Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Nitrogen Memiliki Persentase yang Besar di Bumi?

Penemuan ini dapat membantu pemahaman tentang bagaimana Bumi terbentuk dari unsur-unsur di luar angkasa, sekitar 10 miliar tahun yang lalu.

Mereka juga bisa menjelaskan sifat fisik dasar nitrogen, salah satu unsur paling melimpah di atmosfer. Sebuah tim peneliti internasional melakukan eksperimen canggih untuk mereplikasi kondisi di inti Bumi.

Dengan menggunakan sinar laser berenergi tinggi dan sensor optik, mereka dapat mengamati bagaimana sampel nitrogen berperilaku lebih dari 1 juta kali tekanan atmosfer normal dan suhu di atas 3.000C.

Pengamatan mereka menegaskan bahwa, dalam kondisi seperti itu, nitrogen ada sebagai logam cair. Temuan ini memberi para ilmuwan wawasan berharga tentang bagaimana nitrogen berperilaku pada kondisi ekstrim, yang dapat membantu pemahaman tentang bagaimana planet terbentuk.

Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki banyak nitrogen di atmosfernya - di mana ia ada sebagai gas. Nitrogen di udara dapat muncul dari dalam planet, misalnya, dapat bercampur dengan logam cair lainnya.

Penemuan ini juga dapat menjelaskan bagaimana atmosfer planet berevolusi dan bagaimana ia dapat berkembang di masa depan.

Studi mereka, yang dilakukan oleh University of Edinburgh dengan peneliti di China dan AS, dipublikasikan di Nature Communications. Itu didukung oleh Engineering and Physical Science Research Council dan British Council.

Dr Stewart McWilliams, dari Fakultas Fisika dan Astronomi Universitas Edinburgh, yang mengambil bagian dalam penelitian tersebut, mengatakan: "Atmosfer bumi adalah satu-satunya dari semua planet di mana nitrogen adalah bahan utamanya - bahkan lebih besar dari oksigen. Studi kami menunjukkan bahwa nitrogen ini bisa muncul dari dalam planet. "

Jurnal Reference:
  • Shuqing Jiang, Nicholas Holtgrewe, Sergey S. Lobanov, Fuhai Su, Mohammad F. Mahmood, R. Stewart McWilliams, Alexander F. Goncharov. Metallization and molecular dissociation of dense fluid nitrogen. Nature Communications, 2018; 9 (1) DOI: 10.1038/s41467-018-05011-z

Post a Comment for "Mengapa Nitrogen Memiliki Persentase yang Besar di Bumi?"