Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Antimateri? Bagaimana Antimateri dibuat?

Antimateri adalah nama umum yang diberikan pada kategori partikel yang memiliki sifat yang sama dengan bentuk materi lainnya, hanya dengan muatan terbalik. Sebagai contoh, partikel antimateri yang disebut positron berbagi semua sifat elektron, tetapi dengan muatan positif alih-alih negatif.
Seperti Elektron yang bermuatan positif
Penemuan antimateri Gagasan anti-partikel pertama kali dikembangkan oleh fisikawan Paul Dirac pada akhir 1920-an. Menggabungkan bidang mekanika kuantum yang muncul dengan karya Albert Einstein tentang relativitas, ia mengungkapkan bagaimana partikel berperilaku pada kecepatan yang berbeda. Menafsirkan konsekuensi dari persamaannya, Dirac menyarankan partikel dengan massa dan putaran yang sama dengan elektron secara teoritis ada, hanya dengan muatan yang berlawanan.

Dekade berikutnya, jejak partikel yang ditinggalkan oleh sinar kosmik di dalam ruang awan dianggap sebagai tanda pertama bahwa anti-elektron Dirac ada dalam kenyataan. Ledakan antimateri Ketika partikel antimateri bertemu dengan padanan materi mereka, masing-masing partikel meluruh menjadi radiasi gamma. Transformasi energi ini telah menjadikan antimateri bahan bakar yang sempurna untuk segala sesuatu mulai dari mesin hingga senjata dalam fiksi ilmiah. Meskipun merupakan produk alami dari peluruhan dalam bahan radiasi seperti kalium, dan dapat dihasilkan menggunakan partikel collider, mengumpulkan cukup di satu tempat untuk dijadikan sumber daya merupakan hal yang menantang. Untuk CERN mengumpulkan satu gram bahan pada tingkat generasi saat ini, itu akan memakan waktu sekitar 100 miliar tahun.

Mengapa antimateri sangat langka? 
Sejauh ini tidak ada dalam fisika yang menjadikan materi spesial. Kedua jenis partikel harus ada dalam jumlah yang sama, tetapi mengapa kita tidak melihat ini tetap menjadi salah satu misteri terbesar dalam fisika. Karena kedua bentuk partikel saling memusnahkan dan hanya menyisakan radiasi energi tinggi, itu juga menjadi misteri mengapa kita memiliki partikel dengan variasi tertentu sama sekali.

Post a Comment for "Apa itu Antimateri? Bagaimana Antimateri dibuat?"