Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pandemi Penyakit dan Contoh-Contohnya?

Pandemi adalah wabah penyakit global. Ada banyak contoh dalam sejarah, yang paling terakhir adalah pandemi COVID-19, yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 12 Maret 2020.

Pandemi umumnya diklasifikasikan sebagai epidemi pertama, yang merupakan penyebaran cepat suatu penyakit di suatu wilayah atau wilayah tertentu. Wabah virus Zika yang dimulai di Brasil pada 2014 dan menyebar ke Karibia dan Amerika Latin merupakan epidemi, seperti juga wabah Ebola di Afrika Barat pada 2014-2016. AS telah mengalami epidemi opioid sejak 2017 karena meluasnya penyalahgunaan dan tingginya angka kematian yang disebabkan oleh obat ini, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

COVID-19 dimulai sebagai epidemi di Cina, sebelum membuat jalan di seluruh dunia dalam hitungan bulan dan menjadi pandemi. Tetapi epidemi tidak selalu menjadi pandemi, dan itu tidak selalu merupakan transisi yang cepat atau jelas. Sebagai contoh, HIV dianggap sebagai epidemi di Afrika Barat selama beberapa dekade sebelum menjadi pandemi pada akhir abad ke-20. Sekarang, berkat kemajuan dalam pengobatan modern, HIV dianggap endemik, yang berarti tingkat penyakitnya stabil dan dapat diprediksi di antara populasi tertentu, menurut American Medical Association.

Contoh-contoh Pandemi dan Pandemik yang pernah terjadi

1. Pandemi Covid-19
COVID-19, yang dinyatakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 12 Maret 2020.

2. Pandemik Influenza
Pandemik flu modern Kebanyakan pandemi virus disebabkan oleh virus influenza (flu). Virus flu dapat berubah dari musim ke musim dan sementara para profesional kesehatan cukup bagus dalam memprediksi bagaimana virus akan berubah, kadang-kadang muncul virus baru yang tidak berperilaku seperti yang diperkirakan. Saat itulah pandemi paling mungkin terjadi karena kebanyakan orang tidak memiliki kekebalan terhadap virus baru.

3. Pandemi Flu sepanyol
Pandemi yang paling mematikan dalam sejarah adalah flu Spanyol tahun 1918. Virus ini menginfeksi sekitar sepertiga dari populasi dunia dan bertanggung jawab untuk menyebabkan antara 20 juta dan 50 juta kematian - itu diperkirakan tingkat kematian 1% hingga 3%. Virus itu tidak berasal dari Spanyol, tetapi negara itu adalah yang pertama melaporkan wabah tersebut, sehingga orang-orang mulai menyebutnya flu Spanyol (orang Spanyol mengira itu dimulai di Prancis dan menyebutnya "flu Prancis").

4. Pandemik Flu Asia
Pandemik flu Asia 1957-1958 dipicu oleh virus influenza A (H2N2) jenis baru yang muncul di Asia Timur, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Virus ini menewaskan sekitar 1,1 juta orang di seluruh dunia, yang sesuai dengan tingkat kematian diperkirakan 0,019%, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Infectious Diseases. Pandemi flu Hong Kong 1968 disebabkan oleh jenis baru virus H3N2 yang muncul di Asia Tenggara.
Sekali lagi, pandemi mendapatkan namanya karena dari mana laporan berita awal wabah berasal, dan bukan karena dari mana virus itu berasal. 
5. Pandemi Flu Hongkong
Flu Hong Kong menewaskan sekitar 1 juta orang di seluruh dunia, atau sekitar 0,03% dari populasi dunia, menurut CDC. Pandemi flu babi H1N1 tahun 2009-2010 disebabkan oleh strain baru dari virus yang sama yang menyebabkan flu Spanyol - virus H1N1. Flu babi menginfeksi sekitar 700 juta hingga 1,4 miliar orang, yang jauh lebih absolut dibandingkan dengan flu Spanyol. Tetapi tingkat kematiannya jauh lebih rendah, diperkirakan 0,01% hingga 0,08%, menurut analisis yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet. Terkait Jalur pandemi, Peta menunjukkan bagaimana flu babi H1N1 menyebar. Flu musiman adalah beban penyakit sepanjang tahun di seluruh dunia dan meskipun vaksinnya efektif, kematian akibat penyakit terkait flu masih terjadi. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa influenza musiman biasanya menyebabkan 290.000 hingga 650.000 kematian per tahun.

6. Pandemik Black Death
Pandemik terkenal lainnya dalam sejarah Salah satu pandemi paling terkenal dalam sejarah manusia adalah Black Death, wabah global penyakit pes antara tahun 1346 dan 1353. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis, dan mengakibatkan kematian di suatu tempat antara 30% dan 60 % dari populasi Eropa selama pertengahan abad ke-14, meskipun para ahli percaya bahwa penyakit ini berasal dari Asia Tengah beberapa dekade sebelumnya. Pandemi kolera pertama terjadi pada 1817 dan berasal dari Rusia, tempat 1 juta orang meninggal. Bakteri itu ditransmisikan ke tentara Inggris, yang membawanya ke India dan akhirnya ke seluruh dunia. Terkait: Kolera, penyakit lain dapat menyebar dengan perubahan iklim Flu Rusia tahun 1889 dianggap sebagai pandemi flu besar pertama. Ini kemungkinan dimulai di Siberia dan Kazakhstan sebelum menuju barat ke Eropa dan melintasi Samudra Atlantik ke Amerika Utara dan kemudian Afrika.

7. Pandemik Fli Rusia
Pada akhir 1890, diperkirakan 360.000 orang telah meninggal akibat flu Rusia, HIV, yang merupakan virus penyebab AIDS, kemungkinan berkembang dari virus simpanse yang dipindahkan ke manusia di Afrika Barat pada 1920-an. Virus ini menyebar ke seluruh dunia dan HIV / AIDS adalah pandemi pada akhir abad ke-20. Diperkirakan 35 juta orang telah meninggal karena penyakit ini sejak penemuannya, tetapi pengobatan yang dikembangkan pada 1990-an sekarang memungkinkan orang dengan penyakit ini untuk mengalami rentang hidup normal dengan perawatan teratur. Yang lebih menggembirakan, dua orang telah disembuhkan dari HIV pada awal 2020.

Post a Comment for "Apa itu Pandemi Penyakit dan Contoh-Contohnya?"