Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Black Beauty, Meteorit Termahal dari Kerak Planet Mars

Ada lebih dari 100 meteorit Mars saat ini dalam koleksi di seluruh dunia. Mereka semua terlempar dari Planet Merah oleh beberapa asteroid atau dampak komet, dan kemudian menghabiskan jutaan tahun melakukan perjalanan melalui ruang angkasa sebelum jatuh ke Bumi.


Para peneliti dari University of New Mexico menganalisis meteorit mars yang ditemukan di gurun Maroko pada tahun 2011. Meteorit tersebut ditemukan seberat 320g, kemudian diberi nama berdasarkan tempat ditemukannya sebagai nama resmi yaitu Afrika Barat Laut atau Northwest Africa (NWA) 7034, tetapi kemudian lebih dikenal dengan julukan "black beuty".

Hasil analisi data meteorit Mars Afrika Barat Laut (NWA) 7034, memiliki beberapa karakteristik petrologi dan geokimia dengan meteorit Mars yang diketahui yang dikelompokan oleh para ilmuan disebut SNC (yaitu, shergottite, nakhlite, dan chassignite), namun black beuty memiliki beberapa karakteristik unik yang mengecualikannya dari grup tersebut. Sehingga menurut Carl B. Agee profesor di Institute of Meteoritics, University of New Mexico, Black Beuty harus ditempatkan di di kelasnya sendiri.

NWA 7034 adalah batuan kerak yang diperkaya secara geokimia yang secara komposisi mirip dengan basal dan kerak Mars rata-rata yang diukur oleh misi Rover dan Orbiter baru-baru ini. Ini terbentuk 2.089 ± 0.081 miliar tahun yang lalu, selama zaman Amazon awal dalam sejarah geologi Mars.

NWA 7034 memiliki lebih banyak air asli daripada kebanyakan meteorit SNC, dengan hingga 6000 bagian per juta H2O luar angkasa yang dilepaskan selama pemanasan bertahap. Ia juga memiliki nilai isotop oksigen curah Δ17O = 0,58 ± 0,05 per mil dan nilai rata-rata isotop oksigen air yang dilepaskan panas Δ17O = 0,330 ± 0,011 per mil, menunjukkan adanya beberapa reservoir oksigen di Mars.

Harga black beauty
Dari beberapa penelitian terbaru, para peneliti mengeluarkan biaya sebesar $10.000 untuk setiap gramnya.

Baca juga penelitian yang menggunakan sampel batuan black bauty



Jurnal Refrensi:
  • Carl B. Agee, Nicole V. Wilson, Francis M. McCubbin, Karen Ziegler, Victor J. Polyak2, Zachary D. Sharp, Yemane Asmerom, Morgan H. Nunn, Robina Shaheen, Mark H. Thiemens, Andrew Steele, Marilyn L. Fogel, Roxane Bowden, Mihaela Glamoclija, Zhisheng Zhang, Stephen M. Elardo. 2020. Unique Meteorite from Early Amazonian Mars: Water-Rich Basaltic Breccia Northwest Africa 7034. Science  15 Feb 2013: Vol. 339, Issue 6121, pp. 780-785 DOI: 10.1126/science.1228858

Post a Comment for "Black Beauty, Meteorit Termahal dari Kerak Planet Mars"