Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Asam Laktat, Sumber Asam Laktat, Manfaat dan Bahaya Asam Laktat?

Asam laktat adalah produk limbah respirasi anaerob. Pada saat dibutuhkan energi yang kuat, seperti saat berlari, otot beralih ke respirasi anaerobik karena itu cara yang jauh lebih cepat untuk menghasilkan energi.

Asam laktat, atau laktat, adalah produk sampingan kimiawi dari respirasi anaerob - proses dimana sel menghasilkan energi tanpa oksigen di sekitarnya. Laktat yang biasa Bakteri memproduksinya dalam yogurt. Asam laktat juga ada dalam darah kita, yang disimpan oleh otot dan sel darah merah.

Sudah lama persepsi menganggap bahwa asam laktat adalah penyebab nyeri otot selama dan setelah periode latihan yang intens, tetapi penelitian terbaru menunjukkan itu tidak benar, kata Mike Gleeson, seorang ahli biokimia latihan di Loughborough University London dan penulis "Eat, Move, Sleep , Ulangi "(AGA Press, 2020). "Laktat selalu dianggap sebagai anak nakal dari olahraga," kata Gleeson.

Berlawanan dengan reputasi itu, asam laktat adalah keberadaan yang konstan dan tidak berbahaya dalam tubuh kita. Sementara itu memang meningkatkan konsentrasi ketika kita berolahraga keras, namun akan kembali ke tingkat normal segera setelah kita dapat beristirahat - dan bahkan didaur ulang kembali menjadi energi yang dapat digunakan tubuh kita nanti, kata Gleeson.

Bagaimana otot menghasilkan asam laktat?
Tubuh kita membakar energi secara aerobik - yaitu dengan adanya oksigen. Sebagian dari energi itu berasal dari gula, yang dipecah oleh sel-sel otot kita dalam serangkaian reaksi kimia yang disebut glikolisis. (Kita juga mendapatkan energi dari lemak, tetapi itu melibatkan seluruh proses kimia lainnya). Produk akhir glikolisis adalah piruvat, bahan kimia yang digunakan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak energi. Tetapi energi dapat dipanen dari piruvat hanya dengan adanya oksigen.

Arah panen energi berubah selama latihan keras. Semakin keras Anda bekerja, semakin banyak energi yang dibutuhkan otot Anda untuk mempertahankan kecepatan Anda. Untungnya, otot kita memiliki penguat turbo bawaan, yang disebut otot berkedut cepat. Tidak seperti otot berkedut lambat, yang kita gunakan hampir sepanjang hari, otot berkedut cepat sangat efektif menghasilkan banyak energi dengan cepat dan melakukannya secara anaerob, kata Gleeson. Otot berkedut cepat juga menggunakan glikolisis untuk menghasilkan energi, tetapi ia melewatkan panen dari piruvat, suatu proses yang membutuhkan oksigen. Sebaliknya, piruvat akan dikonversi menjadi produk limbah, asam laktat, dan dilepaskan ke dalam aliran darah.

Apakah asam laktat hadir karena otot tidak mendapatkan oksigen yang cukup?
Kesalahpahaman umum menganggap bahwa sel-sel otot menghasilkan asam laktat ketika mereka tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup, kata Gleeson. "Bukan itu masalahnya. Ototmu mendapat banyak oksigen," katanya. Tetapi pada saat dibutuhkan energi yang kuat, otot beralih ke respirasi anaerob hanya karena itu cara yang jauh lebih cepat untuk menghasilkan energi.

Sumber asam laktat
Sel-sel otot bukan satu-satunya sumber asam laktat. Sel darah merah juga menghasilkan asam laktat ketika mereka berkeliaran di tubuh, menurut teks online Anatomi dan Fisiologi yang diterbitkan oleh Oregon State University. Sel darah merah tidak memiliki mitokondria - bagian dari sel yang bertanggung jawab untuk respirasi aerobik - sehingga mereka hanya bernafas secara anaerob.

Banyak spesies bakteri juga bernafas secara anaerob dan menghasilkan asam laktat sebagai produk limbah. Faktanya, spesies ini membentuk antara 0,01-1,8% dari usus manusia, menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology. Semakin banyak gula yang dimakan mahluk kecil ini, semakin banyak asam laktat yang mereka hasilkan. Sedikit lebih berbahaya adalah bakteri asam laktat yang hidup di mulut kita. Karena efek pengasaman yang mereka miliki pada air liur, bakteri ini adalah berita buruk bagi enamel gigi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Mikrobiologi.

Akhirnya, asam laktat umumnya ditemukan dalam produk susu yang difermentasi, seperti buttermilk, yogurt, dan kefir. Bakteri dalam makanan ini menggunakan respirasi anaerob untuk memecah laktosa - gula susu - menjadi asam laktat. Itu tidak berarti bahwa asam laktat itu sendiri adalah produk susu, namun - 100% vegan. Kebetulan mendapatkan namanya dari susu hanya karena Carl Wilhelm, ilmuwan pertama yang mengisolasi asam laktat, melakukannya dari beberapa susu busuk, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology. Asam laktat ditemukan dalam produk susu fermentasi, seperti yogurt, tetapi asam laktat itu sendiri bukan produk susu - 100% vegan.

Apakah asam laktat berbahaya dan penyebab rasa nyeri saat olahraga?
Tubuh Anda menggunakan asam laktat Adalah umum untuk merasakan rasa terbakar di kaki Anda setelah Anda berjongkok dengan beban yang berat, atau menyelesaikan latihan keras. Tetapi bertentangan dengan kepercayaan umum, bukan asam laktat yang menyebabkan rasa sakit, kata Gleeson. Asam laktat diproses oleh hati dan jantung. Hati mengubahnya kembali menjadi gula; hati mengubahnya menjadi piruvat. Selama berolahraga, konsentrasi asam laktat dalam tubuh meningkat karena jantung dan hati tidak dapat menangani produk limbah secepat itu diproduksi. Tetapi begitu kita selesai berolahraga, konsentrasi asam laktat kembali normal, kata Gleeson.

Terkait: Rasa sakit? Jangan salahkan asam laktat. Nyeri otot setelah berolahraga kemungkinan besar lebih terkait dengan kerusakan jaringan dan peradangan, kata Gleeson. Olahraga keras secara fisik memecah otot-otot Anda, dan butuh beberapa hari bagi mereka untuk pulih.

Bagaimana asam laktat berbahaya?
Asam laktat dapat membangun hingga tingkat yang mengancam jiwa dalam tubuh, menurut ulasan yang diterbitkan dalam Mayo Clinic Proceedings. Tetapi kondisi ini, yang disebut asidosis laktat akut, terjadi karena penyakit akut atau cedera, bukan olahraga. Ketika jaringan kehilangan darah karena serangan jantung atau sepsis, misalnya, mereka cenderung masuk ke respirasi anaerob, menghasilkan asam laktat. "Mereka kekurangan oksigen," kata Gleeson. Tapi Gleeson mengatakan dia tidak pernah mendengar kasus asidosis laktat yang mengancam jiwa karena olahraga. "Itu akan sangat tidak biasa."

Source: livescience

Post a Comment for "Apa itu Asam Laktat, Sumber Asam Laktat, Manfaat dan Bahaya Asam Laktat?"