Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Pandemi, Pandemik, Epedemi dan Epedemiologi Penyakit

Akhir-akhir ini istilah pandemi, epedemi ini menjadi tidak asing kita dengar setelah munculnya wabah virus covid-19 yang tersebar keseluruh dunia. Berikut difinisi, makna dan perbedaan dari istilah-istilah tersebut.

Pandemi
Pandemi adalah Penyakit global atau petsebaran Penyakit pada level global. Ada banyak contoh dalam sejarah, yang paling terakhir adalah pandemi COVID-19, yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 12 Maret 2020.

Artikel lengkap: Pandemi dan Contoh-contohnya

Pandemik
Pandemik berasal dari dua kata yaitu Pandemi dan endemik.
Pandemi adalah persebaran penyakit pada tingkat global, endemik berkaitan dengan karakter penyakit-penyakitnya dan dapat diprediksi di antara populasi tertentu. Sehingga pandemik berarti penyakit dengan persebaran tingkat global namun dapat diprediksi karakter dan pada populasi tertentu seperti HIV.

Epidemi
Epidemi adalah Tahapan dari pandemi, yang merupakan penyebaran cepat suatu penyakit di suatu wilayah atau wilayah tertentu atau terkait geo location. Pandemi bisa juga kita katakan kumpulan dari epedemi, COVID-19 dimulai sebagai epidemi di Cina, sebelum membuat jalan di seluruh dunia dalam hitungan bulan dan menjadi pandemi.
Contoh Epedemi: Wabah virus Zika yang dimulai di Brasil pada 2014 dan menyebar ke Karibia dan Amerika Latin merupakan epidemi, seperti juga wabah Ebola di Afrika Barat pada 2014-2016.
Namun, epedemi belum tentu bisa jadi pandemi dan tidak selalu merupakan transisi yang cepat atau jelas. Contohnya, HIV dianggap sebagai epidemi di Afrika Barat selama beberapa dekade sebelum menjadi pandemi pada akhir abad ke-20.

Epidemiolgi
Epidemiologi adalah studi tentang kemunculan, penyebaran (epidemi-pandemi), pengendalian penyakit, kecacatan, dan kematian di antara kelompok orang. Bidang epidemiologi menggabungkan ilmu biologi, kedokteran klinis, sosiologi, matematika dan ekologi untuk memahami pola masalah kesehatan dan meningkatkan kesehatan manusia di seluruh dunia.

Artikel lengkapnya: Epidemiologi, fungsi dan kerjannya

Ahli epidemiologi berbeda dengan dokter meskipun seirang epidemiologi bisa berasal dari seorang dokter atau sebaliknya, dokter berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan masing-masing pasien, dan mendiagnosis serta merawat setiap pasien berdasarkan penilaian klinis, pengalaman dan pengetahuan ilmiah. Sebaliknya, seorang ahli epidemiologi berfokus pada kesehatan kolektif masyarakat dan terkadang populasi global orang.

Post a Comment for "Perbedaan Pandemi, Pandemik, Epedemi dan Epedemiologi Penyakit"