Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebah dapat Berpikir Terpadu Seperti Manusia, Mengingat Objek dengan Indra yang Berbeda

Sebuah study yang terbit di jurnal science tanggal 20 Februari 2020, oleh sekelompok peneliti dari Universitas Queen Mary London. Menemukan Kemampuan klebah untuk mengenali benda-benda di berbagai indera hadir di otak kecil serangga.

Otak kita mampu menyimpan informasi sedemikian rupa sehingga dapat diambil dikenali oleh indera yang berbeda. Integrasi multi-indera ini memungkinkan kita untuk membentuk citra mental dunia dan menopang kesadaran kita.
Pixabay

Ternyata kemampuan untuk mengenali benda-benda di berbagai indera berbeda ada di otak kecil serangga. Para peneliti di Queen Mary University of London dan Macquarie University di Sydney telah menerbitkan karya baru dalam jurnal Science yang menunjukkan bahwa lebah juga dapat menemukan objek dalam kegelapan yang hanya pernah mereka lihat sebelumnya atau dari pengalaman sebelumnya.

Dalam cahaya, lebah dilatih untuk menemukan air gula bermanfaat dalam satu jenis objek (kubus atau bola) dan larutan kina pahit dalam bentuk lainnya. Saat diuji dalam gelap, lebah lebih menyukai objek yang sebelumnya memberi hadiah, menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi mereka. Lebah juga menyelesaikan tugas sebaliknya.

Setelah lebah belajar menemukan bentuk tertentu dalam gelap, mereka diuji dalam cahaya dan sekali lagi lebih suka bentuk yang mereka pelajari yang ia kenali dengan sentuhan saja. Kemampuan ini disebut pengenalan lintas-modal dan memungkinkan kita untuk memahami gambaran lengkap dunia dengan representasi kaya.

Dr Cwyn Solvi adalah penulis utama di kertas yang berbasis di Queen Mary University of London dan sekarang di Macquarie University di Sydney. Dia berkata: "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa lebah tidak memproses indra mereka sebagai saluran terpisah - mereka datang bersama-sama sebagai semacam representasi terpadu."

Profesor Lars Chittka, kepala laboratorium di Queen Mary University of London di mana penelitian itu dilakukan, mengatakan: "Kami sudah lama tahu bahwa lebah dapat mengingat bentuk bunga. Tetapi tidak dengan mengingat objek dari indra lain. Pekerjaan baru kami menunjukkan bahwa ada sesuatu yang terjadi di dalam pikiran lebah yang sama sekali berbeda dari mesin - bahwa lebah dapat menyulap gambar mental dari bentuk. " Selene Gutierrez Al-Khudhairy, co-penulis di kertas, dan sekarang mahasiswa PhD di University of York, mengatakan: "Ini adalah prestasi luar biasa ketika Anda mempertimbangkan ukuran sangat kecil otak lebah.

Investigasi masa depan dari sirkuit saraf yang mendasari hal ini kemampuan pada lebah suatu hari nanti dapat membantu mengungkapkan bagaimana otak kita sendiri membayangkan dunia seperti yang kita lakukan. " Dr Solvi memperingatkan: "Ini tidak berarti lebah mengalami dunia dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan, tetapi itu menunjukkan bahwa ada lebih banyak hal yang terjadi di kepala mereka daripada yang pernah kita beri mereka penghargaan."

Jurnal Refrensi:
  • Cwyn Solvi, Selene Gutierrez Al-Khudhairy, Lars Chittka. 2020. Bumble bees display cross-modal object recognition between visual and tactile senses. Queen Mary University of London. Science, 2020 DOI: 10.1126/science.aay8064

Post a Comment for "Lebah dapat Berpikir Terpadu Seperti Manusia, Mengingat Objek dengan Indra yang Berbeda"