Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ilmuan Membuat Daun Tanaman Mengandung Minyak Nabati Setara dengan Biji dan Buah

Minyak nabati secara tradisional diekstraksi dari buah atau biji, dan proses ekstraksi sering kali menyebabkan sisa tanaman dibuang dalam proses tersebut. Sekarang, Jay Thelen, seorang profesor biokimia di University of Missouri, telah menemukan cara untuk meningkatkan produksi triasilgliserol - komponen utama minyak nabati - dalam daun tanaman, teknik yang memungkinkan produsen memanen minyak lebih besar. 


Thelen dan Yajin Ye, seorang rekan postdoctoral di lab Thelen di MU, menggunakan alat pengeditan gen CRISPR untuk "melumpuhkan" keluarga gen yang mereka temukan bertanggung jawab untuk mengatur produksi asam lemak di daun Arabidopsis, tanaman yang biasa digunakan oleh para peneliti untuk mempelajari biokimia tanaman. Hasilnya baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

"Kami tahu bahwa tanaman mensintesis asam lemak saat diberi cahaya, kata Thelen. Studi ini mengajarkan kami bahwa ada tiga protein yang menahan proses ini di daun, dan bahwa kami dapat mematikan gen serumpunnya menggunakan CRISPR. Itu membebaskan tanaman untuk memproduksi triasilgliserol dalam jumlah lebih tinggi di daun daripada hanya di biji."

Thelen mengatakan metode ini dapat menghasilkan produksi minyak nabati yang lebih besar dan lebih murah, dan kemungkinan penggunaan ganda untuk tanaman berdaun seperti sorgum dan kedelai dapat mengurangi beban untuk membuat benih minyak yang lebih tinggi. Beban tersebut seringkali menimbulkan akibat yang tidak diinginkan termasuk penurunan protein, yang merupakan komoditas utama kedelai. Laboratoriumnya sekarang sedang dalam proses pengujian lebih lanjut metode pada tanaman untuk memastikan kelangsungan hidupnya.


Jurnal Referensi:
  • Yajin Ye, Krisztina Nikovics, Loïc Lepiniec, Eric T. Fedosejevs, Alexandra To, Steven R. Van Doren, Sébastien Baud, Jay J. Thelen. 2020. Docking of acetyl-CoA carboxylase to the plastid envelope membrane attenuates fatty acid production in plants. Nature Communications, 2020; 11 (1) DOI: 10.1038/s41467-020-20014-5




Post a Comment for " Ilmuan Membuat Daun Tanaman Mengandung Minyak Nabati Setara dengan Biji dan Buah"