Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Penemu Lubang Hitam Meraih Nobel Fisika, 2020.

Hadiah Nobel Fisika tahun ini diberikan kepada Roger Penrose 'atas penemuan bahwa pembentukan lubang hitam adalah prediksi yang kuat dari teori relativitas umum' dan bersama-sama kepada Reinhard Genzel dan Andrea Ghez '. untuk penemuan benda kompak supermasif di pusat galaksi kita


Lubang hitam dan rahasia tergelap Bima Sakti
Tiga Pemenang berbagi Hadiah Nobel Fisika tahun ini atas penemuan mereka tentang salah satu fenomena paling eksotis di alam semesta, lubang hitam. Roger Penrose menunjukkan bahwa teori relativitas umum mengarah pada pembentukan lubang hitam. Reinhard Genzel dan Andrea Ghez menemukan bahwa benda tak terlihat dan sangat berat mengatur orbit bintang di pusat galaksi kita. Lubang hitam supermasif adalah satu-satunya penjelasan yang diketahui saat ini.

Roger Penrose menggunakan metode matematika yang cerdik dalam pembuktiannya bahwa lubang hitam adalah konsekuensi langsung dari teori relativitas umum Albert Einstein. Einstein sendiri tidak percaya bahwa lubang hitam benar-benar ada, monster kelas berat super yang menangkap segala sesuatu yang masuk ke dalamnya. Tidak ada yang bisa lolos, bahkan cahaya.
 Pada Januari 1965, sepuluh tahun setelah kematian Einstein, Roger Penrose membuktikan bahwa lubang hitam benar-benar dapat terbentuk dan menggambarkannya secara mendetail; Pada intinya, lubang hitam menyembunyikan singularitas di mana semua hukum alam yang diketahui berhenti. Artikel terobosannya masih dianggap sebagai kontribusi terpenting bagi teori relativitas umum sejak Einstein.

Reinhard Genzel dan Andrea Ghez masing-masing memimpin sekelompok astronom yang, sejak awal 1990-an, berfokus pada wilayah yang disebut Sagitarius A * di pusat galaksi kita. Orbit bintang paling terang yang paling dekat dengan bagian tengah Bima Sakti telah dipetakan dengan presisi yang meningkat. Pengukuran kedua kelompok ini setuju, dengan keduanya menemukan benda yang sangat berat dan tidak terlihat yang menarik tumpukan bintang, menyebabkan mereka bergegas dengan kecepatan yang memusingkan. Sekitar empat juta massa matahari berkumpul di wilayah yang tidak lebih besar dari tata surya kita.


Menggunakan teleskop terbesar di dunia, Genzel dan Ghez mengembangkan metode untuk melihat melalui awan besar gas dan debu antarbintang ke pusat Bima Sakti. Meregangkan batas teknologi, mereka menyempurnakan teknik baru untuk mengimbangi distorsi yang disebabkan oleh atmosfer bumi, membangun instrumen unik dan berkomitmen untuk penelitian jangka panjang. Karya perintis mereka telah memberi kita bukti paling meyakinkan tentang lubang hitam supermasif di pusat Bima Sakti.

“Penemuan pemenang tahun ini telah membuka lahan baru dalam studi objek kompak dan supermasif. Tapi benda-benda eksotis ini masih menimbulkan banyak pertanyaan yang meminta jawaban dan memotivasi penelitian di masa depan. Tidak hanya pertanyaan tentang struktur dalamnya, tetapi juga pertanyaan tentang bagaimana untuk menguji teori gravitasi kami di bawah kondisi ekstrim di sekitar lubang hitam, "kata David Haviland, ketua Komite Nobel Fisika.

Materi dari Nobelfoundation
Terselip Pertanyaan, Mengapa Stepen Hawking yang Lebih Terkenal tidak Meraih Nobel?
 Stepen Hawking adalah pemikir teoritis yang pernah bekerja sama dengan Roger Penrose, mengulik teori relativitas umum milik Einstein yang akhirnya melambungkan namanya.  ia menteorikan keadaan alam semesta yang dimulai dari bigbang dan berakhir dengan lubang hitam, ia menteorikan sifat lubang hitam yang tidak diam dan memancarkan radiasi sehingga dapat meledak dan menghilang.

Namun pemikirannya tersebut adalah sebuah konsep dan teori fisika seperti pada awalnya relativitas umum yang awalnya eisntein sendiripun tidak nempercayai lubang hitam. Yang berarti pula teori stepen hawking tidak dapat membuktikan langsung kebenaran teorinya dan mungkin membutuhkan waktu yang panjang bagi ilmuan masa depan. (silahkan Tambahkan dikomentar)

Dan aturan nobel ilmiah menyatakan bahwa seluruh teori ilmiah harus disertai data hasil pengamatan untuk syarat masuk nominasi. Mungkin stepen hawking bisa meraih nobel dimasa depan.

Kata-kata indahnya mewakili pengabdian ilmiahnya, "stepan hawking mati meninggalkan konsep" yang merevolusi pemikiran tentang alam semesta yang belum terpecahkan.

Post a Comment for "3 Penemu Lubang Hitam Meraih Nobel Fisika, 2020."