Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kimia Hijau Solusi Masa Depan Berkelanjutan

Para peneliti menunjukkan bagaimana kimia hijau sangat penting untuk masa depan yang berkelanjutan. Dalam edisi terbaru jurnal ilmiah Science, kasus ini dibuat untuk masa depan di mana bahan kimia yang menjadi dasar masyarakat kita dan ekonomi kita lebih sehat, terbarukan, dan lebih mudah dikontrol.

"Merancang untuk Masa Depan Kimia Hijau," Sebuah judul makalah yang menggambarkan pandangan yang jelas ke masa depan . Makalah ini ditulis oleh tim penelitian yang dipimpin Yale yang terdiri dari Julie Zimmerman, profesor teknik hijau dan dekan senior urusan akademik di F&ES; Paul Anastas, Profesor Teresa dan H. John Heinz III dalam Praktek Kimia untuk Lingkungan di F&ES; dan Hanno Erythropel, seorang ilmuwan peneliti di Pusat Kimia Hijau & Teknik Hijau di Yale.

Tim ini juga termasuk Walter Leitner, seorang tokoh terkemuka dalam kimia hijau yang merupakan profesor di Institut Max-Planck untuk Konversi Energi Kimia di Jerman.

"Gagasan dasarnya adalah bahwa kimia hijau harus menjadi dasar bagaimana kita melakukan segala jenis kimia di masa depan," kata Erythropel. Terlalu sering, jelasnya, evaluasi bahan kimia dan proses yang digunakan untuk membuatnya difokuskan hanya pada seberapa baik mereka berfungsi, tetapi tidak memasukkan pertimbangan tentang dampak potensial mereka selama seluruh siklus hidup. Ketika sampai pada produksi bahan kimia, pemikiran sistem harus digunakan untuk membuat bahan kimia yang berkelanjutan, tidak beracun, dan dapat didaur ulang - dari tahap desain, melalui produksi dan penggunaan, hingga pembuangan.

Dalam makalah tersebut, mereka berpendapat bahwa kesalahan industri kimia selama berabad-abad tidak perlu diulangi di masa depan - dan penelitian mutakhir dan inovasi dalam kimia hijau membuktikan hal itu. Mereka menyoroti bagaimana prestasi kimia hijau telah memulai proses menciptakan kembali segala sesuatu dari plastik ke farmasi, pertanian hingga elektronik, pembangkit energi dan penyimpanan, dan seterusnya. Prestasi sejauh ini menarik tetapi, menurut Anastas, baru awal.

"Pencapaian luar biasa dari kimia hijau dan rekayasa hijau sejauh ini dapat menjadi acuan kekuatan dan potensi lapangan di masa depan," katanya.

Dan ada banyak contoh kimia hijau yang meningkatkan keuntungan ekonomi disamping menjadi lebih baik untuk kesehatan manusia, lingkungan dan keberlanjutan, itu masih merupakan pengecualian daripada aturan. Alih-alih, Zimmerman berkata, "Keberlangsungan menuntut bahwa kimia hijau dan rekayasa hijau harus dilakukan secara sistematis, sehingga itu adalah cara sederhana semua kimia dilakukan di masa depan."


Referensi Jurnal:
Julie B. Zimmerman, Paul T. Anastas, Hanno C. Erythropel, Walter Leitner. Merancang untuk masa depan kimia hijau. Yale School of Forestry & Environmental Studies. Sains, 2020; 367 (6476): 397 DOI: 10.1126 / science.aay3060

Post a Comment for "Kimia Hijau Solusi Masa Depan Berkelanjutan"