Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melatih Lebah untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian

Seperti anjing pelacak dengan membiarkan mereka mengendus barang untuk mengambil aromanya. Ide ini ditularkan pada lebah, para peneliti menemukan bahwa melatih lebah madu dengan aroma dapat bekerja lebih efisien dalam penyerbukan tanaman. 




Kami menunjukkan bahwa mengkondisikan lebah madu dengan bau yang disykai di dalam koloni, pengalaman akan bau tersebut dapat mengubah perilaku lebah, "kata Walter Farina dari Universidad de Buenos Aires, Argentina.

Tim peneliti sebelumnya telah menunjukkan bahwa lebah madu dapat membangun ingatan yang stabil dalam waktu jangka panjang terkait dengan aroma makanan di dalam sarang. Mereka juga tahu bahwa ingatan di dalam sarang dapat memengaruhi pilihan lebah tentang tanaman mana yang akan dikunjungi nanti.

Peneliti menggunakan aroma bunga matahari sebagai objek. Untuk memelihara lebah dengan ingatan yang akan mendukung pencarian makan bunga matahari di kemudian hari, para peneliti pertama-tama mengembangkan campuran bau sintetis sederhana dengan aroma bunga alami, bunga matahari. Selanjutnya, mereka memberi makan lebah dalam sarang dengan makanan wangi bunga matahari tersebut.

Peneliti menemukan bahwa pengalaman dan ingatan awal tentang aroma bunga matahari memengaruhi preferensi lebah untuk mencari makan di kemudian hari. Dimana Pelatihan lebah tersebut membuat mereka lebih sering mengunjungi bunga matahari, bukti lain Lebah terlatih tersebut juga membawa lebih banyak serbuk sari bunga matahari ke sarangnya. Peningkatan kunjungan dan pencarian bunga matahari ini juga meningkatkan produksi benih bunga sebesar 29 hingga 57 persen.

Layanan penyerbukan dapat ditingkatkan pada tanaman yang bergantung pada penyerbuk dengan menggunakan tiruan bau sederhana sebagai bagian dari strategi penyerbukan yang presisi, Kata peneliti.

Para peneliti mengatakan mereka sekarang mempelajari tanaman lain yang bergantung pada penyerbuk, sepertu almond, pir, dan apel. Pada akhirnya, tujuan mereka adalah mengembangkan potensi alami antara hubungan saling menguntungkan antara lebah dengan bau tiruan untuk efisiensi penyerbukan yang dapat meningkatkan produktivitas banyak tanaman.

Jurnal Referensi:

  • Walter M. Farina, Andrés Arenas, Paula C. Díaz, Cinthia Susic Martin, M. Cecilia Estravis Barcala. 2020. Learning of a Mimic Odor within Beehives Improves Pollination Service Efficiency in a Commercial Crop. Current Biology, 2020; DOI: 10.1016/j.cub.2020.08.018



Post a Comment for "Melatih Lebah untuk Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian"