Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kehidupan Pernah Ada di Mars?

Bukti baru untuk kristalisasi dan pembentukan kerak yang cepat di Mars baru saja dipublikasikan dalam sebuah penelitian dari Pusat Pembentukan Bintang dan Planet di Museum Sejarah Alam Denmark, Universitas Kopenhagen. Studi tersebut, berdasarkan analisis meteorit Mars langka Black Beauty, secara signifikan memperluas jendela kapan kehidupan mungkin ada di Mars.



Pembentukan kerak adalah langkah penting dalam perkembangan planet kebumian, dan yang membuat Black Beauty istimewa dan mahal adalah ia mengandung potongan kecil kerak Mars. Lebih tepatnya, Black Beauty mengandung mineral zircon langka, di mana para peneliti telah menemukan hafnium dalam konsentrasi tinggi.

Zirkon adalah mineral yang sangat kuat yang sangat cocok untuk memberikan usia absolut. Dalam konteks ini, zirkon dapat digunakan untuk membangun kerangka temporal untuk memahami sejarah pembentukan kerak Mars," kata Profesor Martin Bizzarro. Zirkon juga bertindak sebagai kapsul waktu kecil karena menyimpan informasi tentang lingkungan di mana dan kapan ia diciptakan. Dalam hal ini, kapsul waktu dengan hafnium yang berasal dari kerak Mars paling awal, yang ada sekitar 100 juta tahun sebelum zirkon tertua Black Beauty telah dibuat. Jadi, Mars memiliki permulaan yang lebih awal dibandingkan dengan Bumi, yang kerak padatnya baru terbentuk beberapa saat kemudian. "

Meteorit berat asli 319,8 gram Black Beauty ditemukan di Gurun Sahara pada tahun 2011. Segera menjadi jelas bahwa meteorit itu adalah sesuatu yang istimewa dan saat ini memiliki harga jual sekitar $ 10.000 per gram. Setahun yang lalu, Profesor Martin Bizzarro berhasil memperoleh 44 gram Black Beauty dengan bantuan dari berbagai lembaga pendanaan dan pertukaran meteorit dari koleksi museum.

Salah satu tantangan besar adalah bahwa zirkon di Black Beauty sangat kecil. Ini membutuhkan strategi yang berani: Kami menghancurkan meteorit kami yang berharga. Atau tepatnya: Kami menghancurkan 5 gram," kata Martin Bizzarro. "Hari ini, saya senang kami memilih strategi itu. Ia melepaskan tujuh zirkon, salah satunya adalah zirkon tertua yang diketahui dari Mars. Dan dari zirkon dan kandungan hafniumnya, sekarang kita dapat menyimpulkan bahwa kristalisasi permukaan Mars berjalan sangat cepat: sudah 20 juta tahun setelah pembentukan tata surya, Mars memiliki kerak padat yang berpotensi menampung lautan dan mungkin juga kehidupan. "

Jurnal Referensi:
  • Laura C. Bouvier, James N. Connelly, Ninna K. Jensen, Maria M. Costa, Daniel Wielandt, Michael Storey, Martin J. Whitehouse, Joshua F. Snape, Alexander A. Nemchin, Jeremy J. Bellucci, Arnaud Agranier, Bleuenn Gueguen, Frédéric Moynier, Maria Schönbächler, Martin Bizzarro. 2020. Evidence for extremely rapid magma ocean crystallization and crust formation on Mars. Nature, 2018; 558 (7711): 586 DOI: 10.1038/s41586-018-0222-z

Post a Comment for "Apakah Kehidupan Pernah Ada di Mars?"