Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Protein CD20 dan Cara Kerjanya dalam Membantu Sel Imun

Protein CD20 adalah antigen diferensiasi sel B pertama yang diidentifikasi, dan mAb spesifik CD20 umumnya digunakan untuk pengobatan keganasan sel B dan penyakit autoimun yang dimediasi autoantibodi.

Antibodi yang diarahkan terhadap protein CD20, yang diekspresikan oleh sel-sel imun yang dikenal sebagai sel B digunakan untuk mengobati kanker yang berkembang dalam sistem limfatik tubuh manusia limfoma non-Hodgkin sel B dan rheumatoid arthritis. Meskipun demikian, fungsi CD20 awalnya belum ditentukan dengan pasti .
Limfoma non-Hodgkin adalah kanker yang menyerang sistem limfatik atau sistem sirkulasi sekunder yang bekerja mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh
Rheumatoid arthritis adalah peradangan sendi yang terjadi karena sel imun menyerang jaringannya sendiri.
Sampai sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh René van Lier, di Academic Medical Centre, Belanda, telah menentukan bahwa CD20 memiliki peran yang tidak berkurang dalam menghasilkan respon imun sel B yang optimal dengan menganalisis seorang pasien yang kekurangan protein. Penelitian ini muncul dalam Journal of Clinical Investigation.

Pasien dirujuk ke Pusat Medis Akademik pada usia empat tahun, dengan riwayat infeksi pernapasan intermiten dan bronkopneumonia berulang. Analisis terperinci sel imun dari pasien mengungkapkan bahwa sel B tidak memiliki ekspresi CD20 karena mutasi pada gen CD20. Sel-sel B yang kekurangan CD20 ini gagal merespons secara normal terhadap rangsangan tertentu in vitro, khususnya yang dikenal sebagai antigen bebas-T. Selanjutnya, vaksinasi pasien dengan antigen T-independen menyebabkan respons sel B yang nyata terganggu.

Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwa CD20 memiliki peran penting dalam memungkinkan sel B untuk merespons secara optimal antigen T-independen dan bahwa ketiadaan protein ini menyebabkan defisiensi imun yang ditandai dengan berkurangnya kapasitas untuk membuat tanggapan sel B terhadap antigen T-independen.

Refrensi:
Taco W. Kuijpers., Et all. 2009. CD20 deficiency in humans causes disruption in the independent T cell antibody response. 10.1172/JCI40231

Post a Comment for "Fungsi Protein CD20 dan Cara Kerjanya dalam Membantu Sel Imun"