Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Menonton TV Pada Anak dengan Prestasi Akademik

Temuan ini dapat membantu orang tua, guru, dokter dalam merencanakan waktu melihat layar untuk anak-anak


Studi sebelumnya terhadap anak-anak dan remaja telah menemukan hubungan antara penggunaan media elektronik - seperti televisi, komputer, dan video game - dan obesitas, kurang tidur, dan risiko kesehatan fisik lainnya. Penggunaan media elektronik juga dikaitkan dengan akses yang lebih baik ke informasi, keterampilan teknologi, dan hubungan sosial. Namun, secara komparatif sedikit yang diketahui tentang hubungan dengan kinerja akademis.

Untuk membantu memperjelas hubungan ini, Mundy dan rekannya mempelajari 1.239 anak berusia 8 hingga 9 tahun di Melbourne, Australia. Mereka menggunakan data tes prestasi nasional untuk mengukur prestasi akademik anak-anak pada awal dan sekali lagi setelah dua tahun. Mereka juga meminta orang tua anak untuk melaporkan penggunaan media elektronik oleh anak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa menonton televisi dua jam atau lebih per hari pada usia 8 atau 9 tahun dikaitkan dengan kinerja membaca yang lebih rendah dibandingkan dengan rekan-rekan dua tahun kemudian; perbedaannya setara dengan kehilangan empat bulan belajar. Menggunakan komputer selama lebih dari satu jam per hari dikaitkan dengan tingkat kehilangan angka yang serupa.

Dengan memperhitungkan kinerja akademis dasar dan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi seperti kesulitan kesehatan mental dan indeks massa tubuh (BMI) dan mengontrol penggunaan media sebelumnya, para peneliti dapat menentukan penggunaan televisi dan komputer kumulatif, serta penggunaan jangka pendek, sebagai terkait dengan kinerja akademis yang lebih buruk.

Temuan ini dapat membantu orang tua, guru, dan dokter dalam menyempurnakan rencana dan rekomendasi untuk penggunaan media elektronik di akhir masa kanak-kanak. Penelitian di masa depan dapat mengembangkan hasil ini dengan memeriksa asosiasi lanjutan di sekolah menengah selanjutnya.

Para penulis menambahkan: "Perdebatan tentang efek media modern pada pembelajaran anak-anak tidak pernah lebih penting mengingat efek pandemi saat ini pada penggunaan waktu anak-anak. Ini adalah studi longitudinal besar pertama tentang penggunaan dan pembelajaran media elektronik di sekolah dasar. anak-anak, dan hasil menunjukkan pengguna televisi dan komputer yang lebih banyak mengalami penurunan yang signifikan dalam membaca dan berhitung dua tahun kemudian dibandingkan dengan pengguna ringan. "

Journal Reference:

  • Lisa K. Mundy, Louise Canterford, Monsurul Hoq, Timothy Olds, Margarita Moreno-Betancur, Susan Sawyer, Silja Kosola, George C. Patton. Electronic media use and academic performance in late childhood: A longitudinal study. PLOS ONE, 2020; 15 (9): e0237908 DOI: 10.1371/journal.pone.0237908

Post a Comment for "Efek Menonton TV Pada Anak dengan Prestasi Akademik"