Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebah Dapat Mengubah Jenis Kelamin Keturunannya Sesuai kondisi Habitat

Penelitian dari Oregon State University, menemukan bahwa blue orchard bee, lebah penyerbuk asli yang penting, menghasilkan keturunan betina pada tingkat yang lebih tinggi setelah kebakaran hutan. Penelitian ini di dukung oleh Biro Pengelolaan Lahan dan OSU Sekolah Tinggi Kehutanan dan terbit di Oecologia.


Semakin parah kebakaran yang terjadi, semakin besar persentase betina dengan persentase lebih dari 10% didaerah yang paling parah terbakar dibandingkan dengan daerah yang terbakar.

"Ini adalah salah satu studi pertama yang melihat bagaimana keparahan kebakaran hutan mempengaruhi demografi lebah," kata Jim Rivers, seorang ahli ekologi hewan di OSU College of Forestry.

"Rasio jenis kelamin bervariasi di bawah kondisi kebakaran yang berbeda tetapi jumlah anak yang dihasilkan tidak, mengindikasikan lebah mengubah jenis kelamin keturunannya tergantung pada tingkat keparahan api." Lebah betina mengontrol jenis kelamin keturunannya, bertelur yang dibuahi dengan sperma yang menjadi betina, atau telur yang tidak dibuahi yang menjadi jantan.

Lebah menyerbuki banyak tanaman berbunga yang membentuk ekosistem asli dan rantai makanan. Memahami bagaimana api diperkirakan akan meningkat dalam frekuensi dan tingkat keparahan, menyeting hasil reproduksinya adalah bagian penting untuk mengetahui bagaimana tindakan pengelolaan pasca kebakaran dapat membantu atau membahayakan lebah.

"Kami menempatkan lebah di lokasi berbeda dalam hutan campuran konifer yang baru saja dibakar di Oregon barat daya dan menggunakannya sebagai tongkat pengukur untuk memberi tahu kami seberapa baik habitat lebah itu," kata Sara Galbraith, peneliti postdoctoral di College of Forestry.

"Menyesuaikan produksi keturunan dengan jenis kelamin keturunan yang lebih mahal menunjukkan respons fungsional terhadap perubahan kualitas habitat melalui peningkatan kepadatan tanaman berbunga."

Jadi Secara umum, penyerbuk mendapat manfaat dari kebakaran yang mengurangi tajuk di ekosistem hutan konifer yang lebat; Kelimpahan tanaman berbunga biasanya meningkat selama beberapa tahun setelah kebakaran, menghasilkan sumber makanan yang meningkatkan keanekaragaman dan kelimpahan lebah liar.

Lebah adalah yang paling penting di antara penyerbuk Bumi, yang menggabungkan sekitar $ 100 miliar dalam dampak ekonomi global setiap tahun. Oregon adalah rumah bagi lebih dari 600 spesies lebah asli.

Hewan penyerbuk meningkatkan reproduksi hampir 90% tanaman berbunga di bumi, termasuk banyak tanaman pangan.

Untuk penelitian yang melibatkan lebah kebun biru, yang secara ilmiah dikenal sebagai Osmia lignaria, Galbraith, Rivers dan James Cane dari Departemen Pertanian A.S. menyiapkan blok sarang yang berisi jumlah standar dan rasio jenis kelamin lebah dewasa yang sudah muncul sebelumnya. Mereka kemudian melihat hubungan antara tingkat keparahan kebakaran dan hasil reproduksi, rasio jenis kelamin dan massa keturunan pada skala lokal (dalam jarak 100 meter dari blok) dan lanskap (750 meter). Lebah betina mencari makan di kedua sisik saat merawat keturunan.

Penemuan menunjukkan bahwa hutan campuran konifer yang terbakar menyediakan pakan untuk lebah kebun biru sepanjang gradien keparahan, dan bahwa peningkatan sumber daya bunga yang muncul setelah kebakaran yang sangat parah menyebabkan betina mengalokasikan kembali sumber daya ke jenis kelamin yang lebih besar dan lebih mahal, betina.
"Studi kami mengungkapkan lebih banyak keturunan betina daripada yang biasanya diamati pada lebah kebun biru," kata Galbraith.

"Proporsi perempuan yang lebih besar di daerah yang dikelilingi oleh lanskap yang terbakar lebih parah menunjukkan investasi pada lebih banyak keturunan perempuan karena ketersediaan sumber daya yang lebih besar."

Temuan dipublikasikan di Oecologia. Biro Pengelolaan Lahan dan OSU Sekolah Tinggi Kehutanan mendukung penelitian ini.

Jurnal Referensi:
  • Sara M. Galbraith, James H. Cane, James W. Rivers. 2021 Wildfire severity influences offspring sex ratio in a native solitary bee. Oecologia, 2021; DOI: 10.1007/s00442-020-04809-3



Post a Comment for "Lebah Dapat Mengubah Jenis Kelamin Keturunannya Sesuai kondisi Habitat"