Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Pemanasan Global Antropogenik? Sejauh Apa Efek Pemanasan Global Sampai saat ini?

Pemanasan global antropogenik adalah teori yang menjelaskan kenaikan jangka panjang rata-rata suhu atmosfer bumi saat ini sebagai efek dari industri manusia dan pertanian. Selama lebih dari seabad, para ilmuwan khawatir bahwa ketika konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer meningkat, demikian juga kapasitas planet untuk menahan panas.

Sejak paruh terakhir abad ke-20, pertumbuhan data dan peningkatan model iklim telah meyakinkan sebagian besar ilmuwan iklim bahwa tren peningkatan emisi gas rumah kaca secara langsung bertanggung jawab atas tren peningkatan suhu atmosfer. Sumber emisi ini bervariasi, termasuk campuran gas yang mencakup metana dan karbon dioksida. Sementara beberapa sumber - seperti gunung berapi - adalah alami, emisi keseluruhannya dibandingkan dengan yang dihasilkan oleh industri manusia, transportasi, dan ternak telah dianggap sebagai tidak signifikan selama beberapa abad terakhir.

Bagaimana gas rumah kaca berkontribusi terhadap pemanasan global? Gas rumah kaca terbuat dari molekul yang menyerap radiasi elektromagnetik, seperti cahaya yang memantul dari permukaan planet, dan memancarkannya kembali sebagai panas. Gas-gas ini termasuk metana, karbon dioksida, air, dan dinitrogen oksida. Meskipun hanya membuat sebagian kecil dari campuran gas atmosfer, mereka sangat penting. Jika kita sama sekali tidak memiliki gas rumah kaca di atmosfer, suhu global rata-rata di Bumi akan jauh lebih rendah -18 derajat Celcius (0 derajat Fahrenheit) daripada sekitar 15 derajat Celcius (59 derajat Fahrenheit) yang paling kita nikmati.

Tingkat karbon dioksida terus meningkat selama dua abad terakhir, sebagian besar berkat pembakaran bahan bakar fosil untuk listrik umum, transportasi, dan peleburan. Level saat ini sekitar 415 bagian per juta (ppm), naik dari tingkat pra-industri sekitar 280 ppm. Sejauh ini peningkatan suhu rata-rata global selama setengah abad terakhir hanya satu derajat. Model bervariasi dalam prediksi kenaikan suhu lebih lanjut, dan sangat bergantung pada tren masa depan dalam emisi gas rumah kaca. Perkiraan konservatif oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim memprediksi kemungkinan kenaikan 4 derajat Celcius bahkan pada akhir abad ini jika tren emisi saat ini berlanjut.

Post a Comment for "Apa itu Pemanasan Global Antropogenik? Sejauh Apa Efek Pemanasan Global Sampai saat ini?"