Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu gamma-hydroxybutyric acid (GHB), Pengaruh dan Efek Bagi Tubuh?

Gamma-hydroxybutyric acid (GHB) adalah senyawa 4-karbon yang terbentuk secara alami dengan struktur yang mirip dengan neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA).

Gamma -Hydroxybutyric acid atau γ-Hydroxybutyric acid ( GHB ), juga dikenal sebagai asam 4-hydroxybutanoic , adalah Obat yang mempengaruhi system saraf (neurotransmitter) yanh merupakan obat psikoaktif.

Sejarah dan Sintesis:
GHB digambarkan sebagai neurotransmitter dan pengatur metabolisme energi. GHB diproduksi dengan mudah dari pendahulunya, gamma-butyrolactone (GBL). GBL adalah pelarut yang ditemukan dalam produk pembersih lantai, cat kuku, dan penghilang superglue. Saponifikasi lakton dengan natrium hidroksida dalam bentuk alkali menghasilkan konversi yang hampir kuantitatif. Metode ini memiliki kelemahan, namun; ada beberapa laporan kasus konsumsi alkali kaustik dari GHB yang mengandung alkali yang tidak larut. GBL juga mengalami konversi menjadi GHB in vivo dan, karenanya, dikaitkan dengan gejala yang sama. GBL lebih tersedia secara hayati dan lebih kuat dari GHB berdasarkan kesetimbangan.

GHB pertama kali disintesis pada tahun 1960 sebagai anestesi alternatif untuk pembedahan karena kemampuannya untuk menginduksi koma sementara, meskipun terbukti tidak efektif. Pada 1980-an, GHB dijual sebagai penambah otot untuk binaragawan dan sebagai obat penenang yang dijual bebas.

Diresepkan sebagai Xyrem, juga dikenal sebagai "obat pemerkosaan tanggal." Berbentuk cairan atau bubuk putih yang dapat larut dalam air, jus, atau alkohol. Dalam bentuk cair, GHB jernih dan tidak berwarna dan sedikit berasa asin.

Pengaruh atau Efek GHB pada Tubuh: 
GHB dikelompokkan dengan obat lain dalam kategori "obat pemerkosaan tanggal" seperti Rohypnol (alias "roofies"), karena sifatnya yang tidak berbau, tidak berwarna, bebas rasa, dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam minuman korban yang tidak curiga. Plus, obat dapat menyebabkan jenis amnesia tertentu di mana korban tidak mengingat peristiwa yang terjadi saat berada di bawah pengaruh. Efek obat bervariasi dan dapat mencakup rasa atau euforia serta pusing, muntah, kejang, amnesia, kehilangan kesadaran dan dalam kasus ekstrim kematian.(livescience). Bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh? Halusinasi Euforia, kantuk, penurunan kecemasan, perilaku bersemangat dan agresif Gejala overdosis: tidak sadar, kejang, detak jantung melambat, pernapasan sangat melambat, suhu tubuh lebih rendah, muntah, mual, koma, kematian Ketagihan. Gejala penarikan: insomnia, kecemasan, tremor, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, pikiran psikotik (DEA).

GHB merupakan prekursor untuk GABA , glutamat , dan glisin di area tertentupada otak. Kerjanya pada reseptor GHB dan merupakan agonis lemah pada reseptor GABA B.

Metabolisme GHB taitu 95% pada hati , juga dalam darah dan jaringan. Timbulnya tindakan Dalam 5–15 mnt, dan paruh kerja 30-60 menit.

GHB di Indonesia:
Di Indonesia Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), GHB tidak terdaftar sebagai obat di Indonesia. "GHB ini masuk dalam golongan new psychoactive substance , masuk sebagai narkotika jenis baru " kata Rita Endang, deputi Bidang Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM.

Kasus-Kasus:
Menurut angka resmi dari Kantor Statistik Inggris, GH menyebabkan 120 kematian di Inggris dan Wales antara tahun 2014 dan 2018.

Manik-manik beracun cina yang pernah menyebabkan beberapa anak-anak australia dilarikan kerumah sakit, Manik-manik mirip marmer dilaporkan mengandung 1,4 butanediol, bukan senyawa 1,5-pentanediol tidak beracun. Ketika dicerna, 1,4 butanediol memetabolisme dalam tubuh untuk membentuk gamma hydroxybutyrate (GHB), suatu senyawa yang disebut sebagai "obat pemerkosaan".

"Tampaknya bahan kimia beracun telah digunakan dalam manik-manik tersebut sebagai pengganti salah satu yang aman. Ketika tertelan bahan kimia ini diubah menjadi GHB dalam tubuh," menurut pernyataan Departemen Kesehatan New South Wales. Seperti alkohol dan Ambien, misalnya, GHB adalah depresan sistem saraf pusat, yang berarti memperlambat aktivitas otak.

GHB menjadi perhatian publik baru-baru ini atas Kasus terbaru yang dicatat sebagai kejahatan terbesar sejarah inggris yang dilakukan reyhan sinaga Mahasiswa doktoral asal indonesia yang memperkosa pria sekitar 190 orang dan dijerat hukum penjara seumur hidup.

Refrensi
Medicine. mandscap
Drug Enforcement Administration (DEA).
Livescience
BBC
Wikipedia

Post a Comment for "Apa itu gamma-hydroxybutyric acid (GHB), Pengaruh dan Efek Bagi Tubuh?"