Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidur Sehat dapat Menurunkan Risiko Gagal Jantung

Sebuah studi dari American Heart Association, menemukan Orang dewasa dengan pola tidur sehat (bangun pagi, tidur 7-8 jam sehari dan tidak sering insomnia, mendengkur atau mengantuk berlebihan di siang hari) mengalami penurunan 42% risiko gagal jantung dibandingkan dengan mereka yang pola tidurnya tidak sehat.


Gagal jantung mempengaruhi lebih dari 26 juta orang, dan bukti yang muncul menunjukkan masalah tidur berperan dalam perkembangan gagal jantung.

Studi observasional ini meneliti hubungan antara pola tidur yang sehat dan gagal jantung menggunakan data 408.802 peserta Biobank Inggris, berusia 37 hingga 73 tahun pada saat perekrutan (2006-2010). Insiden gagal jantung dikumpulkan hingga 1 April 2019. Peneliti mencatat 5.221 kasus gagal jantung selama median follow up selama 10 tahun.

Peneliti menganalisis kualitas tidur serta pola tidur peserta secara keseluruhan. Ukuran kualitas tidur termasuk durasi tidur, insomnia dan mendengkur dan fitur terkait tidur lainnya, seperti apakah partisipan adalah burung awal atau night owl dan apakah mereka mengalami kantuk di siang hari.

"Skor tidur sehat yang kami buat didasarkan pada penilaian dari lima perilaku tidur ini," kata Lu Qi, M.D., Ph.D., penulis terkait dan profesor epidemiologi dan direktur Pusat Penelitian Obesitas di Universitas Tulane di New Orleans. "Temuan kami menyoroti pentingnya meningkatkan pola tidur secara keseluruhan untuk membantu mencegah gagal jantung."

Perilaku tidur dikumpulkan melalui kuesioner layar sentuh. Durasi tidur dibagi menjadi tiga kelompok: pendek atau kurang dari 7 jam sehari; yang disarankan atau 7 hingga 8 jam sehari; dan tidur panjang atau 9 jam atau lebih sehari.

Setelah disesuaikan dengan diabetes, hipertensi, penggunaan obat, variasi genetik, dan kovariat lainnya, peserta dengan pola tidur paling sehat mengalami penurunan risiko gagal jantung sebesar 42% dibandingkan dengan orang dengan pola tidur yang tidak sehat.

Mereka juga menemukan risiko gagal jantung terkait secara independen yaitu:
  • 8% lebih rendah pada orang yang bangun pagi
  • 12% lebih rendah pada mereka yang tidur 7 sampai 8 jam setiap hari
  • 17% lebih rendah pada mereka yang tidak sering mengalami insomnia dan
  • 34% lebih rendah pada mereka yang melaporkan tidak ada kantuk di siang hari.

Qi juga mencatat bahwa kekuatan studi ini meliputi kebaruan, desain studi prospektif, dan ukuran sampel yang besar.


Jurnal Referensi:
  • Xiang Li, Qiaochu Xue, Mengying Wang, Tao Zhou, Hao Ma, Yoriko Heianza, Lu Qi. 2020. Adherence to a Healthy Sleep Pattern and Incident Heart Failure: A Prospective Study of 408802 UK Biobank Participants. Circulation, 2020; DOI: 10.1161/CIRCULATIONAHA.120.050792

Post a Comment for "Tidur Sehat dapat Menurunkan Risiko Gagal Jantung"