Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Minum Alkohol, meningkatkan Fungsi Kognitif

Studi ini meneliti hubungan antara konsumsi alkohol dan perubahan fungsi kognitif dari waktu ke waktu di antara orang dewasa paruh baya dan yang lebih tua di AS. "Kami tahu ada beberapa orang tua yang percaya bahwa minum sedikit anggur setiap hari dapat menjaga kondisi kognitif yang baik," kata pemimpin penulis Ruiyuan Zhang, seorang mahasiswa doktoral di College of Public Health UGA.

"Kami ingin tahu apakah minum sedikit alkohol benar-benar berkorelasi dengan fungsi kognitif yang baik, atau apakah itu hanya semacam bias yang selamat."

Konsumsi alkohol secara teratur dan sedang telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan beberapa penelitian menunjukkan manfaat perlindungan yang sama untuk kesehatan otak.


Namun, banyak dari studi ini tidak dirancang untuk mengisolasi efek alkohol pada kognisi atau tidak mengukur efek dari waktu ke waktu. Zhang dan timnya mengembangkan cara untuk melacak kinerja kognisi selama 10 tahun menggunakan data partisipan dari Health and Retirement Study yang representatif secara nasional.

Selama penelitian, total 19.887 peserta menyelesaikan survei setiap dua tahun tentang kesehatan dan gaya hidup mereka, termasuk pertanyaan tentang kebiasaan minum. Minum ringan sampai sedang didefinisikan sebagai kurang dari delapan minuman per minggu untuk wanita dan 15 minuman atau lebih sedikit per minggu di antara pria.

Peserta ini juga memiliki fungsi kognitif mereka diukur dalam serangkaian tes melihat status mental keseluruhan mereka, mengingat kata dan kosa kata. Hasil tes mereka digabungkan untuk membentuk skor kognitif total.

Fungsi kognitif adalah kemampuan untuk berpikir optimal. Pada penelitian ini yang dimaksud adalah tingkat kemampuan berpikir optimal. fungsi kognitif merupakan penentu kualitas hidup sesorang.

Zhang dan rekan-rekannya melihat bagaimana peserta melakukan tes kognitif ini selama penelitian dan mengkategorikan kinerja mereka sebagai lintasan tinggi atau rendah, yang berarti fungsi kognitif mereka tetap tinggi dari waktu ke waktu atau mulai menurun.

Dibandingkan dengan yang bukan peminum, mereka menemukan bahwa mereka yang minum atau dua kali sehari cenderung melakukan tes kognitif yang lebih baik dari waktu ke waktu. Bahkan ketika faktor-faktor penting lain yang diketahui mempengaruhi kognisi seperti usia, merokok atau tingkat pendidikan dikendalikan, mereka melihat pola minum ringan yang terkait dengan lintasan kognitif yang tinggi.

Jumlah minuman optimal per minggu adalah antara 10 dan 14 minuman. Tetapi itu tidak berarti mereka yang minum lebih sedikit harus mulai memanjakan lebih banyak, kata Zhang.

"Sulit mengatakan efek ini kausal," katanya. "Jadi, jika beberapa orang tidak minum minuman beralkohol, penelitian ini tidak mendorong mereka untuk minum untuk mencegah penurunan fungsi kognitif." Juga perlu dicatat, hubungan itu lebih kuat di antara peserta kulit putih dibandingkan peserta Afrika-Amerika, yang signifikan, kata Zhang, dan mendorong eksplorasi lebih lanjut ke dalam mekanisme efek alkohol pada kognisi.

Penting!
Hi saintis perlu diingat penelitian ini hanya pada aspek kognisi yang berkaitan tentang pikiran, bukan soal kesehatan total fisiologis. Semua orang sadar Bahwa efek minuman beralkohol memiliki efek melegakan pikiran bukan menyehatkan tubuh, penelitian ini tentu dilakukan di komunitas dan lingkungan peminum alkohol.

Bagi anda yang tidak minum maka pertahankan atau bahkan anda yang ingin berhenti minum itu lebih baik, fungsi kognitif baik tidak hanya harus didapatkan dari minuman beralkohol. Lagi sekali penelitian ini dilingkungan dan komunitas legal peminum untuk mengontrol porsi dan lebih teratur.

Artikel di sainspedia.org  ini hanya untuk menambahkan wawasan dan refrensi ilmu pengetahuan

Journal Reference:
  • Ruiyuan Zhang, Luqi Shen, Toni Miles, Ye Shen, Jose Cordero, Yanling Qi, Lirong Liang, Changwei Li. Association of Low to Moderate Alcohol Drinking With Cognitive Functions From Middle to Older Age Among US Adults. JAMA Network Open, 2020; 3 (6): e207922 DOI: 10.1001/jamanetworkopen.2020.7922

Post a Comment for "Manfaat Minum Alkohol, meningkatkan Fungsi Kognitif"