Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Mata dan Sentuhan TerKoneksi?

Hi saintis! Saat kita tersentuh maka secara sepontan mata kita akan menoleh melihatnya, dan itu terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi?

Fakta bahwa gerakan mata kecil dapat menghambat kemampuan kita untuk membedakan rangsangan taktil, dan bahwa penindasan terhadap gerakan mata tersebut sebelum stimulus taktil yang diantisipasi dapat meningkatkan kemampuan yang sama, dapat mencerminkan area otak yang sama, serta sumber daya saraf dan kognitif yang umum, mendasari kedua gerakan mata dan pemrosesan rangsangan sentuhan, "jelas Marisa Carrasco, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di New York University dan penulis senior makalah, yang muncul dalam edisi terbaru jurnal Nature Communications.

"Hubungan antara mata dan sentuhan mengungkapkan hubungan mengejutkan di antara persepsi, kognisi, dan tindakan," tambah Stephanie Badde, seorang peneliti pasca-doktoral NYU dan penulis pertama makalah ini.

Studi ini meminta peserta manusia untuk membedakan antara dua jenis getaran ("cepat" - frekuensi tinggi vs "lambat" - frekuensi rendah) yang dihasilkan oleh perangkat yang terhubung ke jari mereka. Para peneliti kemudian melacak bahkan gerakan mata terkecil yang tidak disengaja mereka, yang dikenal sebagai micro-saccades.

Gerakan mata kecil dan cepat ini diketahui terjadi bahkan ketika kita mencoba memusatkan pandangan kita pada satu titik. Di sini, peserta diperintahkan untuk memfokuskan visi mereka pada titik fiksasi pada layar komputer. Sebuah isyarat ketukan yang ditimbulkan oleh perangkat di jari mereka - akan mengumumkan getaran yang akan datang berikutnya. Yang tidak diketahui oleh para peserta adalah bahwa interval waktu antara isyarat itu dan getaran taktil adalah bagian sentral dari desain eksperimental.

Manipulasi interval itu memungkinkan peserta dalam beberapa blok untuk memprediksi dengan lebih akurat kapan getaran akan terjadi. Khususnya, ketika mereka memiliki informasi yang tepat, para peneliti dapat melihat tidak hanya bagaimana tingkat microsaccade peserta akan menurun tepat sebelum stimulus getaran, tetapi juga bagaimana kemampuan mereka untuk membedakan antara getaran cepat dan lambat ditingkatkan oleh penindasan micro-saccades .

Penelitian ini didukung oleh National Institutes of Health (R01-EY019693 dan NEI R21-EY026185) dan oleh Yayasan Sains Binasional Amerika Serikat-Israel (2015201).

Jurnal Refrensi: 
  • Marisa Carrasco., Stephanie Badde, Caroline F. Myers, Shlomit Yuval-Greenberg. 2020. Oculomotor freezing reflects tactile temporal expectation and aids tactile perception. Nature Communications, 2020; 11 (1) DOI: 10.1038/s41467-020-17160-1

Post a Comment for "Bagaimana Mata dan Sentuhan TerKoneksi?"