Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Sebenarnya Megalodon (Hiu Purba), Penelitian Terbaru!



Ada diskripsi yang suram dalam menentukan ukuran hiu terbesar ini, yang hanya meninggalkan fosil gigi. Saat ini, hiu yang hidup paling menakutkan adalah Great White, dengan panjang lebih dari enam meter (20 kaki), yang menggigit dengan kekuatan dua ton.

Kerabat fosilnya adalah hiu gigi besar Megalodon yaitu bintang film Hollywood yang hidup dari 23 hingga sekitar tiga juta tahun lalu, lebih dari dua kali panjang Great White dan memiliki kekuatan gigitan lebih dari sepuluh ton. Fosil Megalodon sebagian besar adalah gigi pemotong berbentuk segitiga yang lebih besar dari tangan manusia.


Jack Cooper, yang baru saja menyelesaikan Master sains dalam Paleobiologi di Sekolah Ilmu Bumi Universitas Bristol dan rekan dari Swansea university menggunakan sejumlah metode matematika untuk menentukan ukuran dan proporsi megalodon dengan membuat perbandingan yang dekat dengan keanekaragaman kerabat yang hidup dengan kesamaan ekologis dan fisiologis.

Proyek ini diawasi oleh ahli hiu Dr Catalina Pimiento dari Swansea University dan Profesor Mike Benton, ahli paleontologi di Bristol. Dr Humberto Ferrón dari Bristol juga berkolaborasi dan studi ini terbit di jurnal Scientific Reports.

Sebelumnya fosil hiu yang dikenal secara resmi sebagai Otodus megalodon ini hanya dibandingkan dengan Great White. Jack dan rekan-rekannya, untuk pertama kalinya, memperluas analisis ini dengan memasukkan lima hiu modern sebagai perbandingan.

Dr Pimiento berkata: "Megalodon bukanlah nenek moyang langsung dari Great White tetapi sama-sama terkait dengan hiu makropredatori lainnya seperti Makos, hiu Salmon dan hiu Porbeagle, serta Great White. Kami mengumpulkan pengukuran mendetail dari kelima hiu tersebut untuk membuat prediksi tentang Megalodon. "

Profesor Benton menambahkan "Sebelum dapat melakukan apa pun, kami harus menguji apakah kelima hiu modern ini berubah proporsinya saat mereka dewasa atau tidak. Jika, misalnya, mereka seperti manusia, di mana bayi memiliki kepala besar dan kaki pendek dan ini agian yang sulit dalam memproyeksikan proporsi dewasa untuk hiu besar yang punah.

Tapi peneliti menemukan fakta menarik bahwa sebenarnya bayi dari semua hiu pemangsa modern ini berawal sebagai hiu dewasa kecil, dan mereka tidak berubah proporsinya saat bertambah besar."

Jack Cooper berkata: "Ini berarti kita dapat dengan mudah mengambil kurva pertumbuhan dari lima bentuk modern dan memproyeksikan bentuk keseluruhan saat mereka semakin besar dan lebih besar hingga panjang tubuh 16 meter.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa megalodon Otodus sepanjang 16 meter kemungkinan memiliki kepala bulat sepanjang 4,65 meter, sirip punggung setinggi sekitar 1,62 meter dan tinggi sekitar 3,85 meter. Ini berarti manusia dewasa dapat berdiri di atas punggung hiu ini dan tingginya hampir sama dengan sirip punggung.

Rekonstruksi ukuran bagian tubuh Megalodon merupakan langkah mendasar menuju pemahaman yang lebih baik tentang fisiologi raksasa ini, dan faktor intrinsik yang mungkin membuatnya rentan terhadap kepunahan.

Journal Reference:
  • Jack A. Cooper, Humberto G. Ferrón, Catalina Pimiento, Michael J. Benton. 2020. Body dimensions of the extinct giant shark Otodus megalodon: a 2D reconstruction. Scientific Reports, 2020; 10 (1) DOI: 10.1038/s41598-020-71387-y

Post a Comment for "Ukuran Sebenarnya Megalodon (Hiu Purba), Penelitian Terbaru!"