendah. Contoh ini mengilustrasikan bagaimana kota dapat berinvestasi pada alam perkotaan untuk mendapatkan manfaat aktivitas fisik terbesar bagi kesehatan manusia.

Penelitian ini pada akhirnya akan berfungsi sebagai dasar untuk model kesehatan baru dalam perangkat lunak Natural Capital Project - alat gratis bersumber terbuka yang memetakan banyak manfaat yang diberikan alam kepada manusia. Perangkat lunak tersebut baru-baru ini digunakan untuk menginformasikan penilaian 775 kota di Eropa untuk memahami potensi solusi berbasis alam untuk mengatasi perubahan iklim. Pada akhirnya, perangkat lunak model kesehatan baru akan tersedia bagi para perencana kota, investor, dan siapa pun yang tertarik dengan argumen dan alat baru untuk menargetkan investasi di alam di kota.

Kontribusi alam bersifat multidimensi - mereka dapat mendukung kesejahteraan kognitif, emosional dan spiritual, serta kesehatan fisik. Pekerjaan sebelumnya dari Proyek Modal Alam telah menunjukkan banyak hubungan ini, tetapi penelitian baru menambahkan hubungan penting dengan kesehatan fisik yang telah hilang dari persamaan.

"Pengalaman alam meningkatkan memori, perhatian dan kreativitas serta kebahagiaan, keterlibatan sosial dan rasa dalam hidup," kata Gretchen Daily, penulis senior pada makalah dan direktur fakultas dari Proyek Modal Alam Stanford. "Ini mungkin tidak mengejutkan kita bahwa alam merangsang aktivitas fisik, tetapi manfaat kesehatan terkait dari mengurangi risiko kanker hingga meningkatkan metabolisme dan fungsi lainnya benar-benar cukup mencengangkan."

Akses alam yang setara
Saat dunia kita menjadi lebih urban dan berpusat pada kota, kemampuan untuk dengan mudah mengakses ruang alami luar ruangan menjadi semakin menantang, terutama bagi komunitas yang terlalu terbebani. Mengidentifikasi di mana alam perkotaan hilang dalam komunitas yang rentan atau kelebihan beban kemudian bekerja untuk mengisi celah tersebut dapat memberi orang kesempatan baru yang berharga untuk meningkatkan kesehatan mereka. Para peneliti berharap studi baru ini akan melengkapi para perencana kota dengan pemahaman yang lebih lengkap tentang manfaat yang dapat diberikan alam kepada komunitas mereka.

"Tujuan akhir kami adalah untuk menciptakan kota yang lebih sehat, adil dan berkelanjutan," kata Anne Guerry, salah satu penulis dan Chief Strategy Officer di Natural Capital Project.

Jurnal Referensi:
  • Roy P. Remme, Howard Frumkin, Anne D. Guerry, Abby C. King, Lisa Mandle, Chethan Sarabu, Billie Giles-Corti, Perrine Hamel, Gregory N. Bratman, Baolong Han, Jennifer L. Hicks, Peter James, Therese Lindahl, Hongxiao Liu, Yi Lu, Bram Oosterbroek, Joshua J. Lawler, Bibek Paudel, James F. Sallis, Jasper Schipperijn, Rok Sosič, Sjerp de Vries, Benedict W. Wheeler, Spencer A. Wood, Tong Wu, Gretchen C. Daily. 2021. An ecosystem service perspective on urban nature, physical activity, and health. Proceedings of the National Academy of Sciences, 2021; 118 (22): e2018472118 DOI: 10.1073/pnas.2018472118



Post a Comment for " Ini Cara Orang Kota Bisa Mendapatkan kesehatan dari Alam"